Jumat, Juni 14, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriRack End Mobil, Cari Tahu Fungsi dan Ciri-Ciri Kerusakannya

    Rack End Mobil, Cari Tahu Fungsi dan Ciri-Ciri Kerusakannya

    JAKARTA – Dalam sistem kemudi mobil, ada komponen yang memiliki nama rack end yang terhubung dengan tie rod dan pinion. Rack end ini menjadi salah satu komponen penting untuk membelokan roda depan mobil sesuai perintah dari kemudi.

    Memiliki kendaraan dengan kondisi prima dan komponen yang terpasang masih dalam kondisi bagus, pasti akan menunjang kenyamanan dalam berkendara. Nah, bagi Anda yang memiliki kendaraan roda empat, harus memiliki pengetahuan agar saat mobil Anda menemui masalah bisa sedikit banyak memahaminya.

    Tidak perlu harus sampai bisa memperbaikinya sendiri, namun bisa tahu bahwa ada kendala dengan memahami beberapa ciri komponen rusak. Apabila bisa memahami tentu akan menghindari kerusakan yang lebih fatal yang bisa menghabiskan banyak biaya.

    Seperti halnya rack end, saat mengalami masalah biasanya suatu komponen akan menunjukan sebuah gejala atau ciri-ciri yang kurang nyaman. Baik itu dari bunyi yang mengganggu hingga kesulitan dalam mengendalikan kendaraan seperti kasus pada rack end yang bermasalah.

    Sebagai komponen yang cukup vital dan menunjang pengemudi dalam mengendalikan kendaraannya, kondisi rack end ini pun harus selalu dijaga. Bila suatu saat menunjukan gejala kerusakan, lebih baik langsung ditangani di bengkel resmi maupun bengkel kepercayaan Anda. 

    Sebenarnya cukup mudah untuk mengetahui rack end bermasalah karena ia akan menunjukan gejala yang mudah untuk diketahui. Simak artikel di bawah ini untuk lebih mengetahui mengenai rack end.

    Fungsi Rack End Mobil

    Rack end merupakan komponen dari sistem kemudi yang dipasang di antara pinion dan tie rod. Komponen ini memiliki fungsi yang cukup mirip dengan tie rod. 

    Bekerja saling melengkapi, namun rack end memiliki fungsi yang cenderung menahan dari arah atas bawah dan depan belakang. Berbeda dengan tie rod yang menahan dari kiri kanan dan depan belakang.

    Rack end ini memiliki fungsi sebagai berikut.

    Mengatur toe

    Pada komponen rack end, terdapat sebuah ulir untuk menghubungkan dengan komponen tie rod end. Ketika rack end diputar ia akan memanjangkan jarak roda bagian depan atau mendekatkannya.

    Dari pengaturan ini akan mempengaruhi sudut dari toe pada roda kendaraan. Toe in dan toe out ini biasanya diketahui saat Anda melakukan spooring mobil untuk mengatur sudut roda.

    Meredam getaran

    Rack end ini juga memiliki fungsi untuk meredam getaran yang dihasilkan oleh mobil saat digunakan. Pada pangkal rack end ini terdapat mekanisme ball joint yang bisa berputar.

    Mekanisme tersebut digunakan untuk meredam getaran dari roda sehingga getaran akan berkurang sebelum sampai ke pengemudi.

    Membelokkan roda

    Rack end ini berfungsi untuk membelokkan roda depan. Dari konstruksinya, rack end ini memang perpanjangan dari sistem kemudi yang mengendalikan roda. 

    Sehingga apa yang dilakukan oleh kemudi yang diatur oleh pengendara akan dilakukan oleh rack end sesuai perintah. Begitu pula saat roda lurus, makan kemudi di atas pun akan lurus.

    Ciri-ciri Rack End Mobil Rusak

    Ciri rack end mobil rusak
    Rack End (elephantracing.com)

    Sebagai sebuah komponen yang menunjang kenyamanan dalam berkendara untuk mengendalikan roda mobil. Saat rack end ini bermasalah, pasti akan langsung terasa oleh pengemudi saat menggunakan mobil.

    Beberapa dari ciri-ciri rack end mobil rusak ini pun dapat mudah diketahui dengan sebagai berikut.

    Bagian roda aus tidak merata

    Saat rack end memiliki masalah, salah satu ciri-ciri yang mudah terlihat adalah kondisi ban yang aus namun tidak merata. 

    Hal ini terjadi karena sudut toe akan berubah-ubah maka ban yang saling bergesekan dengan aspal ini tidak merata sehingga kondisi ban aus tidak pada semua sisi.

    Kemudi tidak responsif

    Saat mengendalikan mobil Anda dengan memutar kemudi, terkadang tidak responsif. Meski setir sudah diputar namun roda depan tidak mau berbelok sesuai perintah, menjadi salah satu ciri rack end bermasalah.

    Dalam kejadiaan ini tentu akan mengeluarkan lebih banyak tenaga saat harus bermanuver karena setir yang tidak responsif. Pasti akan mengurangi kenyamanan dalam berkendara

    Terdengar bunyi saat berbelok

    Terdengar bunyi yang tidak biasa saat memutar kemudi menjadi salah satu ciri yang paling umum ditemukan. Pasalnya saat rack end maupun sistem kemudi bermasalah pasti akan mengeluarkan bunyi.

    Bunyi ini akan semakin terdengar jelas saat mobil Anda melewati jalanan berlubang dan tidak rata.

    Susah menyetel spooring

    Pada saat melakukan spooring untuk menyetel roda mobil Anda, biasanya komponen rack end dan tie rod ini akan diperiksa. Pasalnya komponen ini sangat penting agar proses spooring tidak mengulang karena tidak bisa disetel.

    Maka dari itu biasanya sebelum dilakukan spooring kedua komponen tersebut, akan diperiksa terlebih dahulu kondisinya.

    Setir yang bergetar saat digunakan

    Setir biasanya akan bergetar bila komponen ini bermasalah. Hal ini akan terasa saat Anda menggerakan setir ke kanan dan ke kiri atau memutarnya sampai mentok.

    Selain bergetar, bahkan setir bisa sangat sulit untuk diputar pada saat digunakan melaju maupun dalam keadaan berhenti.

    Nah, setelah menyimak ulasan mengenai rack end, sedikit banyak pasti Anda sudah mendapatkan pengetahuan. Selalu jaga dan lakukan perawatan rutin pada mobil Anda agar kondisinya selalu prima.

    Tidak perlu khawatir soal menjual mobil Anda, pastikan untuk memilih dealer dari OLX Autos yang memberikan penawaran terbaik serta pembayaran instan tanpa biaya tersembunyi.

    Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Prioritas kami adalah keamanan bertransaksi, sehingga menjual mobil bisa lebih nyaman. Kamu bisa dapatkan pembayaran instan dan tanpa hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait