Sabtu, Juni 22, 2024
Lainnya
    BeritaSinergi Shell dan ITDC di Shell Eco-marathon, Kontribusi Nyata Peningkatan Sektor Pariwisata...

    Sinergi Shell dan ITDC di Shell Eco-marathon, Kontribusi Nyata Peningkatan Sektor Pariwisata di Mandalika

    “Sinergi Shell dan ITDC dalam kegiatan Shell Eco-marathon memberi kontribusi nyata peningkatan pariwisata di Mandalika,” tegas Troy Reza Warokka, Direktur Operasi InJourney Tourism Development Corporation (ITDC)

    OLX News – Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 akan digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 2-6 Juli 2024 mendatang.

    Terhitung sejak tahun 2022 lalu, event kompetisi inovasi global yang menantang generasi muda untuk merancang, membuat, dan menguji kendaraan hemat energi ini sudah terlaksana sebanyak tiga kali di Mandalika. 

    Troy Reza Warokka, Direktur Operasi InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai perusahaan pemegang hak pengelolaan kawasan pariwisata Mandalika, Nusa Tenggara Barat menyebut Shell Eco-marathon sebagai sinergi positif yang harus terus didukung.

    “Penyelenggaraan Sheel Eco-marathon di Mandalika memberikan dampak ekonomi yang cukup positif. Kita melihat pelaksanaan tahun lalu, okupansi hotel meningkat 85%. Saya ucapkan terima kasih kepada Shell karena kegiatan ini menegaskan konstribusinya terhadap dunia pariwisata di Indonesia melalui kegiatan ini. Jadi tanpa basa basi saya katakan, semua yang ada di sini, yang terlibat dalam kegiatan ini merupakan kontributor peningkatan pariwisata di Indonesia, khususnya di Mandalika,” tegas Troy di Kemang, Selasa (11/6/2024).

    Sinergi Shell dan ITDC di Shell Eco-marathon 2024
    Troy Reza Warokka, Direktur Operasi InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) di acara press conference Shell Eco-marathon 2024

    Selain menggelar kompetisi balap kendaraan hemat energi tingkat dunia, Shell Eco-marathon 2024 juga memiliki side events untuk pemberdayaan generasi muda. 

    Acara tersebut antara lain seperti Shell LiveWIRE atau program pengembangan wirausaha muda di bidang energi, Shell NXplorers yang merupakan program edukasi generasi muda tentang critical thinking dan creative problem solving, dan Shell Indonesia Women’s Network.

    Menurutnya, sinergi Shell dan ITDC di Shell Eco-marathon yang berlangsung di Sirkuit Mandalika ini bukan hanya berdampak kepada mahasiswanya saja, tapi secara keseluruhan juga berdampak kepada lingkungan, baik itu lingkungan sosial maupun lingkungan ekonominya. 

    “Saya tahun lalu bicara dengan salah satu pelaku UMKM disana dan mendengarkan dari mereka. Mereka bilang acara ini bukan ‘kaleng-kaleng’ karena mendatangkan keuntungan juga bagi mereka yang ikutan bazaar di acara tersebut. Mahasiswa banyak yang beli dan mereka juga repeat order,” ungkap Troy menjelaskan bagaimana sinergi Shell dan ITDC memberi kontribusi nyata atas peningkatan pariwisata di Mandalika.

    Lebih jauh, Troy juga membeberkan bahwa Shell Eco-marathon sudah menjadi tonggak penting bagi Sirkuit Mandalika itu sendiri. 

    “Shell Eco-marathon sudah jadi bagian dari 200 aktivasi yang terjadi di Sirkuit Mandalika. Artinya apa? Shell itu sudah menjadi salah satu tonggak penting Sirkuit Mandalika. Begitu kita bicara Shell, artinya kita bicara satu brand internasional, dan Indonesia mampu meng-hosting satu acara level dunia dengan suksesnya pelaksanaan Shell Eco-marathon. Jadi buat kami, dengan kesempatan yang diberikan sampai tiga kali, ini adalah sebuah apresiasi, sekaligus merupakan tantangan. Sebagai sebuah kawasan pariwisata yang kebetulan di dalamnya ada sirkuit, kita harus terus meningkatkan pelayanan dan kelengkapannya, dan kita terus berbenah tidak ada yang duduk-duduk manis, karena bicara Mandalika tentu bicara Indonesia. Shell Eco-marathon itu pesertanya tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi dari banyak negara. Itu kan luar biasa dan dampaknya bagus. Makanya kami pertegas, kegiatan seperti ini wajib kita dukung, bukan hanya oleh institusi BUMN tetapi juga dari institusi yang lainnya karena ini bawa nama bangsa,” pungkasnya.

    Shell Eco-marathon 2024

    Shell Eco-marathon 2024 yang digelar di Sirkuit Mandalika diikuti oleh sekitar 80 tim pelajar dari 12 negara di kawasan Asia-Pasifik dan Timur Tengah di antaranya dari Arab Saudi, Brunei Darussalam, Filipina, India, Kazakhstan, Korea Selatan, Malaysia, Qatar, Thailand, Tiongkok, dan Vietnam.

    Download aplikasi OLX melalui Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan berbagai berita otomotif menarik lainnya. (Z)

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait