Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikIni Setelan AC Mobil yang Tepat Biar Awet dan Dingin Terus

    Ini Setelan AC Mobil yang Tepat Biar Awet dan Dingin Terus

    Ini Setelan AC Mobil yang Tepat Biar Awet dan Dingin Terus

    News.OLX – Banyak orang yang menggunakan mobil untuk kenyamanan berkendara. Salah satunya berkat adanya AC mobil. AC mobil berfungsi untuk menjaga temperatur dalam kabin, sehingga menjadi lebih sejuk dan dapat disesuaikan dengan keinginan pengemudi ataupun penumpang.

    Oleh karena itu, penting jika pemilik kendaraan untuk selalu menjaga kondisi AC mobil agar bisa berfungsi dengan baik. Salah satu langkah yang dapat diambil agar AC mobil tetap awet dan berfungsi dengan baik adalah dengan melakukan penyetelan yang tepat saat menggunakannya.

    Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyetel AC mobil agar tetap awet dan memiliki kinerja optimal.

    1. Menyalakan AC saat idle

    Saat mobil baru saja dinyalakan, jangan langsung menyalakan AC. Hal ini dikarenakan mesin mobil masih dingin. Sedangkan, kondisi paling baik untuk mengaktifkan AC adalah saat suhu mesin mulai meningkat dna kendaraan dalam kondisi idle.

    Hal tersebut dikarenakan saat suhu mesin rendah, AC dapat membebani mesin lebih berat dan mempengaruhi kinerja pendingin mesin. Namun, jika dalam kondisi idle, maka beban kerjanya pada mesin lebih rendah.

    Hal ini memungkinkan mesin untuk memberikan daya yang cukup untuk menjalankan AC dengan efisien. Dengan mengaktifkan AC pada kondisi idle, maka kamu memberikan kesempatan bagi sistem AC beroperasi dengan efektif dan menghasilkan udara dingin.

    2. Menyalakan suhu normal

    Hindari pengoperasian AC pada suhu ekstrem yang terlalu rendah atau bahkan terlalu tinggi. Gunakan AC tetap pada suhu yang nyaman, yakni rentang 22-24 derajat celcius, kemudian atur kecepatan angin di level pertama saja.

    Namun, jika ternyata mobilmu sudah cukup lama terparkir di tempat panas atau di bawah sinar matahari langsung, maka cara menyetel ACnya adalah secara bertahap, akni dari level pertama kemudian dulu.

    Setelah itu baru atur temperatur kesejukan sekitar 20 derajat celcius. Kamu pun wajib untuk membuka kaca mobil sambil menyalakan AC agar udara panas yang terperangkap di kabin cepat keluar.

    Setelah suhu di kabin mulai menurun, tutup kembali jendela mobil untuk mencegah masuknya udara kotor ke dalam kabin. Kamu diperkenankan untuk mengatur ulang suhu AC sesuai preferensi maison-masing.

    AC mobil (4)

    3. Gunakan fitur auto

    Jika mobil sudah dilengkapi dengan fitur otomatis auto pada sistem AC, disarankan untuk mengaktifkan fitur tersebut saat pertama kali menggunakan AC. Dengan mengaktifkannya, AC akan otomatis menyesuaikan dengan suhu di dalam kabin.

    Fitur auto pada sistem AC ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kinerja yang optimal tanpa perlu campur tangan pengguna secara manual.

    Kamu pun bisa mengatur suhu dan kecepatan angin kepada sistem cerdas untuk menciptakan kondisi yang nyaman di dalam kabin.

    Tentunya jika mobil AC kamu mau lebih awet dan terhindar dari kerusakan, kamu bisa coba cara-cara di atas ya.

    Selain itu, Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait