Jumat, Juni 14, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriReview Mobil Toyota Avanza E, Kendaraan Pilihan Keluarga yang Irit

    Review Mobil Toyota Avanza E, Kendaraan Pilihan Keluarga yang Irit

    Pabrikan otomotif asal Jepang, Toyota sudah menghadirkan Toyota Avanza di Indonesia sejak tahun 2003. Hingga saat ini mobil MPV yang biasa dijadikan sebagai mobil keluarga ini ditawarkan dengan berbagai tipe. Salah satunya ialah Toyota Avanza E.

    Toyota Avanza E sendiri merupakan tipe dasar yang ditawarkan oleh Toyota untuk mobil MPV ini. Sebagai tipe dasar, mobil ini memiliki cukup banyak peminat karena pilihan mesinnya yang lebih kecil dibandingkan dengan tipe yang lebih tinggi.

    Pasalnya di Indonesia sendiri banyak yang lebih mementingkan mobil besar dan irit. Meski kapasitas mesinnya lebih kecil dari tipe lainnya, namun tenaga yang dimiliki mobil ini sudah mumpuni untuk memenuhi kebutuhan transportasi. 

    Baca juga: Perbedaan Spesifikasi dan Fitur Toyota Avanza di Semua Tipe

    Toyota Avanza generasi paling baru ini pun saat ini sudah dilakukan perubahan pada sistem penggerak rodanya. Saat generasi sebelumnya menggunakan penggerak roda belakang (RWD), pada generasi paling baru ini sudah penggerak roda depan (FWD).

    Berikut ulasan mengenai spesifikasi dan harga Toyota Avanza E.

    Spesifikasi Toyota Avanza E

    Spesifikasi Toyota Avanza E
    Toyota Avanza E (olxautos.co.id)

    Toyota Avanza tipe E dibekali dengan mesin berkapasitas 1.3L dengan kode mesin 1NR-VE, yang memiliki 4-silinder berteknologi DOHC dengan Dual VVT-i. 

    Mesin dengan kapasitas 1.329 cc tersebut dapat menghasilkan tenaga tertinggi 96,6 hp pada putaran 6.000 rpm, dan torsi puncak 121,6 Nm pada putaran 4.200 rpm.

    Pada Toyota Avanza tipe E ini diberi dua pilihan transmisi yaitu manual dan otomatis CVT. Sudah berpenggerak roda depan (FWD), perubahan ini dilakukan dengan mengikuti para kompetitornya.

    Baca juga: Harga Mobil Avanza Bekas 50 Jutaan, Tipe & Fitur Lengkapnya!

    Untuk kapasitas penyimpanan tangki bensinnya mencapai 45 liter. Konsumsi bahan bakar dari Toyota Avanza E ini sangat irit bila dibandingkan tipe tingginya.

    Mobil ini dapat menempuh jarak hingga 13,5 km/liter hingga 14,6 km/liter di rute dalam kota. Sementara untuk rute luar kota melalui jalan tol dengan kecepatan di kisaran 80 km/jam, konsumsi BBM Avanza bisa mencapai rata-rata 18,4 km/liter.

    Interior Toyota Avanza E

    Pada bagian interiornya, mobil ini terasa lega dan nyaman sebagai sebuah mobil MPV yang dapat menampung 7 orang penumpang. Suasana dalam kabin pun terasa rapi dan elegan.

    Untuk bagian dashboardnya sudah dilengkapi dengan head unit sebagai pengatur perangkat audio. Namun untuk mengontrolnya masih manual dan tidak dapat dikontrol melalui setir kemudi seperti tipe tinggi lainnya.

    Kesan polos pada kemudi dan dashboardnya ini memang cukup terasa pada Toyota Avanza E. Namun untuk interior lainnya masih memiliki banyak kesamaan.

    Pada mobil ini sudah dilengkapi dengan seatbelt pada setiap kursi dan AC double blower yang memberi kenyamanan udara sejuk untuk pengemudi dan penumpang di baris belakang.

    Selain itu kapasitas bagasinya pun bisa menjadi lebih luas dengan kursi baris ketiga yang dapat dilipat. 

    Eksterior Toyota Avanza E

    Eksterior Toyota Avanza E

    Desain eksterior dari Toyota Avanza E saat ini tampil semakin keren. Bagian grill pada mobil ini terlihat lebih besar dengan kisi-kisi udara dengan desain garis horizontal. Selain itu desain dari lampu depannya yang menyipit membuatnya semakin tampil sporty.

    Untuk Toyota Avanza E ini belum dilengkapi dengan foglamp. Namun tersedia tempatnya pada bagian bawah lampu depan dengan desain bezel yang bisa Anda modifikasi bila ingin menambahkan foglamp.

    Pada bagian sampingnya, spion pada Toyota Avanza E ini belum dilengkapi dengan lampu sein dan desainnya sesuai dengan warna bodi. Lekukan pada bagian samping ini semakin mempertegas kesan kokoh pada mobil.

    Untuk dimensinya, mobil ini masih sama seperti generasi sebelumnya. Namun untuk tipe lebih tinggi seperti Toyota Avanza G, memiliki perbedaan pada tinggi mobilnya.

    Baca juga: Ukuran yang Tepat Supaya Panjang Mobil Avanza Masuk Garasi

    Fitur Toyota Avanza E

    Beberapa fitur yang disematkan pada Toyota Avanza E ini memang lebih sedikit dari tipe tinggi lainnya. Namun untuk urusan keamanan dan keselamatan sudah cukup mumpuni agar Anda semakin nyaman dalam berkendara.

    Terdapat fitur pre collision warning and braking, pedal misoperation control, lane departure warning and prevention, dan front departure alert. Fungsi-fungsi tersebut hadir untuk meningkatkan aspek keselamatan dengan mengandalkan sensor.

    Selain itu masih ada fitur Dual SRS Airbags, 3-Points Seatbelt dengan pretensioner dan force limiter, seatbelt warning untuk baris depan, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), dan yang terakhir adalah fitur Side Impact Beam.

    Untuk sarana hiburannya sudah dilengkapi dengan head unit Audio 2DIN yang bisa terkoneksi dengan bluetooth dan smartphone Anda. Namun dalam kendali kontrolnya memang tidak ada pada bagian setir kemudi. 

    Harga Toyota Avanza E

    Harga yang ditawarkan untuk Toyota Avanza E ini tentu lebih murah dari tipe lainnya. Karena menjadi mobil tipe dasar, harga yang ditawarkan lebih ekonomis dengan tidak banyak perbedaan yang terlalu signifikan. 

    Berikut harga dari Toyota Avanza E:

    Harga Baru

    Harga unit baru untuk Toyota Avanza E ini ditawarkan sesuai dengan pilihan transmisi yang digunakan. 

    • Toyota Avanza 1.3 E M/T Rp233,1 juta
    • Toyota Avanza 1.3 E CVT Rp247,8 juta

    Harga Bekas

    Pada pasaran mobil bekas, Toyota Avanza E ini dijual dengan harga yang cukup bervariatif. Hal ini tentu melihat kondisi unit dari tahun pembuatan mobil hingga pilihan transmisinya. 

    Untuk harga yang ditawarkan pada mobil Toyota Avanza E ini mulai dari harga Rp120 jutaan.

    Nah, setelah menyimak ulasan mengenai Toyota Avanza E, sedikit banyak pasti Anda sudah memiliki gambaran mengenai mobil tersebut. Pastikan untuk membeli mobil bekas pada dealer dan showroom terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari Petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait