Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTips Belajar Parkir Paralel Untuk Pemula, Mudah dan Auto Lancar!

    Tips Belajar Parkir Paralel Untuk Pemula, Mudah dan Auto Lancar!

    Parkir paralel adalah metode parkir di mana kendaraan diparkir sejajar dengan searah jalan, dan biasanya terletak antara dua kendaraan lain yang sudah terparkir di sepanjang jalan tersebut.

    News.OLX – Untuk pemula, parkir paralel mungkin terasa sulit tetapi dengan latihan dan praktek, seiring waktu kamu akan bisa melakukannya karena terbiasa. Berikut adalah  langkah-langkah untuk melakukan parkir paralel bagi pemula:

    Perhatikan arah belok ketika parkir pararel

    Salah satu kesalahan terbesar saat melakukan parkir berjajar depan belakang adalah tidak mengetahui arah belok stir. 

    Hal ini mengakibatkan pengemudi salah dalam membelokan arah mobil, sehingga mobil tidak dapat terparkir dengan baik atau bahkan hanya bergerak ke arah yang sama.

    Baca juga: Begini Ciri-Ciri Fan Belt Mobil yang Akan Putus, Segera Ganti!

    Selain itu sebelum membelokkan stir, penting bagi pengemudi untuk juga mengetahui radius putar yang dibutuhkan kendaraan. Selain itu jangan lupa untuk selalu menjaga jarak dengan kendaraan lain yang terparkir.

    Untuik memudahkan sebaiknya belokkan stir terlebih dahulu agar dapat mempersingkat radius putar mobil.

    Contohnya, ketika kamu ingin parkir paralel di sebelah kiri jalan, masukkan persneling R kemudian mundur secara perlahan. 

    Ketika ban depan mobil sejajar dengan bumper belakang mobil yang terparkir di depan, arahkan stir ke arah yang berlawanan. Terakhir, sesuaikan posisi dengan ruang parkir yang tersedia.

    Mengenali area parkir

    Saat melakukan parkir, perhatikan jika ruang kosong tersebut benar-benar muat dengan mobil yang kendarai.

    Baca juga: Ciri-Ciri CVT Motor Matic Bermasalah dan Perlu Diservis

    Cara memperhatikannya adalah dengan memposisikan mobil kamu berhenti dengan posisi pilar B berada sejajar dengan bumper belakang mobil depan. 

    Pilar B sendiri adalah satu titik yang posisinya berada di belakang pintu depan atau sejajar dengan penyangga safety belt bagian depan dari suatu mobil. Hal ini diperlukan karena pilar B itu biasanya adalah titik tengah rata-rata dari sebuah kendaraan. 

    Jika pilar B mobil kamu sudah berada sejajar dengan bumper belakang mobil depan, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membelokkan stir terlebih dahulu.

    Jika kamu sudah membelokkan setirnya patah ke kiri (misalnya parkir paralel ada di sebelah kiri jalan), kita siap memasukkan ke tuas persneling R. 

    Jalankan mobil untuk mundur perlahan-lahan, kemudian ketika ban depan mobil kita sudah berada sejajar dengan bumper belakang mobil di depan, kita mulai olah stir ke arah yang berlawanan dan sesuaikan dengan ruang parkir yang ada.

    belajar parkir paralel (1)

    Mengendalikan rem saat parkir pararel

    Selanjutnya penting untuk mengendalikan rem dan gas dengan hati-hati, terutama karena area parkir biasanya cukup sempit. Menginjak gas terlalu kencang dapat berbahaya bagi kendaraan di depan dan di belakang mobil.

    Baca juga: Jangan Pakai Tool Kit Mobil Bekas Kalau Kondisinya Sudah Begini!

    Cara parkir paralel membutuhkan kehati-hatian agar tidak menabrak atau menyenggol mobil lainnya. Kamu perlu membiasakan diri untuk mengendalikan rem dan pedal gas secara seimbang. 

    Manfaatkan juga spion mobil di sisi kiri dan kanan untuk mengetahui secara pasti mengenai area parkir dengan tepat.

    Tips parkir pararel untuk pemula

    Sebaiknya dilakukan di tempat sepi atau lapangan latihan sebelum mencobanya di jalan raya yang ramai. Selanjutnya supaya lebih mudah gunakan marka jalan atau tanda konkrit sebagai panduan untuk memahami ruang yang dibutuhkan saat parkir paralel.

    Baca juga: Modif Mobil Biasa Menjadi Mobil Balap, Emang Bisa?

    Jika memungkinkan, gunakan tempat parkir samping yang lebih mudah daripada parkir di antara dua kendaraan. Langkah berikutnya adalah lakukan jangan tanpa ragu, jika perlu beberapa kali percobaan untuk mendapatkan posisi parkir yang sempurna. 

    Download aplikasi OLX Member of ASTRA di Play Store atau App Store. (Rk/Z)

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait