Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    BeritaOpenAI Rilis GPT4o, Bisa Ngapain Aja?

    OpenAI Rilis GPT4o, Bisa Ngapain Aja?

    Menjelajahi kemampuan luar biasa dari kecerdasan buatan inovasi baru milik OpenAI. Inilah GPT4o, AI serbabisa.

    News.OLX – OpenAI, perusahaan artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI) mengumumkan kehadiran model baru, GPT4o yang bisa menganalisis audio atau suara, gambar, video, dan teks secara real time.

    GPT4o

    GPT4o adalah model kecerdasan buatan andalan baru milik OpenAI. Filosofi dari huruf ‘o’ di namanya merujuk pada kata ‘omni’ yang berseri serba bisa. Jadi, ChatGPT-4o adalah model baru yang selangkah lebih maju dalam memberikan layanan interaksi antara komputer dan manusia yang jauh lebih alami.

    Model artificial intelligence ini mampu merespons input audio hanya dalam 232 milisekon. Angka ini menyamai kinerja GPT-4 Turbo yang merespons teks berbahasa Inggris dengan peningkatan signifikan untuk merespons non-Inggris. Kinerjanya juga jauh lebih cepat juga 50% lebih murah dari API.

    Jika membandingkan dengan model kecerdasan buatan lain, GPT4o memiliki pemahaman lebih baik dari model yang sudah beredar sebelum-sebelumnya.

    Kemampuan GPT4o

    Versi ini sama seperti produk keluaran OpenAI lain yang bisa pengguna akses gratis melalui chatbot ChatGPT. Bedanya dengan versi lain, model teranyarnya ini terasa lebih ‘hidup’. Hal ini karena respons yang sistem berikan lebih natural, ekspresif, dan humanis. Sama halnya seperti manusia yang mempunyai intonasi juga emosi.

    Merujuk video yang perusahaan rilis di channel YouTube resminya, ada sejumlah kemampuan dari versi ini.

    • Memberikan Solusi dan Feedback

    Chief Technology Officer, Mira Murati bersama rekannya menjelaskan bahwa model ini mampu memberikan solusi dan feedback saat sistem melakukan kekeliruan. Hal ini juga diproses secara real time via interaksi suara, sehingga tampak seperti percakapan dua arah pada manusia.

    • Gesit Merespons

    Di sisi lain, respons yang GPT4o tergolong cepat dan gesit. Bahkan, kecepatan responsnya lebih cepat daripada asisten digital seperti Siri atau Google Assistant.

    • Respons Suara

    Bukan hanya dalam bentuk teks, GPT4o juga bisa merespons dalam bentuk suara. Suara yang dihasilkan pun terdengar ekspresif. Contoh saat mengeluarkan suara tertawa atau nada jengkel, sistem mampu mengeluarkan suara dengan intonasi yang pas. 

    Pada prompt lain pun ia mampu merespons dalam intonasi berbeda. Bisa mengeluarkan suara lembut, keras, nada robot, atau intonasi lain sesuai perintah.

    • Bisa Diinterupsi 

    Menariknya, kecerdasan buatan ini bisa menghentikan responsnya saat ia mendapat interupsi dari pengguna. Tentunya, ini lebih unggul dari model sebelumnya, di mana sistem akan berhenti merespons saat pengguna menginterupsi output.

    • Bisa Menerjemahkan

    Kemampuan lain dari GPT4o adalah mampu menerjemahkan bahasa secara langsung. Jadi, dalam video demonstrasi, model ini disebut mampu melakukan translasi bahasa dari A ke B via suara. Tentunya, kemampuan ini masih terbatas karena model ini hanya bisa menerjemahkan ke bahasa yang sudah didukung ChatGPT.

    • Suara Lebih Natural

    Menyambung respons suara, suara yang dihasilkan juga terkesan lebih natural apabila membandingkannya dengan LLM lain.

    • Pintar Mendeskripsikan Gambar

    Terakhir, model ini mampu mendeskripsikan gambar dengan baik. Bahkan, ia mampu memberikan rangkuman apa saja yang terlihat dalam gambar.

    GPT4o Gratis dan Berbayar

    Sama seperti model lain, model ChatGPT ini terdiri atas dua jenis, yaitu cuma-cuma dan berbayar (Plus dan Team).

    Pada model berbayar, pengguna akan memperoleh sejumlah keuntungan lebih. Misalnya seperti rate limit atau batas pemakaian chatbot ChatGPT berdasarkan input (baik audio maupun tulisan) yang lebih besar 5 kali dari versi gratisan.

    Ketika pengguna terlalu banyak memerintah ChatGPT dalam merespons prompt, maka batas pemakaian lebih cepat penuh. Apabila rate limit sudah mencapai batasnya, sistem akan otomatis “memaksa” pengguna untuk memakai versi lawas.

    Setelah membaca seluruh kemampuan GPT4o di atas, tertarik untuk menjajalnya? Video lengkap terkait model kecerdasan buatan ini bisa kamu cek di sini.

    Jika ingin berita-berita menarik lain, cek OLX aja! Ada juga aplikasi OLX yang bisa kamu download melalui Google Play Store atau App Store, loh!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait