Selasa, Agustus 12, 2025
OtomotifMobilSama-Sama Jadul, Apa Bedanya Mobil Antik, Klasik, dan Vintage?

Sama-Sama Jadul, Apa Bedanya Mobil Antik, Klasik, dan Vintage?

OLX News – Mobil antik, mobil klasik, dan mobil vintage, apa bedanya? Pecinta otomotif sering pakai istilah-istilah ini bergantian ketika merujuk pada mobil jadul atau tua. Tapi kenyataannya, ketiga istilah tersebut memiliki arti yang berbeda. Tiap label punya rentang usia dan keunikan masing-masing. Jadi, kamu perlu mengerti dulu apa bedanya mobil antik, klasik, dan vintage!

- Advertisement -

Apa Itu Mobil Antik?

Di kebanyakan kalangan, mobil disebut antik kalau usianya sudah 45 tahun ke atas. Namun, ada juga perusahaan asuransi yang menetapkan standar lebih tinggi, bahkan sampai 50 tahun ke atas. Jadi, kendaraan roda empat yang pembuatannya sebelum 1980 bisa masuk kategori mobil antik.

Tapi, umur itu baru permulaannya. Mobil ini bukan cuma tua, tapi juga punya nilai sejarah. Mobil-mobil ini bagaikan kapsul waktu yang membawa kita ke masa lalu. Semuanya mencerminkan perkembangan teknik, gaya desain, dan pergeseran budaya di awal abad ke-20.

- Advertisement -

Salah satu contoh mobil antik yang bikin ngiler adalah Ford Model T tahun 1915. Punya julukan “the car that put the world on wheels,” mobil ini termasuk salah satu kendaraan antik paling legendaris sepanjang masa. Desainnya sederhana, tapi produksi massalnya benar-benar jadi game changer buat dunia transportasi.

Singkatnya, beli mobil antik itu sama seperti menyimpan pameran museum di garasi sendiri. Ini bagian dari sejarah yang bisa kamu sentuh, bawa jalan-jalan, dan tunjukkan dengan penuh kebanggaan.

- Advertisement -

 

mobil antik

Apa Itu Mobil Klasik?

Umumnya, mobil tergolong klasik kalau umurnya 20-44 tahun. Jadi, kendaraan yang produksinya antara awal 1980-an sampai awal 2000-an sering kali masuk di kategori ini. Kalau mobil antik dipuja karena kelangkaannya, mobil klasik lebih dikenal karena desainnya, dampak budaya, dan nilai nostalgia yang kuat.

Adapun ciri khas mobil klasik masih terasa lewat dial analog, aksen krom, dan sensasi berkendara old school yang tidak bisa ditiru. Beberapa masih bisa kamu kendarai, asal hati-hati. Tapi kebanyakan pemilik lebih suka menggunakannya sebagai cruiser akhir pekan atau barang koleksi.

Misalnya, model awal Toyota Kijang terkenal karena desainnya yang simpel dan andal. Banyak keluarga Indonesia mengenal SUV klasik ini sejak lama. Jadi, wajar kalau Kijang jadi icon nostalgia dalam sejarah otomotif Tanah Air.

Apa Itu Mobil Vintage?

Mobil vintage berarti mobil yang dibuat pada rentang tahun 1919-1930. Era ini punya arti penting dalam sejarah otomotif, tepat pasca Perang Dunia I dan sebelum Depresi Besar. Vintage jadi gambaran masa emas desain dan inovasi mobil.

Mungkin kamu penasaran, apa bedanya mobil ini dengan mobil antik? Pertanyaan bagus! Seperti tadi dijelaskan, mobil antik umumnya berumur 45 tahun ke atas, tanpa memandang tahun pembuatannya secara spesifik.

Artinya, mobil antik bisa saja dari tahun 1920-an (jadi juga termasuk vintage), tapi juga bisa dari tahun 1960-an, yang tentu tidak termasuk vintage.

Intinya, semua mobil vintage termasuk antik (karena umurnya sudah sangat tua). Tapi, tidak semua yang antik itu vintage (karena antik sendiri mencakup lebih banyak jenis mobil tua).

Contoh mobil vintage yang mendunia yaitu Rolls-Royce Phantom I tahun 1925. Di masanya, mobil ini jadi lambang kemewahan dan prestige, mengombinasikan kerajinan tangan yang istimewa dan performa tangguh. Sampai hari ini, Phantom I masih jadi buruan kolektor di seluruh dunia.

Setelah mengerti bedanya, mungkin kamu jadi terinspirasi buat memulai koleksi sendiri. Intip OLX, di mana kamu bisa lihat ribuan koleksi mobil klasik, terhubung dengan penjual tepercaya, dan cari mobil impian yang sudah menunggu kamu. Petualangan baru kamu dimulai di sini!

Populer.
Reka Harnis
Reka Harnis
Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
Berita Terkait