Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikSeberapa Sering Karpet Rumah Harus Dibersihkan?

    Seberapa Sering Karpet Rumah Harus Dibersihkan?

    Ini dia cara mudah menentukan kapan harus membersihkan karpet di rumah kamu.

    News.OLX – Menjaga karpet di rumah agar tetap bersih dan terawat memang memerlukan perhatian yang ekstra. Apalagi jika karpet rumah kamu sering digunakan oleh penghuni rumah untuk beraktivitas di atasnya atau yang memiliki hewan peliharaan.

    Sehingga, kamu wajib memiliki jadwal khusus untuk mencuci karpet rumah minimal 6 hingga 12 bulan sekali demi menjaga kualitas bahan karpet dan juga mempertahankan kebersihan pada barang ini.

    Nah, seberapa sering kamu harus membersihkan karpet rumah tergantung pada beberapa faktor juga, mulai dari lalu lintas kaki, apakah ada anggota keluarga yang memiliki alergi, dan kebiasaan perawatan harian. Berikut adalah panduan singkat untuk kamu:

    1. Lalu lintas kaki

    Jika karpet sering dilalui atau menjadi tempat beraktivitas utama, karpet sebaiknya dibersihkan setiap 6 hingga 12 bulan. Sebab, karpet yang sering dilalui oleh banyak orang atau individu yang sensitif terhadap alergen memerlukan perawatan lebih rutin.

    karpet (3)

    2. Hewan peliharaan

    Jika kamu memiliki hewan peliharaan, terutama yang berbulu, potensi kotoran dan kuman dari luar terbawa masuk ke dalam rumah akan lebih besar. Hewan peliharaan dalam ruangan juga berpotensi pipis di atas karpet.

    Untuk itu, pembersihan mendalam setiap 6 hingga 12 bulan saja tidak cukup, kamu juga perlu membersihkan noda dari pipis hewan atau tumpahan lainnya untuk mencegah noda dan bau yang menetap.

    3. Alergi

    Karpet yang kotor bisa memperburuk kondisi alergi, asma, atau demam. Jika ada anggota keluarga yang memiliki alergi, sebaiknya karpet dibersihkan dengan uap setiap tiga hingga enam bulan. Penggunaan vakum dengan filter HEPA juga bisa membantu menjaga alergen tetap terkendali.

    4. Perokok

    Jika ada anggota keluarga yang merokok, karpet juga harus sering dibersihkan. Hindari menggunakan pengharum ruangan untuk menyamarkan bau asap rokok. Sangat disarankan untuk membersihkan karpet secara profesional setiap tiga hingga enam bulan.

    5. Tipe dan warna karpet

    Material karpet dan warnanya juga bisa memengaruhi frekuensi pembersihan. Karpet dengan warna terang cenderung lebih cepat terlihat kotor, sedangkan karpet dengan warna gelap umumnya lebih bisa menyembunyikan noda. Jenis serat karpet juga memainkan peran dalam seberapa banyak debu yang menempel.

    Ingatlah bahwa panduan singkat di atas bersifat umum, sehingga kebutuhan pembersihan karpet dapat bervariasi sesuai dengan bagaimana karpet digunakan dan memperhatikan kondisi sehari-hari di rumah kamu.

    Lebih baik untuk memantau kondisi karpet secara berkala dan menyesuaikan jadwal pembersihan berdasarkan kebutuhan khusus rumah kamu.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar di OLX. Selain itu, kamu juga bisa cari berbagai barang bekas dengan download aplikasi OLX di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait