Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPengertian, Fungsi Hand Tools dan Jenisnya

    Pengertian, Fungsi Hand Tools dan Jenisnya

    Hand tools biasanya merupakan perkakas kecil yang bisa digunakan untuk menunjang berbagai rangkaian otomotif yang cara kerjanya menggunakan tangan dan tidak berbahaya jika dibandingkan dengan power tool yang menggunakan energi listrik.

    Tetapi saat menggunakannya, kamu harus tetap hati-hati agar tidak mengalami cidera mengingat hand tools terbuat dari besi dan sebaiknya lebih dipahami sebelum menggunakannya.

    Perlu diketahui, cedera yang terjadi bahkan bisa berakibat fatal karena menyebabkan kerusakan alat hingga menurunkan produktivitas kerja.

    Jenis hand tools

    Jenis peralatan ini sebaiknya kamu gunakan ketika dibutuhkan saja dan kamu perlu menggunakan hand tools sesuai dengan prosedur agar tidak terjadi kecelakaan kerja.

    Peralatan dalam bentuk hand tools jika disebutkan berdasarkan jenisnya memang sedikit. Namun demikian, jenis peralatan tersebut dapat dibagi lagi menjadi bagian kecil yang dapat disesuaikan dengan fungsinya.

    Beberapa jenis hand tools yang sering digunakan untuk merawat kendaraan biasanya adalah kunci atau wrench, tang, obeng, handle shock dan palu atau hammer.

    Kunci atau wrench memiliki bentuk yang berbeda seperti kunci pas, kunci ring, kunci T, kunci inggris dan lain sebagainya.

    Sementara hand tools berupa tang juga memiliki bagian kecil seperti tang potong, tang lancip dan tang kombinasi.

    Tang potong biasanya digunakan untuk memotong kawat atau logam tipis. Tang lancip difungsikan sebagai penjepit, sementara tang kombinasi dapat melakukan kedua fungsi dari jenis alat ini.

    Kemudian Obeng memiliki fungsi untuk mengencangkan dan melonggarkan sekrup. Ada beberapa macam obeng diantaranya obeng pipih, obeng gagang stabil, obeng fleksibel, obeng kembang, obeng magnet, obeng aksesori dan obeng tespen dan semua jenis obeng tersebut memiliki bentuk yang berbeda untuk jenis sekrup tertentu.

    Selain itu, kamu juga bisa menggunakan hand tools dalam jenis handle shock untuk mengoperasikan kunci shock.

    Sedangkan palu atau hammer berfungsi untuk memukul benda dalam merawat mesin otomotif. Tentunya, jenis peralatan ini juga terbagi lagi menjadi komponen kecil sebagaimana jenis hand tool lainnya.

    Penting untuk diketahui, mengingat hand tools memiliki jenis peralatan yang beragam sebaiknya kamu menyimpannya dengan rapi agar mudah ditemukan. Kamu dapat menggantung maupun meletakkannya dalam roll cabinet.

    Jadi, sesuaikan penggunaan hand tools dengan kebutuhan kendaraan kamu ya.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait