Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriPerbedaan Spesifikasi dan Fitur Toyota Avanza di Semua Tipe

    Perbedaan Spesifikasi dan Fitur Toyota Avanza di Semua Tipe

    Meski mendapat pesaing dari berbagai merek lain, seperti Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, Ertiga hingga Mobilio, Toyota Avanza tetap menjadi mobil MPV dengan penjualan nomor satu.

    JAKARTA – Toyota Avanza merupakan mobil pilihan sejuta umat yang sampai saat ini sudah teruji ketangguhannya. Sebagai mobil merek Toyota yang sudah laku terjual lebih dari satu juta unit, mobil ini memang menjadi pilihan banyak orang untuk menemani perjalanan. Baik itu digunakan pribadi maupun sebagai mobil operasional. Memiliki kapasitas 7 penumpang, Toyota Avanza terbukti sebagai mobil dengan konsumsi bahan bakar irit dan tangguh.

    Hadir sejak tahun 2004 di Indonesia, mobil dengan mesin tangguh, spare part yang mudah dan daya angkut yang mumpuni, serta menggunakan sistem penggerak roda belakang, membuat banyak konsumen menjatuhkan pilihannya pada Toyota Avanza. Bahkan hingga saat ini telah hadir banyak varian tipe dari Toyota Avanza yang semakin menarik perhatian konsumen.

    Meski mendapat pesaing dari berbagai merek lain, seperti Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, Ertiga hingga Mobilio, Toyota Avanza tetap menjadi mobil MPV dengan penjualan nomor satu. Pasalnya mobil ini merupakan salah satu mobil tangguh dengan harga yang terjangkau. Bahkan pada keluaran yang lebih lama, bisa menjadi mobil bekas dengan harga di bawah Rp80 juta.

    Demi menyaingi rivalnya, Toyota Avanza keluaran terbaru memiliki bentuk facelift yang semakin menonjolkan sisi modern. Apalagi mobil ini miliki beberapa tipe yang dapat Anda sesuaikan sebagai pertimbangan sebelum membelinya. 

    Toyota Avanza Tipe E, Si Paling Ramah Kantong

    Mobil Toyota Avanza Tipe E
    Avanza tipe E (olxautos.co.id)

    Toyota Avanza memulai tipe paling rendah dengan tipe E yang memiliki harga baru maupun bekas lebih murah dari tipe lainnya. Pada Toyota Avanza tipe ini terlihat jelas bahwa aksesoris yang disematkan cukup minimalis bila dibandingkan dengan tipe lainnya.

    Pada bagian mesin, Toyota Avanza tipe E menggunakan 1.298cc DOHC, VVT-i dengan tenaga 92 HP pada 6,000 rpm dan torsi maksimum 11.9 Nm pada 4,400 rpm yang disalurkan pada transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan dengan kapasitas tangki 45 liter. Bagian kemudi sudah dilengkapi dengan Electric Power Steering (EPS) & Tilt Steering.

    Toyota Avanza tipe E menggunakan velg kaleng dengan ukuran 14 inci ditutup dengan dop plastik. Pada bagian depan mobil ini belum dilengkapi dengan lampu kabut, namun sudah terlihat bahwa bagian ini menggunakan dek plastik yang bisa Anda modifikasi sendiri bila ingin menyematkan lampu kabut sendiri.

    Bagian spionnya masih biasa dan belum dilengkapi dengan lampu sein pada ujungnya, serta pada bagian belakang mobil belum dilengkapi dengan spoiler belakang. Pada sisi hiburan, Toyota Avanza tipe E masih cukup minim. Pada head unitnya hanya bisa memutar kaset, radio dan CD.

    Untuk interiornya, Toyota Avanza tipe E telah difasilitasi dengan Dual SRS Airbags, paduan warna beige dan grey di bagian dashboard dan ruang kabin, serta AC double blower yang cukup memberikan kenyamanan ketika melakukan perjalanan.

    Untuk keamanannya, mobil ini sudah dilengkapi dengan rem depan cakram serta rem belakang menggunakan tromol. Pada suspensi depan model Macpherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang model 4 Link Lateral Rod with Coil Spring. Selain itu sudah dilengkapi dengan DUAL SRS Airbag, power window, AC double blower, kursi pengemudi bisa sliding and reclining, One Touch Tumble pada baris kedua serta pelipatan jok baris ketiga dengan kombinasi 50:50.

    Baca juga: Harga Mobil Avanza Bekas 50 Jutaan, Tipe & Fitur Lengkapnya!

    Avanza Tipe G Jadi Tipe Menengah yang Terlaris

    Mobil Toyota Avanza Tipe G
    Toyota Avanza G 1.3 2019 (olxautos.co.id)

    Toyota Avanza tipe G adalah tipe yang banyak diminati oleh masyarakat. Bisa dikatakan sebagai tipe menengah, meski sebenarnya tipe G tidak banyak perbedaannya dari tipe E. Banyak fitur yang dimiliki oleh tipe G ini mirip dengan tipe E, namun yang terlihat mencolok pada eksteriornya yang sudah dilengkapi dengan lampu kabut dan grill chrome serta spionnya memiliki lampu sein pada ujungnya.

    Velgnya pun tidak menggunakan velg kaleng namun menggunakan velg alloy ukuran 14 inci. Pada bagian belakang eksteriornya sudah memiliki spoiler yang memberikan kesan berbeda dari tipe sebelumnya.

    Pada bagian mesin terdapat dua pilihan yaitu mesin 1.298 cc yang sama dengan tipe E dan mesin 1.495 cc (hanya transmisi manual) dengan daya 104 pada 6.000 rpm dan torsi 13.9 Nm pada 4.400 rpm, selain itu pada tipe ini juga ada transmisi manual dan matic.

    Ada tambahan pada Toyota Avanza tipe G, yaitu model Luxury dimana mobil ini akan disematkan beberapa aksesoris yang memberikan kesan lebih elegan. Beberapa komponen tambahan tersebut ialah body kit dan grill lebih mewah.

    Baca juga: Ukuran yang Tepat Supaya Panjang Mobil Avanza Masuk Garasi

    Toyota Avanza Tipe S

    Mobil Toyota Avanza Tipe S
    Avanza tipe S (olxautos.co.id)

    Toyota Avanza Tipe S menjadi mobil yang memiliki fitur lebih banyak dari tipe E dan tipe G. Namun pada tipe S ini sudah disematkan fitur sensor parkir belakang, menggunakan pengereman ABS serta velg yang lebih besar, yaitu velg alloy 15 inci dengan tampilan berbeda.

    Memiliki body kit pada seluruh body, Toyota Avanza Tipe S terlihat lebih elegan dari tipe-tipe lainnya. Selain itu mesin yang digunakan merupakan mesin berkapasitas 1.492 cc dengan pilihan transmisi manual maupun otomatis.

    Namun sejak dirilis tipe Veloz, Toyota Avanza Tipe S ini sudah tidak dirilis lagi karena posisinya sudah digantikan dengan Toyota Avanza Tipe Veloz.

    Baca juga: Seberapa Iritkah Konsumsi BBM Avanza? Ini Faktanya!

    Toyota Avanza Tipe Veloz

    Mobil Toyota Avanza Tipe Veloz
    Toyota Avanza New Veloz 2021 (olxautos.co.id)

    Tipe Veloz menjadi tipe Toyota Avanza paling mahal saat ini. Toyota Avanza Veloz memang memiliki banyak keunggulan dari tipe lainnya. Paling utama penampilannya yang semakin menonjol. Terlihat pada bagian grill depan dengan aksen chrome, lampu kabut yang didesain lebih sporty serta spoiler belakang yang menambah kesan makin keren. Pada tipe ini juga menggunakan velg alloy 15 inci.

    Head unit pada mobil ini sudah dilengkapi dengan sarana hiburan yang cukup mumpuni dengan USB, AUX dan disematkan 6 speaker. Bahkan ada pula layar LCD yang disematkan pada bagian tengah di bawah AC di kabin.

    Baca juga: All New Toyota Veloz, Mobil Avanza Tapi Lebih Mewah

    Pada tipe ini ada dua pilihan kapasitas mesin yaitu 1.3 L dan 1.5 L dengan dua tipe transmisi manual dan otomatis. Toyota Avanza Tipe Veloz pun menjadi mobil yang cocok untuk perjalanan jauh dan liburan karena konsumsi bahan bakarnya yang irit.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait