Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriCari Crossover Bergaya Elegan? Suzuki SX4 S-Cross Paling Direkomendasikan

    Cari Crossover Bergaya Elegan? Suzuki SX4 S-Cross Paling Direkomendasikan

    Menjadi tipe mobil kompak crossover, Suzuki SX4 S-Cross punya tampilan paling elegan tapi juga garang.

    JAKARTA – Suzuki SX4 S-Cross merupakan mobil kompak crossover yang dikembangkan oleh Suzuki bersama produsen mobil Italia, Fiat. Sudah dijual sejak tahun 2006 mobil ini memiliki beberapa perubahan dan pada penampilan dan fitur yang melengkapi mobil kompak satu ini.

    Pada generasi awalnya, mobil ini hadir dengan tipe hatchback dan sedan, sedangkan untuk generasi keduanya masuk dalam kategori SUV kompak yang diberi nama Suzuki SX4 S-Cross. 

    Mobil ini diluncurkan pada gelaran Paris Motor Show bulan September 2012 yang kala itu masih menjadi mobil konsep. Lalu pada 11 Agustus 2016 mobil Suzuki SX4 S-Cross diluncurkan di Indonesia pada acara GIIAS 2016 di Jakarta. Akhir tahun 2017, Suzuki pun menghadirkan versi facelift dari Suzuki SX4 S-Cross yang tampil lebih menarik.

    Sebagai mobil tipe SUV kompak Suzuki SX4 S-Cross menarik cukup banyak minat pecinta otomotif. Mengusung tagline “The New Tough Crossover”, mobil ini menjadi salah satu crossover dengan kapasitas 5 penumpang yang menjadi salah satu pilihan terbaik dan memiliki gaya yang elegan.

    Desain kompak seperti hatchback dengan dipadukan bersama spesifikasi khas SUV membuat sensasi mengendarai mobil ini berbeda. Berkendara nyaman ala sedan namun tangguh dalam melibas medan jalan yang menantang.

    Baca juga: Apa Itu Crossover? Mobil Yang Sedang Populer di Indonesia!

    Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memiliki mobil ini bisa menyimak penjelasan mengenai review mobil Suzuki SX4 S-Cross di bawah ini.

    Spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross

    Spesifikasi mobil Suzuki SX4 S Cross

    Didesain sebagai mobil tangguh untuk pengendaraan di dalam dan luar kota, Suzuki SX4 S-Cross memiliki kemampuan untuk melibas segala medan. Mobil ini pun dibekali dengan mesin M15A, dengan kapasitas 1.491 cc dan menggunakan teknologi DOHC VVT dengan 4 silinder yang memiliki 16 Katup. Transmisi pada mobil ini menggunakan 5 percepatan manual dan 6 percepatan otomatis. 

    Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan oleh mesin ini adalah 107 dk pada putaran mesin 6.000 rpm. Serta torsi maksimum 138 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm. Untuk sistem bahan bakarnya sendiri ia menggunakan Multi-Point Injection.

    Pada kaki-kakinya, mobil crossover ini menggunakan suspensi depan dengan MacPherson strut with coil spring dan suspensi belakang dengan Torsion beam with coil spring. Pada pengeremannya ia menggunakan Ventilated disc untuk depan dan belakang menggunakan disc. 

    Baca juga: Mobil Crossover Terbaik Indonesia, Paling Irit & Bertenaga

    Interior Suzuki SX4 S-Cross

    Interior mobil Suzuki SX4 S Cross

    Masuk ke dalam kabin Suzuki SX4 S-Cross, Anda akan merasakan nuansa kabin yang nyaman dan lega pada SUV kompak satu ini. Panel instrumen pada mobil ini menggunakan aksen biru-hitam dengan layar MID yang penuh warna. 

    Pada bagian dashboard yang terbuat dari bahan plastik ini disematkan head unit 7 inci dengan teknologi layar sentuh yang sudah terkoneksi dengan Bluetooth, 2 port USB, 1 post AUX ditambah 1 port HDMI untuk fungsi mirroring dengan smartphone Anda. 

    Untuk kemudinya sudah memiliki beberapa tombol yang bisa mengatur beberapa fitur yang terdapat pada mobil Suzuki SX4 S-Cross. Tombol-tombol yang ada pada pengemudi memiliki fungsi cruise control paddle shift, serta pengaturan audio dan telepon via Bluetooth.

    Kursi pada mobil Suzuki SX4 S-Cross ini sudah dilapisi dengan kulit yang membuat penampilannya semakin elegan. Serta kursi ini sudah dilengkapi dengan pengaturan sliding, reclining, dan height adjuster. 

    Bagasi pada mobil kompak SUV ini bisa dibilang cukup besar karena mampu menampung volume hingga 430 liter. Selain itu kursi belakang pun dapat dilipat agar ruang bagasi semakin lebar. 

    Eksterior Suzuki SX4 S-Cross

    Eksterior mobil Suzuki SX4 S Cross

    Kesan yang muncul saat melihat Suzuki SX4 S-Cross ini terlihat garang dengan grill beraksen chrome yang cukup besar di depan dan disematkan logo Suzuki di tengahnya. Grill dengan desain single kidney ini menjadikan penampilannya lebih menarik seperti mobil BMW dengan double kidneynya. 

    Pada bagian lampu depan yang dibuat lebih padat, dengan LED DRL standar. Selain itu Suzuki sudah memberikan lampu HID untuk lampu depan dengan tambahan fitur auto leveling serta auto on-off untuk lampu proyektor. 

    Bagian belakang mobil Suzuki SX4 S-Cross ini punya penampilan yang dinamis. Bagian belakang juga sudah ditanamkan empat sensor parkir tanpa adanya kamera parkir. Sudah dilengkapi dengan wiper belakang, roof spoiler dan rear skid plate berwarna silver untuk pelengkap. 

    Baca juga: Inikah Model Crossover Pertama di Dunia?

    Fitur Suzuki SX4 S-Cross

    Cukup banyak fitur yang disematkan pada mobil Suzuki SX4 S-Cross untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Pada sisi hiburan sudah menggunakan audio switch control dengan koneksi Bluetooth untuk panggilan telepon, hingga layar infotainment dari head unit 7 inci dengan teknologi layar sentuh. Head unit ini pun bisa disambungkan dengan smartphone melalui sambungan Bluetooth.

    Pada pegangan pintu depan terlihat tombol smart entry yang menandakan bahwa mobil ini sudah mendapatkan fitur keyless entry. Selain itu juga ada tombol start/stop button untuk mempermudah menyalakan dan mematikan mesin mobil.

    Pada sisi keamanannya, mobil ini sudah dilengkapi dengan 7 airbag, kontrol stabilitas, pembatas kecepatan, pemantauan tekanan ban. Selain itu ada bantuan rem darurat yang menyebarkan pengereman maksimum. Selain itu ada pula fitur isofix atau pengait tempat duduk anak.

    Harga Suzuki SX4 S-Cross Baru

    Dari penjelasan di atas pasti Anda sudah memiliki sedikit gambaran mengenai mobil Suzuki SX4 S-Cross. Mobil keluaran Suzuki ini untuk mobil barunya tersedia dengan tipe New SX4 S-CROSS AT dengan harga Rp340.400.000. 

    Harga Suzuki SX4 S-Cross Bekas

    Sedangkan untuk varian mobil bekasnya memiliki harga bervariatif tergantung tahun mobil tersebut. Kisaran dari harga Suzuki SX4 S-Cross ini pun di rentang harga Rp150 hingga Rp250 untuk tahun yang lebih muda.

    Namun sebelum membeli mobil bekas, pastikan untuk memilih dealer maupun showroom mobil bekas yang terpercaya dan dapat memberikan garansi pada unit yang Anda beli, salah satunya ialah OLX Autos.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait