Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikSeberapa Sering Servis AC Rumah Harus Dilakukan?

    Seberapa Sering Servis AC Rumah Harus Dilakukan?

    Servis AC rutin bisa hemat biaya listrik dan mencegah kerusakan AC, berikut tipsnya.

    News.OLX – Servis AC wajib dilakukan secara berkala. Sebaiknya servis AC juga perlu dilakukan oleh teknisi profesional agar memenuhi semua tujuannya.

    Apalagi, AC merupakan perangkat elektronik yang sangat penting dalam menciptakan kenyamanan di dalam ruangan. Hal ini terutama di iklim tropis seperti Indonesia yang cukup panas.

    Lalu apa alasan mengapa servis AC begitu penting? Berikut penjelasannya

    1. Menjaga performa AC

    AC yang kotor dan tidak terawat dapat bekerja kurang efisien dan tidak dapat menghasilkan suhu dingin yang diinginkan. Hal ini dapat menyebabkan konsumsi listrik yang lebih tinggi dan mempercepat kerusakan AC.

    2. Meningkatkan efisiensi energi

    AC yang bersih dan terawat dapat bekerja lebih efisien, sehingga dapat menghemat biaya listrik. Hal ini dikarenakan AC yang kotor dapat membuat kompresor bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan.

    3. Menjaga kesehatan

    AC yang kotor dan tidak terawat dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti iritasi mata dan tenggorokan.

    Selain itu, AC yang kotor juga dapat menyebabkan kerusakan komponen-komponen AC, seperti evaporator, filter udara, dan kompresor.

    Seberapa sering servis AC harus dilakukan?

    Secara umum, servis AC rumah sebaiknya dilakukan setiap 3 bulan sekali. Namun, frekuensi ini dapat disesuaikan dengan beberapa faktor, seperti berikut ini.

    1. Pemakaian AC

    Semakin sering AC digunakan, maka semakin cepat pula kotoran dan debu menumpuk di dalamnya. Oleh karena itu, AC yang digunakan setiap hari perlu diservice lebih sering, yaitu setiap 2 bulan sekali.

    2. Kondisi ruangan

    Jika ruangan tempat AC dinyalakan memiliki kondisi yang kotor, seperti banyak debu, asap, atau asap rokok, maka AC perlu diservice lebih sering.

    3. Jenis AC

    AC jenis split umumnya lebih mudah dibersihkan dan dirawat dibandingkan AC jenis window. Oleh karena itu, AC jenis split dapat diservice dengan frekuensi yang lebih rendah.

    servis ac (1)

    Apa saja yang dilakukan saat servis AC?

    Pada saat servis AC, teknisi profesional akan melakukan untuk menjaga alat pendingin tersebut tetap bekerja optimal. Adapun yang dilakukan adalah sebagai berikut.

    1. Pembersihan evaporator

    Evaporator adalah bagian AC yang berfungsi untuk menyerap panas dari udara di ruangan. Jika evaporator kotor, maka proses penyerapan panas akan menjadi kurang efektif. Hal ini dapat menyebabkan AC bekerja lebih keras dan konsumsi listrik yang lebih tinggi.

    2. Pembersihan filter udara

    Filter udara berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran dari udara yang masuk ke AC. Jika filter udara kotor, maka udara yang dihembuskan AC akan menjadi kurang bersih. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti iritasi mata dan tenggorokan.

    3. Penggantian oli kompresor

    Oli kompresor berfungsi untuk melumasi komponen-komponen kompresor. Jika oli kompresor sudah habis atau kotor, maka kompresor akan bekerja lebih keras dan dapat menyebabkan kerusakan.

    4. Pemeriksaan komponen lainnya

    Selain pembersihan dan penggantian oli kompresor, teknisi service AC profesional juga akan memeriksa komponen-komponen lainnya, seperti kipas, motor, dan termostat. Jika ditemukan komponen yang rusak, maka akan segera diganti.

    Pertimbangkan teknisi profesional

    Lakukan servis AC secara berkala. Dengan melakukan servis AC secara berkala, kamu dapat mencegah terjadinya kerusakan AC yang lebih serius. Hal ini dapat menghemat biaya servis AC di masa mendatang.

    Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa servis AC, sebaiknya kamu perlu membandingkan harga dari beberapa jasa servis AC. Hal ini dapat membantu mendapatkan harga terbaik.

    Kamu juga perlu mempertimbangkan untuk memilih jasa servis AC yang profesional. Pastikan kamu memilih jasa servis AC yang profesional dan berpengalaman. Hal ini untuk memastikan bahwa AC ditangani dengan baik dan profesional.

    Servis AC penting dilakukan untuk menjaga performa AC agar tetap optimal, meningkatkan efisiensi energi, dan mencegah terjadinya kerusakan. Frekuensi servis AC dapat disesuaikan dengan beberapa faktor, seperti pemakaian AC, kondisi ruangan, dan jenis AC.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait