OLX News – Review MG4 EV merupakan model pertama mereka yang sepenuhnya dirancang sebagai EV dari awal, tidak berbasis platform mobil konvensional seperti saudara tuanya, MG ZS EV.
Mobil listrik kini bukan lagi sekadar tren, tetapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup urban di Indonesia. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik berbasis baterai (BEV) di Indonesia meningkat signifikan dalam dua tahun terakhir.
Pada 2023, tercatat lebih dari 17.000 unit BEV terjual, meningkat dari sekitar 7.000 unit pada 2022. Peningkatan ini dipengaruhi oleh insentif pemerintah dan meningkatnya infrastruktur pengisian daya publik.

Salah satu model terbaru yang mencuri perhatian adalah MG4 EV—hatchback listrik modern dari MG yang memadukan desain stylish, teknologi canggih, dan efisiensi tinggi.
MG4 EV diluncurkan pertama kali secara global pada 2022 dan menyasar segmen hatchback listrik yang sebelumnya didominasi oleh Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev di pasar Tanah Air.
Kemudian meluncur secara resmi pada ajang GIIAS 2023 dan mendapat sambutan positif karena desainnya yang stylish dan harga yang kompetitif.
Keunggulan dari model ini adalah harga yang lebih terjangkau dengan spesifikasi yang tetap mumpuni, termasuk jarak tempuh dan fitur keselamatan.

Tidak hanya cocok untuk aktivitas harian, MG4 EV juga mampu diajak bertualang ke luar kota bersama keluarga.
Pada artikel ini, kami akan mengulas review MG4 EV sebagai kendaraan harian di jalanan padat Jakarta, sekaligus menguji ketangguhannya saat dibawa glamping ke Wooly Cafe & Resto di Bogor—rute yang menuntut tenaga ekstra karena kontur jalannya yang menanjak dan tidak rata.
Desain Eksterior: Sporty dan Modern

Pertama kali melihat MG4 EV, kesan pertama yang langsung tertanam di pikiran adalah bentuknya yang futuristik. Desainnya tidak seperti city car biasa—dengan tampilan khas EV dan aura sporty, MG4 EV siap menarik perhatian siapa pun yang melihatnya.
Garis bodi tajam dan aerodinamis, lampu depan LED pipih, serta desain atap melandai menciptakan kesan mobil listrik yang dinamis. Di bagian belakang, lampu LED dengan efek “lightbar” menyambung menjadi ciri khas tersendiri.
Tampilan ini membuat MG4 EV tidak sekadar kendaraan fungsional, tetapi juga gaya hidup. Tak heran jika mobil ini sering menarik perhatian saat berhenti di lampu merah atau saat melakukan pengisian daya di SPKLU umum di pusat perbelanjaan.
Interior: Nyaman dan Minimalis

Masuk ke dalam kabin, nuansa modern langsung terasa lewat dashboard minimalis dengan layar sentuh 10,25 inci yang menjadi pusat kendali infotainment. Konsol tengah dibuat mengambang, memberikan kesan lega dan praktis.
Namun, untuk mengoperasikan hampir semua fitur di mobil ini, pengguna harus melalui layar sentuh tersebut. Tombol fisik untuk mengakses fitur-fitur seperti AC, audio, atau sistem kendaraan tidak tersedia, sehingga memerlukan adaptasi dan perhatian lebih saat berkendara.
Beruntungnya varian MG4 EV yang kami gunakan ini sudah dilengkapi dengan i-SMART, sistem operasi pintar eksklusif dari MG yang memungkinkan mobil dan pengemudi saling terhubung layaknya satu tim.

Teknologi ini mempermudah kami mengontrol berbagai fungsi kendaraan hanya lewat suara, layar sentuh, atau aplikasi di smartphone. Mulai dari mengecek status baterai, mengatur suhu kabin, hingga mencari lokasi parkir—semuanya bisa dilakukan dengan praktis.
Saat kami memberikan perintah suara seperti “buka jendela” atau “nyalakan AC”, mobil akan merespons secara otomatis.
Kursi depan cukup ergonomis dengan pengaturan elektrik, sementara kursi belakang mampu menampung dua dewasa dan satu anak dengan nyaman. Untuk keluarga kecil, kabin MG4 EV sudah cukup memadai.

Bagasi berkapasitas 363 liter mampu memuat kantong belanja bulanan untuk kebutuhan rumah tangga. Namun, ruang bagasi akan lebih terbatas jika semua kursi diisi penumpang dan barang bawaan cukup banyak. Kursi belakang bisa dilipat rata untuk memperluas kapasitas hingga 1.177 liter.
Spesifikasi Teknis MG4 EV (Indonesia)
- Motor listrik: Permanent Magnet Synchronous Motor
- Tenaga maksimum: 170 PS (125 kW)
- Torsi maksimum: 250 Nm
- Akselerasi 0–100 km/jam: ±7,7 detik
- Baterai: 51 kWh Lithium Iron Phosphate (LFP)
- Jarak tempuh klaim (WLTP): 425 km
- Penggerak roda: RWD (Rear-Wheel Drive)
- Dimensi (P x L x T): 4.287 x 1.836 x 1.504 mm
- Ground clearance: 150 mm
- Velg: 17 inci dengan aero cover
- Kapasitas pengisian daya cepat (DC): Hingga 88 kW
Review MG4 EV: Berkendara di Perkotaan

Mengendarai MG4 EV di lalu lintas Jakarta yang padat memberikan pengalaman berkendara yang unik. Akselerasi instan sangat membantu saat harus menyalip atau keluar dari antrian kendaraan. Bahkan di tengah kemacetan, kabin yang senyap dan fitur-fitur modern membuat perjalanan tetap nyaman.
Dengan ukuran bodi yang kompak dan radius putar yang baik, manuver di jalan sempit atau parkir paralel terasa mudah. Sistem bantuan seperti kamera 360 derajat dan sensor parkir juga sangat membantu.
Selain itu, fitur regenerative braking yang bisa disesuaikan levelnya, terasa sangat berguna saat menghadapi kemacetan dan memperpanjang jarak tempuh.
Review MG4 EV: Uji Jalan ke Bogor, Naik Turun Bukit Tanpa Ragu
Dalam sebuah kesempatan, OLX News me-review MG4 EV dalam sebuah perjalanan singkat ke Wooly Cafe & Resto di Bogor. Ini menjadi kesempatan ideal untuk menguji performa MG4 EV di medan menanjak dan jalanan semi-off road.
Motor listriknya yang bertenaga 170 PS memberikan dorongan yang cukup mantap saat menanjak, bahkan dengan penumpang penuh dan barang bawaan. Mode berkendara bisa disesuaikan antara Eco, Normal, dan Sport—dan saat melalui tanjakan, mode Sport mampu memberikan dorongan lebih dengan respons gas agresif untuk bisa mencapai ujung dari tanjakan demi tanjakan.
Tentunya ini sudah menjadi karakter khas yang juga ada di mobil listrik lainnya. Namun ngerasain tenaga ekstra di MG4 EV ini begitu menyenangkan.
Suspensinya juga cukup empuk untuk meredam jalan bergelombang, meski bukan yang paling nyaman di kelasnya. Karena di beberapa kondisi jalan, seperti jalanan dengan permukaan yang berlubang, terasa sedikit lebih kaku.
Tapi secara keseluruhan, MG4 EV tetap stabil dan tidak terasa limbung saat melintasi kontur jalan yang berkelok dan naik turun.
Daya Jangkau dan Pengisian Baterai

MG4 EV memiliki baterai berkapasitas 51 kWh yang diklaim mampu menjangkau hingga 425 km dalam satu kali pengisian penuh (berdasarkan WLTP). Dalam pemakaian kombinasi kota dan luar kota, angka realistis yang kami capai berkisar antara 330–370 km.
Untuk pengisian cepat (DC fast charging), dari 10% hingga 80% bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 40 menit—cukup praktis untuk yang kerap bepergian jauh.
Fitur Keamanan dan Teknologi
MG4 EV dilengkapi berbagai fitur keselamatan aktif seperti:
- Lane Assist System (LAS)
- Lane Departure Warning (LDW)
- Lane Departure Prevention (LDP)
- Lane Keep Assist (LKA)
- Front Drive Assist (FDA)
- Adaptive Cruise Control (ACC)
- Traffic Jam Assist (TJA)
- Forward Collision Warning (FCW)
- Intelligent High – Beam Control (IHC)
- Rear Drive Assist (RDA)
- Lane Change Assist (LCA)
- Blind Spot Detection (BSD)
- Rear Cross Traffic Alert (RCTA)
- Door Open Warning (DOW)
Ditambah lagi, adanya 6 airbag, struktur bodi yang kokoh, serta peringkat keselamatan bintang lima dari Euro NCAP, menambah kepercayaan diri saat membawa keluarga bepergian.
Kelengkapan dari fitur ADAS yang ada di MG4 EV ini juga cukup membuat kami jadi merasa lebih percaya diri saat review MG4 EV dengan memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi di ruas tol Jagorawi. Rasanya seperti tak ada mobil yang sulit untuk disusul.
Cara koreksi setir saat mobil keluar dari jalur marka jalan tol juga tidak terlalu kasar dan bikin kaget. Beberapa kasus di kendaraan listrik atau konvensional dengan penerapan fitur ADAS yang lengkap, hal ini (koreksi setir) kadang terasa cukup kasar dan tidak jarang bikin pengemudi kaget.
Apa yang Disukai dari MG4 EV
- Desain modern dan menarik
- Performa responsif di perkotaan dan medan tanjakan
- Teknologi lengkap untuk keamanan dan kenyamanan
- Kabin minimalis namun fungsional
- Biaya operasional rendah dan bebas ganjil-genap di Jakarta
- Koreksi setir cukup lembut, fitur ADAS berfungsi sangat baik
Apa yang Kurang Disukai dari MG4 EV
- Ruang bagasi terbatas saat kabin terisi penuh
- Suspensi agak kaku untuk jalan rusak
- Pengaturan AC manual sedikit merepotkan karena harus lewat layar sentuh
- Hampir semua fitur harus diakses melalui layar sentuh, tanpa tombol fisik, yang bisa menyulitkan saat berkendara
Kesimpulan: Siap Menjadi EV Keluarga Urban

MG4 EV berhasil menawarkan keseimbangan antara gaya, performa, dan efisiensi dalam satu paket kendaraan listrik yang praktis. Bagi keluarga muda atau profesional urban yang ingin beralih ke mobil listrik, MG4 EV layak dipertimbangkan.
Tak hanya cocok untuk aktivitas harian di kota, MG4 EV juga cukup andal diajak bertualang ke luar kota bersama keluarga. Meski masih ada beberapa kompromi, pengalaman menyenangkan yang ditawarkan mobil ini menjadikannya salah satu EV terbaik di kelasnya.
Bicara reputasi, MG4 EV meraih predikat bintang lima dalam uji keselamatan Euro NCAP. Mobil ini juga memenangkan beberapa penghargaan internasional, seperti “Best Electric Hatchback 2023” versi Auto Express (UK), yang menyoroti kenyamanan berkendara dan teknologi yang ditawarkan.
Latar belakang ini tentunya sudah cukup meng-highlight keunggulan dari mobil listrik bergaya futuristik ini.
Namun, jika harus bicara jujur, kami merasa lebih nyaman untuk mengendarai MG ZS EV yang masih mengadopsi konsep mobil konvensional, sehingga tidak perlu lama untuk proses adaptasinya.
Lewat artikel review MG4 EV ini, kami ingin menegaskan, mobil listrik dari MG ini bukan hanya mobil masa depan—tapi mobil yang siap digunakan hari ini. Jadi, jika Anda sedang mempertimbangkan mobil listrik pertama untuk keluarga, rasanya MG4 EV layak masuk daftar teratas untuk dicoba langsung di dealer MG terdekat. (Z)
































