Kamis, Juni 13, 2024
Lainnya
    LainnyaKenali Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof, Jangan Sampai Salah

    Kenali Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof, Jangan Sampai Salah

    JAKARTA – Keberadaan kaca pada atap mobil, terkadang menjadi daya tarik sendiri bagi pecinta otomotif. Sampai saat ini sudah cukup banyak pabrikan otomotif dunia yang menempatkan kaca pada atap mobilnya yang kerap disebut sunroof, moonroof hingga panoramic roof.

    Kaca pada atap mobil ini memang hanya terdapat pada mobil-mobil yang cukup mahal. Namun tidak jarang para pemilik mobil melakukan modifikasi sendiri agar memiliki kaca di atapnya. 

    Memang tidak murah dalam memodifikasi atap mobil agar memiliki sunroof. Namun dengan memiliki sunroof, memang memberi tambahan kenyamanan, apalagi udara bisa masuk ke dalam mobil tanpa harus membuka kaca jendela.

    Bila memodifikasi sendiri atap mobil Anda, kurang lebih biaya yang harus dikeluarkan berkisar Rp 10 jutaan. Tergantung dari biaya jasa bengkel hingga merk sunroof yang Anda gunakan untuk mobil Anda.

    Selain memberi kesegaran udara dari atap mobil. Keberadaan kaca pada atap mobil ini bisa membuat penumpang nyaman dalam menikmati pemandangan di luar kendaraan. Suasana di dalam kabin pun terasa lebih cerah saat penutup kaca ini dibuka.

    Namun, terkadang cukup banyak orang yang salah menyebut untuk kaca yang berada di atap mobil ini. Pasalnya ada tiga jenis kaca atap mobil dengan bentuk yang hampir mirip.

    Kaca pada atap mobil ini bernama sunroof, moonroof dan panoramic roof. Nah, ketiganya ini memang memiliki fungsi yang sama, namun dalam segi kerjanya memiliki perbedaan. 

    Berikut perbedaan dari sunroof, moonroof dan panoramic roof

    Dalam membedakan panoramic roof, tentu lebih mudah daripada membedakan sunroof dan moonroof yang memiliki penampilan hampir sama. Untuk membedakan sunroof dan moonroof sendiri perlu melihat kinerjanya saat digunakan.

    1. Sunroof

    Beda Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof,

    Salah satu fitur kaca atap mobil yang cukup populer ialah sunroof. Banyak dari pecinta otomotif yang kerap menyebut semua kaca atap mobil ini dengan sebutan sunroof. Namun tidak banyak yang mengerti tentang ciri khasnya.

    Ketika fitur ini diaktifkan, posisi sunroof akan membentuk sudut tertentu apabila dibuka. Kaca tersebut akan naik ke atas yang membuat sirkulasi udara yang lebih baik. 

    Membuat pemandangan di atas atap mobil terlihat jelas, fungsi dari sunroof ini cocok untuk digunakan di daerah pegunungan yang memiliki cuaca cerah dan udara sejuk.

    Dari sisi material, sunroof terbuat dari pelat logam. Seiring waktu, bahan utama pembuatan sunroof menggunakan material kaca. Beberapa mobil yang telah dilengkapi fitur sunroof di antaranya Hyundai Tucson XG, Wuling Cortez CT, Kia Picanto GT 1.2 L, dan Nissan Elgrand.

    2. Moonroof

    Atap mobil moonroof

    Apabila tadi sunroof cara kerjanya adalah mengangkat kaca mobil ke atas, apabila moonroof, ia akan memasang kaca pada atap mobil ke dalam. Saat kondisi ini terbuka maka akan terjadi sirkulasi udara yang lebih baik. 

    Beberapa mobil yang telah dilengkapi fitur moonroof di antaranya BMW X5, Honda Civic, Acura ILX, Buick Encore, hingga Toyota Camry.

    3. Panoramic roof

    Atap mobil panoramic roof

    Untuk panoramic roof, ukuran kaca pada fitur atap mobil ini lebih besar bila dibandingkan dengan sunroof dan moonroof. Ukurannya ini bahkan hampir menyamai ukuran kaca mobil. 

    Apabila perbedaan sunroof dan moonroof terletak dari cara membukanya, maka kaca pada panoramic moonroof ini tidak bisa dibuka sama sekali. Hanya atap yang ada di bawah kaca yang dapat dibuka.

    Pemilik mobil dengan fitur panorama roof memang tidak bisa menikmati pemandangan secara terbuka serta tidak terjadi sirkulasi udara. Namun demikian, pemandangan tersebut masih bisa dilihat dari dalam mobil.

    Kelebihan dari fitur panoramic roof adalah kabin mobil tidak terasa panas. Sebab, kaca panoramic roof dilengkapi lapisan anti sinar ultraviolet yang dapat menahan sinar matahari. Beberapa mobil yang telah dilengkapi fitur panoramic roof di antaranya Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT, Honda HR-V 1.8 Prestige, Mitsubishi Outlander Sport PX, dan Nissan Serena 2.0 Panoramic Autech.

    Cara merawat mobil sunroof, moonroof, dan panoramic roof

    Bila memiliki kendaraan yang dibekali dengan fitur sunroof, moonroof hingga panoramic roof, pastikan bahwa Anda selalu merawatnya agar material kaca pada atap mobil ini tidak mudah rusak. Pasalnya bila kacanya selalu terawat tentu tidak akan mengurangi kenyamanan dalam penggunaannya. 

    1. Merawat mobil sunroof

    Dalam merawat mobil yang memiliki sunroof pada atapnya cukup mudah. Yaitu dengan membersihkan sunroof tersebut pada bagian sela-sela tutupnya dari debu dan pasir. 

    Pasalnya saat menggunakan mobil pasti terkena debu hingga kehujanan yang mengakibatkan kotoran bisa mengendap di sela-sela sunroof. Selain itu, jangan lupa semprotkan silicon spray di bagian karet agar tetap elastis.  Kemudian, semprot cairan pembersih dan penghilang karat di jalur buka tutup sunroof.

    2. Merawat mobil moonroof

    Dalam merawat moonroof hampir tidak memiliki banyak perbedaan dari cara merawat sunroof. Selalu pastikan jalur buka tutup kaca ini selalu bersih dari debu dan kotoran agar tidak macet.

    Jangan lupa untuk semprotkan silicon spray pada karetnya agar tetap elastis. Sama seperti sunroof, semprotkan juga cairan pembersih dan penghilang karat di jalur buka tutup moonroof.

    3. Merawat mobil panoramic roof

    Dalam membersihkan mobil dengan panoramic roof lebih mudah dari sunroof dan moonroof. Pasalnya fitur ini sendiri tidak membuka kaca seperti keduanya. Namun hanya membuka penutup di bawah kaca pada bagian di dalam mobil.

    Untuk merawat mobil dengan fitur panoramic roof, cukup membersihkan kaca secara rutin. Gunakan pembersih jamur kaca mobil agar tidak jamuran dan terbebas dari kotoran yang menempel. 

    Selain itu, pastikan untuk tidak memarkir kendaraan pada tempat yang langsung terekspos sinar matahari secara langsung.  

    Setelah menyimak perbedaan dari masing-masing fitur pada kaca atap mobil tersebut, tentu Anda sudah sedikit banyak mengetahui akan perbedaan dari sunroof, moonroof dan panoramic roof. 

    Selalu jaga kondisi mobil Anda, agar selalu dalam keadaan terbaik sehingga saat dijual harganya tidak akan jauh. Pastikan untuk memilih mitra terpercaya dalam menjual mobil seperti OLX Autos yang memberikan penawaran terbaik dan pembayaran instan.

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal. Tanpa biaya tersembunyi alias no hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait