Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriIni Beda Pengertian Facelift dan All New di Sebuah Mobil

    Ini Beda Pengertian Facelift dan All New di Sebuah Mobil

    Facelift dan All New memiliki banyak perbedaan meski sekilas pada mobil Facelift dan All New ini akan terdapat penyegaran pada bagian mobil tertentu seperti bumper, headlight, grill dan tail light.

    JAKARTA – Di dalam dunia otomotif, seringkali Anda mendengar nama-nama dari merek mobil yang baru dirilis dengan nama facelift maupun All New. Penyebutan nama Facelift dan All New ini merujuk pada perubahan yang terjadi pada mobil dengan merek yang sama. 

    Perubahan pada mobil ini ada yang bersifat minor maupun beberapa bagian yang membuat penampilannya langsung berubah. Sekilas pada mobil Facelift dan All New ini akan terdapat penyegaran pada bagian mobil tertentu seperti bumper, headlight, grill dan tail light. 

    Penyegaran yang dilakukan oleh pabrikan otomotif ini tentu untuk menarik minat para pembeli untuk semakin tertarik dengan produknya. Cukup banyak orang yang berminat untuk mengganti mobil lamanya dengan tipe Facelift maupun All New karena kesan lebih modern dan tahun yang lebih muda. 

    Nah, selain itu perlu diketahui bahwa Facelift dan All New ini memiliki sangat banyak perbedaan pada penyegarannya. Pada Facelift memiliki penyegaran minor, sedangkan untuk All New hampir semuanya baru dari versi sebelumnya.

    Baca juga: Wajah Baru Hyundai Santa Fe Facelift, Seberapa Menarik?

    Sebelum Anda menentukan untuk membeli mobil, bisa menyimak penjelasan mengenai perbedaan Facelift maupun All New sebelum menentukan mobil mana yang akan dibeli.

    Berikut Perbedaan Facelift dan All New di Mobil

    Pengertian Facelift

    Pengertian mobil facelift
    Nissan All New Grand Livina EL 2019 (olx.co.id)

    Di dunia otomotif, nama facelift saat ini sudah cukup populer. Banyak sekali produk otomotif yang hadir di Indonesia telah mengalami facelift dengan berbagai penyegaran yang dilakukan pada beberapa bagian pada mobil.

    Facelift sendiri merupakan penyegaran bentuk mobil baik pada interior maupun eksteriornya, namun tidak menyeluruh. Perubahan yang dilakukan ini bersifat minor pada bagian yang mudah terlihat seperti bagian eksteriornya yaitu bumper, grill, headlight dan tail light.

    Selain mengubah bentuk yang sudah ada pada versi sebelumnya, ada pula penambahan desain baru pada mobil. Baik itu pada sisi body kit, maupun penambahan minor dengan aksesoris yang membuat mobil terlihat semakin menarik.

    Alasan dilakukan facelift sendiri agar menarik perhatian konsumen. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan facelift ini pun biasanya tergantung pada bagian yang diubahnya. Selain itu dilakukannya facelift karena perubahan yang dilakukan relatif lebih cepat daripada harus melakukan perubahan bersifat All New.

    Baca juga: Mazda Indonesia Punya CX-3 Facelift Tipe Sport 1.5L, Apa Hebatnya?

    Pengertian All New

    All new sendiri merujuk pada sebuah model mobil yang dirilis dengan bentuk yang baru dan berbeda dari versi sebelumnya. Perubahan yang terjadi pada mobil keluaran all new ini dilakukan pada segi interior maupun eksteriornya.

    Seperti namanya, tampilan dari mobil yang dirilis ini akan mendapat banyak perubahan serba baru dari versi sebelumnya. Baik dari segi rangka, desain, kode sasis, hingga penambahan pada segi kelengkapannya. Mobil all new ini pun akan langsung dikenali karena perubahan yang dilakukan bersifat major dilihat dari eksteriornya saja.

    Desain yang dimiliki oleh all new biasanya sangat berbeda dari model sebelumnya. Desain eksterior dan interiornya dibuat baru, bahkan disematkan juga beberapa fitur baru pada mobil.

    Pengembangan yang dilakukan untuk merilis mobil all new ini pun cukup lama karena membutuhkan sebuah riset dan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu tidak jarang produsen otomotif mengeluarkan model all new sampai berselang 10 tahun dari model sebelumnya.

    Perbedaan Facelift dan All New

    Review mobil all new
    Nissan All New Grand Livina EL 2019 (olx.co.id)

    Secara sederhana untuk membandingkan mobil facelift dan all new memang cukup mudah. Perubahan yang terjadi pada keduanya terdapat sebuah perbedaan yang terlihat jelas. Untuk facelift bersifat minor dan untuk all new bersifat major.

    Saat facelift hanya melakukan penyegaran pada komponen mobil di interior maupun eksteriornya, penyegaran ini dilakukan tanpa mengubah bentuk sebelumnya. Sedangkan untuk all new, perubahan yang terjadi begitu total hingga menjadi benar-benar baru.

    Perubahan yang paling jelas kentara dalam facelift dan all new adalah saat kode sasis pada mobil telah diubah. Maka perubahan yang terjadi pada mobil tersebut merupakan all new, bukan facelift.

    Baca juga: Daihatsu Rocky Facelift Meluncur di GIIAS 2022, Ini Perubahannya

    Terjadi kenaikan harga pada model facelift?

    Terjadi sebuah perubahan facelift pada mobil, tentu akan berpengaruh pada harga jualnya. Baik itu untuk harga mobil baru maupun harga jual bekasnya. Pasalnya dengan adanya perubahan ini tentu menandakan bahwa mobil ini keluaran terbaru dengan tambahan penampilan dan fitur baru juga.

    Biasanya perubahan harga yang terjadi pada mobil facelift tentu untuk menutup biaya merancang, menerapkan, dan memasarkannya. Namun biasanya, mobil facelift memang lebih banyak digemari daripada model sebelumnya. 

    Dalam beberapa kasus, harga jual dari mobil facelift memang lebih tinggi karena terjadi penyegaran pada penampilan dan fitur yang disematkan pada mobilnya. 

    Suku cadang untuk mobil facelift tidak semudah model biasa

    Suku cadang facelift tidak mudah
    Nissan All New Grand Livina EL 2019 (olx.co.id)

    Nah, bagi Anda pemilik model mobil yang telah melakukan facelift, bisa jadi dalam kurun beberapa waktu menggunakan mobil tersebut membutuhkan beberapa suku cadang karena terjadi sebuah kecelakaan atau kerusakan pada mobil. Untuk mengganti beberapa spare part tersebut, tentunya harus membeli baru di toko otomotif atau bengkel resminya.

    Namun keberadaan suku cadangnya ini biasanya tidak sebanyak model sebelumnya. Apalagi suku cadang yang dibutuhkan adalah bagian yang telah mengalami facelift. Maka dari itu tidak jarang Anda harus menunggu untuk mendapatkan suku cadang tersebut yang didatangkan dari pabriknya. 

    Bagi Anda yang sudah menentukan jenis mobil mana yang akan dibeli, tentu sedikit banyak sudah mendapat gambaran mengenai Facelift dan All New pada mobil. Perubahan yang terjadi pada mobil ini tentu memberikan dampak pada kenyamanan dalam berkendara serta penampilannya yang semakin bagus. 

    Sebelum Anda, membeli mobil bekas pastikan untuk memilih mitra seperti dealer maupun showroom mobil bekas yang terpercaya dan dapat memberikan garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait