Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    LainnyaPerbedaan Aki Kering dan Aki Basah, Mana yang Lebih Baik?

    Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah, Mana yang Lebih Baik?

    Aki merupakan komponen yang sangat penting untuk setiap kendaraan bermotor. Fungsi utama dari aki adalah memberikan suplai daya listrik ke setiap komponen kelistrikan dalam mobil. Tanpa adanya daya listrik, mobil tidak dapat digunakan dengan maksimal.

    Mobil memiliki Electronic Control Unit (ECU) yang digerakkan oleh aki mobil. Selain itu, ada juga AC mobil, lampu mobil, klakson mobil, dan banyak komponen lainnya yang menggantungkan fungsinya terhadap aliran listrik yang dihasilkan aki mobil. Apabila aki mobil bermasalah tentu akan jadi masalah kita juga.

    Baca juga: Indikator Aki Mobil Menyala? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering

    Nah, dalam dunia otomotif ada dua jenis aki, yaitu aki basah dan aki kering. Meskipun namanya berbeda, namun kedua aki ini sama-sama menggunakan cairan elektroda atau lebih dikenal dengan air aki sebagai elemen utamanya. Dan, meski namanya sama, aki kering dan aki basah perbedaannya cukup signifikan.

    Cairan elektroda pada aki kering biasanya berbentuk gel sehingga lebih padat, sedangkan cairan pada aki basah seperti air biasa. Berikut perbedaan yang lebih rinci tentang dua jenis aki ini.

    1. Aki basah

    Aki basah biasanya menggunakan wadah yang semi transparan. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar lebih mudah dicek volume airnya. Air aki yang digunakan pada jenis aki ini adalah air accu dan air zuur.

    Air accu dan air zuur memiliki fungsi yang sama, namun cara penggunaannya saja yang berbeda. Cairan aki ini berfungsi sebagai perendam cell-cell yang berada di dalam aki agar bisa menghantarkan arus listrik.

    Jika air accu digunakan untuk menambahkan volume air aki, ari zuur digunakan pada saat pertama kali mengisi air aki. Penting untuk merendam cell-cell secara sempurna, jika tidak maka daya arus listrik yang mengalir akan berkurang.

    Hal ini dapat terjadi karena cell baterai mengalami oksidasi dan berkarat. Nah, inilah beberapa perbedaan dari jenis air yang biasa digunakan untuk mengisi aki.

    Air destilasi merupakan hasil dari metode pemisahan bahan kimia atau penyulingan. Prosesnya dilakukan dengan cara mendidihkan campuran zat sampai menguap. Uap tersebut kemudian didinginkan dan hasil pendinginannya ini yang disebut air accu.

    Air Zuur memiliki kandungan asam sulfat yang sangat tinggi. Kandungan ini bersifat keras sehingga cocok untuk digunakan mengisi aki yang kosong. Asam sulfat atau H2SO4 ini berfungsi menyimpan serta menghantarkan arus listrik.

    Tidak sulit untuk membedakan kedua jenis air ini saat hendak membelinya di bengkel. Anda  bisa melihat perbedaannya dari warna tutup botol atau kemasan, karena produsen telah membedakannya ketika memproduksi. 

    Tutup botol atau kemasan air zuur umumnya berwarna merah, sedangkan tutup botol atau kemasan air accu biasanya menggunakan warna biru.

    Karena menggunakan cairan berbentuk air, maka volumenya lebih cepat menguap. Padahal volume air aki basah harus tetap terjaga. Pastikan volumenya tetap berada di batas air yang tertera pada wadah aki. 

    Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala paling tidak sebulan atau dua bulan sekali. Gunakan air accu atau air destilasi untuk menambah volume air aki dan air zuur untuk mengisi ketika aki masih kosong. Jangan sampai salah menggunakan air aki ya.

    Baca juga: Inilah Penyebab Aki Mobil Tekor dan Cara Mengatasinya

    2. Aki kering

    Tidak seperti aki basah, perawatan untuk aki kering bisa dibilang cukup minim. Oleh karena itu, aki kering sering disebut maintenance free (MF). Anda tidak perlu melakukan pengisian air aki jika menggunakan aki jenis ini. 

    Meskipun begitu, umumnya usia pakai aki kering terbilang cukup singkat, sekitar 1,5 sampai 2 tahun saja. Jika sudah memasuki usia pakai, Anda harus mengganti aki kering dengan aki yang baru. 

    Meskipun bisa diperbaiki, namun prosesnya cukup rumi dan membutuhkan ketelitian serta kerapian ekstra. Hal ini dikarenakan Anda harus membuka segel menggunakan gergaji atau pisah. Jika tidak hati-hati dalam membuka segelnya, komponen aki yang ingin diperbaiki malah berakhir dengan kerusakan.

    Wadah aki kering memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan aki basah. Aki kering biasanya memiliki wadah dengan desain yang tertutup sepenuhnya menggunakan bahan yang solid. Jadi Anda tidak bisa melihat isi di dalam aki. 

    Warna yang digunakan pada kemasan aki kering di antaranya adalah hitam, biru, putih, atau kuning. Jenis aki ini juga tidak memiliki lubang pengisian pada bagian atas kemasan.

    Bahan isi yang digunakan pada aki kering adalah gel. Bentuk gel ini tidak mudah menguap sehingga volume gel dapat lebih terjaga.

    Harga aki kering dibanderol lebih mahal daripada harga aki basah. Contohnya aki kering untuk tipe mobil yang sama memiliki harga sekitar Rp700 ribu, sedangkan harga aki basah sekitar Rp900 ribuan.

    Jika ditanya jenis aki mana yang lebih awet, jawabannya adalah tergantung penggunaan. Aki jenis basah bisa lebih awet jika rajin mengecek kualitas dan kuantitas air aki. Penggunaan komponen tambahan pada mobil juga bisa membuat aki cepat tekor.

    Baca juga: 6 Jenis Aki Mobil dan Fungsinya yang Perlu Kalian Pahami

    Cara Merawat Aki Basah dan Aki Kering

    Melihat pentingnya aki dalam sebuah mobil, tentu menjaga aki menjadi hal yang penting agar kinerjanya tetap maksimal untuk menghidupkan mobil. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat aki.

    Seperti yang sudah disinggung di atas, aki basah dapat dirawat dengan rutin melakukan pengecekan volume air aki. Selain itu kutub negatif dan positifnya juga perlu dirawat dan dibersihkan.

    Sedangkan cara merawat aki kering adalah dengan sering menggunakan mobil. Mobil yang sering digunakan akan membuat arus listrik selalu mengalir.

    Nah, setelah mengetahui perbedaan aki kering dan aki basah, saat ini tentu Anda sedikit banyak sudah paham mengenai kelebihan dan kekurangannya. Pastikan untuk menggunakan aki yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Kalau untuk urusan beli mobil pastikan untuk membeli di dealer dan showroom terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait