Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMitos atau Fakta, Oli Palsu Bisa Bikin Mesin Mobil Jebol?

    Mitos atau Fakta, Oli Palsu Bisa Bikin Mesin Mobil Jebol?

    Waspada sama oli palsu, jangan sampai kelolosan!

    News.OLX – Di pasaran banyak oli mobil palsu yang beredar. Maraknya peredaran oli palsu tidak hanya di bengkel-bengkel kecil eceran, melainkan juga sudah merambah ke marketplace online.

    Maka dari itu, kamu sebagai pemilik kendaraan harus lebih waspada dalam melakukan perawatan mesin dengan mengganti oli mobil. Sebaiknya beli lah oli mobil di tempat atau di bengkel terpercaya, yang sudah teruji reputasinya.

    Sebab mobil jika sudah terkena oli palsu sangat besar resikonya. Berikut tanda-tanda kerusakan yang muncul ketika mesin kendaraan kamu menggunakan oli palsu:

    1. Tarikan mesin berat

    Oli palsu bisa membuat tarikan mesin terasa berat. Hal ini terjadi karena oli palsu menghasilkan endapan kotoran yang dapat mengganggu kinerja komponen mesin, seperti piston, klep, dan bagian lainnya, sehingga mesin tidak dapat beroperasi secara optimal.

    2. Mesin mudah overheat

    Oli palsu biasanya memiliki kemampuan pelumasan yang tidak memadai. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan mesin mudah mengalami overheating atau panas.

    3. Mesin jebol

    Mesin mobil jebol karena menggunakan oli palsu ternyata bukan mitos belaka. Menurut laman resmi bengkel Auto2000, mesin yang menggunakan oli palsu akan membuat kemampuan pelumasannya menjadi buruk.

    Akibat kondisi tersebut, kinerja komponen-komponen mesin yang saling bergesekan menjadi tidak optimal. Mesin pun akan menjadi overheat, karena sirkulasi yang terhambat.

    oli (5)

    Kenali ciri oli palsu

    Penggunaan oli palsu dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan mesin kendaraan.. Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri-ciri oli palsu guna menghindari dampak-dampak yang telah dijelaskan di atas.

    Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memeriksa kemasan dan label pada produk oli. Biasanya, botol oli palsu memiliki penampilan yang kusam dan mungkin mengalami penyokan. Selain itu, kamu juga dapat memeriksa tutup botol yang mungkin telah retak atau menunjukkan tanda-tanda manipulasi. Pada intinya, menghindari oli palsu adalah langkah penting untuk memastikan kesehatan dan kinerja mesin kendaraan.

    Selain informasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait