Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPerbedaan Power Steering Elektrik dan Hidrolik

    Perbedaan Power Steering Elektrik dan Hidrolik

    Awas ketuker, ini bedanya power steering elektrik dan hidrolik.

    News.OLX Power steering adalah fitur pada sistem kemudi mobil yang bertugas untuk membantu pengemudi dalam membelokan roda melalui setir. Tanpa power steering, saat membelokkan mobil kamu akan merasa berat saat berkemudi dan harus mengeluarkan tenaga ekstra.

    Dengan adanya power steering, setir dapat lebih enteng diputar karena adanya bantuan pelumas atau motor penggerak. Di mobil modern sekarang, hampir semuanya sudah dilengkapi dengan fitur ini.

    Tahukah kamu bahwa power steering terbagi berdasarkan jenis dan mekanisme kerjanya, yaitu jenis hidrolik dan elektrik. Keduanya ini tersusun atas komponen yang berbeda dan memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

    Nah, bagaimana membedakan power steering hidrolik dan elektrik? Yuk simak rangkumannya berikut ini:

    Power steering hidrolik

    Power steering ini menerapkan sistem kerja hidrolik, yaitu menggunakan fluida atau cairan, yakni oli, sebagai media penggerak. Mesin bakal menggerakkan pompa untuk menyalurkan oli menuju sistem power steering.

    Jenis power steering ini memang paling banyak digunakan dalam dunia otomotif, mulai dari truk besar sampai mobil biasa.

    Power steering di jaman modern sekarang sudah disematkan speed sensitive steering yang berfungsi untuk mempermudah setir agar dapat menyesuaikan dengan kecepatan mobil. 

    Semakin cepat laju mobil, setir akan semakin berat untuk diputar, begitu pula sebaliknya, ketika laju mobil melambat, setir akan semakin mudah untuk diputar. Hal ini bisa menjaga mobil tetap stabil saat sedang melaju.

    Power steering elektrik

    Untuk power steering ini, biasanya sering ditemui pada mobil kelas menengah dan sudah dilengkapi dengan fitur yang canggih. Cara kerja dari jenis ini menggunakan motor elektrik atau komputer untuk memudahkan perputaran setir. 

    Karakteristik pada power steering elektrik adalah memiliki sensitivitas setir yang dapat disesuaikan langsung dengan kecepatan laju mobil. Hal inilah yang menggambarkan kecanggihan dari power steering elektrik.

    power steering (6)

    Perbandingan antara hidrolik dengan elektrik

    Jika ingin membandingkan kedua jenis ini, pasti masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun jika dilihat dari ketahanannya, hidrolik ternyata lebih unggul dibandingkan dengan elektrik.

    Lalu, kelebihan dari power steering hidrolik adalah sangat mudah dirawat dan dijual dengan harga yang cenderung murah. Sayangnya, hidrolik sering berpotensi untuk membebani mesin sehingga lebih sering boros BBM. 

    Selain itu, jika kamu tidak rutin dalam merawatnya, kasus yang sering terjadi dari power steering hidrolik adalah selang oli pada sistemnya bisa mengalami kebocoran dan menyebabkan kerusakan.

    Di sisi lain, sistem elektrik yang tidak menggunakan pompa dan selang menerapkan kinerja yang lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan sistem hidrolik. Karena kelebihannya itu, saat berkendara kamu akan merasa lebih enteng saat mengemudi dan lebih irit BBM juga.

    Namun, sayangnya komponen-komponennya rentan mengalami kerusakan karena tidak tahan air. Selain itu, power steering elektrik rata-rata hanya tahan sampai usia lima tahun atau sekitar 100,000 KM.

    Sebenarnya, selain power steering hidrolik dan elektrik, ada pula jenis yang menerapkan kombinasi keduanya. Perpaduan hidrolik dan elektrik menciptakan jenis power steering elektro-hidrolik atau sering juga disebut semi-elektrik.

    Jenis ini menerapkan dua sistem kerja secara bersamaan. Pompa power steering tidak langsung terhubung dengan mesin, melainkan disokong oleh pompa elektrik. Tetapi jenis ini masih jarang ditemukan dan baru ditemui di mobil-mobil Eropa saja.

    Jadi, ketika memilih untuk membeli mobil kelak jangan lupa untuk melihat spesifikasi power steering-nya seperti apa. Karena komponen ini akan menentukan bagaimana berkendara di jalan dan memberikan kenyamanan tersendiri jika kamu dapat memilihnya dengan tepat.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait