Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBaterai Mobil Listrik Drop, Lakukan Hal Ini

    Baterai Mobil Listrik Drop, Lakukan Hal Ini

    Komponen ini yang perlu kamu ganti saat baterai mobil listrik drop!

    News.OLX – Salah satu kekhawatiran pengguna mobil listrik adalah baterai mobil drop atau bocor. Kondisi ini menyebabkan mesin tidak bisa dihidupkan. Umumnya, ini disebabkan oleh kerusakan cell baterai atau pemilik yang abai pada kesehatan baterai mobil listriknya.

    Namun tidak menutup kemungkinan baterai mobil listrik drop setelah 10 tahun. Hal ini wajar terjadi sekalipun pengguna mobil listrik menggunakan mobil dalam pemakaian ideal. Battery health mobil akan turun sekitar 20 persen karena baterai lithium-ion ada batas usia pakainya.

    Mobil listrik tipe Battery Electric Vehicle (BEV) tentu membutuhkan tenaga baterai sebagai energi utama. Sementara mobil listrik tipe hybrid dan plug in peran baterainya dapat digantikan oleh mesin bensin.

    Lantas bagaimana jika baterai mobil listrik drop?

    Jika baterai mobil listrik sudah drop, hal ini bukan berarti seluruh rangkaian baterai harus diganti. Melainkan, ada beberapa komponennya saja. Baterai mobil listrik disusun dalam sejumlah modul yang setiap modulnya berisi sel baterai.

    Pemilik mobil listrik hanya perlu mengganti modul yang mengalami drop paling besar saja. Sebenarnya ada alat khusus yang bisa memonitor setiap battery health modul dalam rangkaian baterai.

    Model dengan persentase battery health paling rendah saja yang akan diganti agar bisa menyeimbangkan kinerja modul baterai lainnya dan bisa dipakai untuk 8 hingga 10 tahun ke depan lagi.

    Mobil listrik (12)

    Lakukan ini jika baterai mobil listrik drop

    Jika kamu mengalami baterai mobil listrik drop atau bocor, jangan panik. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

    1. Hubungi bengkel resmi

    Hal yang pertama kali perlu kamu lakukan adalah langsung menghubungi bengkel resmi dan biarkan posisi mobil pada tempatnya sebelum bantuan resmi datang.

    Umumnya memang pabrikan mobil listrik memiliki layanan road assistance untuk kejadian tak terduga. Contohnya seperti baterai mobil listrik daya turun, baterai drop, mogok dan lainnya.

    2. Jangan bongkar baterai

    Jangan berusaha untuk membongkar isi baterai mobil listrik daya turun. Hal ini berbahaya karena baterai mobil listrik adalah sumber energi yang besar. Meskipun kondisi baterai drop ataupun habis total, baterai dikhawatirkan masih menyimpan sejumlah arus.

    3. Jangan mendorong mobil

    Jangan mendorong mobil listrik dengan alasan apapun saat kondisi baterai mobil listrik drop. Jika memang terhenti di tengah jalan, pasang tanda darurat.

    Kegiatan mendorong mobil saat baterai mobil habis dapat merusak komponen di dalam sistem penggeraknya.

    Untuk itu menghindari agar baterai mobil listrik tidak drop, pastikan untuk menjaga kesehatan baterai dengan rutin mengeceknya pada bengkel resmi. Lalu, biasakan untuk mengisi penuh baterai sebelum tersisa 50 persen.

    Selain itu, perkirakan dan perhitungkan juga dimana posisi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di jalur yang akan dilewati sehingga tidak kehabisan daya di jalan.

    Yuk mulai sekarang rutin cek kondisi baterai mobil listrik kamu sesuai anjuran buku panduan, dan tentunya gali informasi lainnya seputar mobil listrik atau otomotif lainnya dengan mengakses OLX.

    Kamu juga dapat membeli mobil atau motor impian kamu di OLX Member of Astra sekarang juga. Yuk kunjungi website OLX atau kamu dapat mengunduh aplikasi OLX di Play Store atau di App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait