Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    Tips & TrikIni 5 Ciri - Ciri, Oli Gardan Mobil Harus Segera Diganti

    Ini 5 Ciri – Ciri, Oli Gardan Mobil Harus Segera Diganti

    Oli gardan pada mobil sangat penting untuk menjaga kinerja dan keandalan sistem gardan.

    News.OLX – Oli gardan ini berperan dalam pelumasan dan pendinginan komponen-komponen dalam gardan, serta dalam transfer daya dari mesin ke roda. 

    Cara kerja oli gardan adalah dengan menjaga stabilitas mobil saat berjalan, menyalurkan putaran roda dari porosnya serta mengatur kecepatan roda ketika berbelok. 

    Jika mobil kamu sudah mencapai jarak 40.000 km, maka kamu harus melakukan penggantian oli gardan. Atau jika mobil kamu merasakan 5 ciri-ciri dibawah ini, lebih baik untuk diganti secepatnya meskipun jarak tempuh kamu masih jauh.

    Baca juga: Rored V Series, Oli Pertamina yang Bikin Bus dan Truk Semakin ‘Tahan Banting’

    Di bawah ini adalah penjelasan lengkap dari 5 ciri-ciri oli gardan bermasalah dan mengapa harus segera diganti.

    1. Perubahan warna dan konsistensi pada oli

    Jika oli gardan berubah warna menjadi abu-abu metalik gelap atau jika kamu melihat terdapat partikel-partikel padat di dalamnya, ini adalah tanda bahwa oli tersebut sudah terkontaminasi atau tercemar dan perlu diganti.

    Konsistensi pada oli juga terlihat menjadi lebih encer dari seharusnya. Hal itu bisa disebabkan karena oli bercampur dengan air atau sudah melewati batas pemakaian alias tidak pernah diganti

    2. Bau yang aneh

    Jika mobil kamu mengeluarkan bau yang tidak biasa atau bau yang tidak sedap dari arah gearbox adalah munculnya permasalahan dari oli gardan yang bisa menjadi tanda bahwa oli tersebut sudah tidak baik lagi.

    Jika oli gardan sudah terlalu panas atau sudah kadaluarsa, biasanya bau aneh ini terasa seperti aroma yang terbakar. 

    3. Bunyi berisik

    Jika kamu mendengar suara-suara berisik atau berderak saat mobil berbelok atau bergerak, ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah dengan oli gardan atau komponen gardan yang perlu diperiksa.

    Baca juga: “Sound Redefined”, Modifikasi Audio Sistem Khusus Mobil Listrik dari Cartens Audio Jakarta

    Munculnya suara–suara berisik tersebut disebabkan karena komponen-komponen pada sistem gardan saling bergesekan yang dipengaruhi oleh oli yang tidak memadai.

    gardan mobil (2)

    4. Perubahan kinerja pada roda

    Jika kamu merasa ada perubahan dalam kinerja mobil kamu, seperti ketidakmampuan mobil untuk menarik beban seperti biasa atau mobil tidak bisa dikendalikan, ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada gardan dan oli gardan.

    5. Getaran berlebihan

    Ketika oli gardan kamu tidak diganti dalam waktu yang terlalu lama, kamu akan merasakan getaran yang cukup kencang pada mobil. Getaran ini akan sangat terasa, baik ketika mobil dibawa untuk melewati jalan yang lurus maupun saat posisi diam. 

    Getaran berlebihan ini biasanya akan semakin kencang ketika berbelok atau saat kecepatan mobil meningkat. Ini bisa menjadi tanda bahwa oli gardan sudah waktunya diganti.

    Baca juga: Awas Kegocek, Ini Cara Mudah Membedakan Velg Mobil Asli dan Replika 

    Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa dan merawat oli gardan secara teratur untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem gardan dan menjaga performa mobil kamu. 

    Jika kamu merasa ada salah satu dari 5 ciri masalah dengan oli gardan tadi, segera konsultasikan dengan mekanik atau bengkel terdekat untuk perbaikan dan penggantian yang diperlukan.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait