Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPenyebab Air Radiator Berkurang dan Solusinya

    Penyebab Air Radiator Berkurang dan Solusinya

    Beberapa komponen ini bisa menjadi penyebab air radiator berkurang.

    News.OLX – Air radiator sangat berperan penting pada sistem pendingin mobil dalam menjaga mesin agar tidak overheat atau terlalu panas. Radiator adalah komponen yang berfungsi untuk menyerap panas dari mesin dan mendinginkannya dengan air radiator.

    Selain itu, tugas dari air radiator di sistem pendingin mobil ini adalah menjaga temperatur mesin mobil tetap dalam kondisi yang stabil.

    Untuk mengetahui adanya masalah pada sistem pendingin salah satunya adalah bisa di cek dari air radiatornya. Jika kamu menemukan air radiator mobil sering berkurang atau tiba-tiba cepat habis, bisa menjadi tanda ada masalah dalam sistem pendingin.

    Berikut ini adalah penyebab-penyebab dari bagaimana air radiator bisa berkurang dan cara mengatasinya:

    air radiator (7)

    1. Tutup radiator rusak

    Salah satu yang menjadi penyebab dari berkurangnya air radiator adalah karena tekanan tutup pada radiator yang sudah melemah atau karet pada bagian tutup radiator yang rusak atau kendor.

    Karena hal tersebut, tentu akan membuat air mengalir lebih cepat menuju tabung cadangan, bahkan sebelum pressure valve terbuka. Untuk mengatasinya, kamu harus mengganti karet tutup radiator dengan yang baru.

    2. Sirip radiator bocor

    Saat air radiator kering ataupun menguap sebelum air menetes, menjadi penyebab kebocoran yang terjadi pada sirip radiator biasanya tidak mudah terlihat atau dideteksi.

    Untuk itu, jangan lupa untuk mengecek secara rutin pada bagian bagian tersebut, sehingga bila terjadi kebocoran pada tabung radiator mobil bisa segera diatasi.

    3. Selang air radiator renggang

    Berkurangnya air radiator juga bisa dikarenakan oleh kurang rapatnya atau renggangnya selang yang terpasang pada komponen radiator. 

    Celah tersebut membuat air mudah keluar dari celah antara selang dan besi radiator. Solusinya, kamu harus merapatkan selang pada radiator agar tak terjadi celah yang membuat kebocoran pada radiator.

    4. Water pump bocor

    Water pump ini adalah komponen yang bekerja untuk memompa dan sebagai sirkulasi air yang ada di dalam mesin. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini, maka akan menyebabkan berkurangnya volume air radiator. 

    Untuk mengatasinya, jangan lupa untuk melakukan perawatan tambahan untuk sistem pendingin, seperti menguras air radiator mobil dua bulan sekali untuk menghindari karat dan gunakan air radiator yang berkualitas agar kinerja water pump menjadi maksimal.

    5. Penutup pembuangan air radiator kurang rapat

    Cobalah cek penutup yang ada pada pembuangan air radiator di bagian bawah. Biasanya penutup ini agak kurang rapat sehingga air radiator bisa berkurang secara perlahan.

    Jika kamu mendapatkan masalah seperti di atas dan ragu untuk memperbaikinya secara mandiri, kamu bisa meminta pertolongan kepada teknisi terpercaya atau langsung membawa kendaraan ke bengkel terdekat.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait