Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriIntip Spesifikasi Mobil Toyota Supra, Mobil Sport Legendaris yang Eksis Sejak 1978

    Intip Spesifikasi Mobil Toyota Supra, Mobil Sport Legendaris yang Eksis Sejak 1978

    Mobil Toyota Supra merupakan salah satu merek mobil sport yang sudah sangat populer di kalangan pecinta otomotif. Dirilis sejak tahun 1978 untuk generasi pertamanya, mobil ini terus diproduksi dengan berbagai banyak perubahan yang signifikan.

    JAKARTA – Dilihat dari sisi sejarahnya, mobil Toyota Supra tidak lepas dari pendahulunya yaitu Toyota 2000GT yang diluncurkan lebih lama yaitu pada tahun 1967. Mobil ini sempat muncul dalam film James Bond dengan judul “You Only Live Twice”.

    Biasanya mobil-mobil dalam film James Bond menjadi salah satu mobil paling keren dan banyak diminati pecinta otomotif hingga sekarang.

    Pada generasi pertama, pasti banyak yang familiar dengan nama Celica Supra yang diposisikan sebagai sport car untuk mobilitas sehari-hari dan memiliki julukan ‘Pony Car’.

    Dari banyaknya sport car yang dirilis salah satu kesamaannya adalah bagian kap mesin panjang. Hal itu lantaran membawa mesin besar dan tentu membutuhkan ruang yang lebih banyak untuk dapur pacu.

    Alhasil.. ruang kemudi mobil tersebut terbatas dan biasanya hanya berisi dua penumpang.

    Generasi terbaru Toyota Supra 2022 yang belum lama ini dirilis sudah bisa dinikmati pecinta otomotif setelah tenggelam cukup lama. Menawarkan 7 varian warna,  Toyota Supra memiliki tampilan yang keren dan mesin dengan performa tinggi.

    Cukup banyak pecinta otomotif Indonesia yang menyukai mobil sport satu ini. Bahkan dalam perjalannya, Toyota Supra harga jualnya cenderung stabil  karena tidak sedikit yang menjadikan sebagai barang koleksi di garasi.

    Baca juga: Spesifikasi Toyota Supra MK4, Mobil Ikonik dalam Film Fast and Furious

    Spesifikasi Mobil Toyota Supra

    Toyota Supra terbaru saat ini ialah Toyota GR Supra 3.0 L A/T sebuah mobil sport untuk masyarakat yang menjadi opsi untuk tampil gaya dengan mesin performa tinggi dengan model yang keren.

    Model mesin depan dengan mode penggerak Rear Wheel Drive (RWD), mesin tipe B58 berkapasitas 2988cc ini berteknologi DOHC 6 silinder in-line dan 24 valve dengan Chain Drive with Variable Timing (I/EX). Toyota Supra memiliki 8 percepatan transmisi otomatis (A/T) dan sistem Direct Injection pada bahan bakarnya.

    Selain itu Toyota Supra pun mengusung Twin-scroll Turbocharger dan mampu menghasilkan tenaga hingga 387 PS/285 KW per 5.800-6.500 RPM dengan torsi maksimum 50.5 Kgm/500 Nm per 1.800-5.000 RPM.

    Mobil yang dapat melaju dengan kecepatan tinggi tersebut tentu harus dilengkapi dengan pengereman kuat dan ruang kemudi nyaman. Pada Toyota Supra sudah menggunakan  Double-Joint Type MacPherson Strut di bagian depan dan Multi-Link di bagian belakang. Sementara itu, remnya memakai Ventilated Disc Brake dengan Fixed Caliper 4-Cylinder untuk bagian depan dan Floating Caliper 1-Cylinder untuk bagian belakang.

    Baca juga: Fantastis! Cuma Karena Nongol di Film Fast & Furious, Toyota Supra Ini Laku Rp 7 Miliar

    Interior Toyota Supra

    Interior mobil Toyota Supra
    Interior bagian dalam mobil Toyota Supra

    Masuk ke dalam mobil Toyota Supra langsung terasa kesan minimalis dengan kesan sporty. Menggunakan material berkualitas tinggi, panel-panel pada dashboard-nya pun mudah dijangkau seperti pengaturan audio, AC dan Start/Stop Engine.

    Pada setir kemudi terdapat Steering Switch yang memiliki fitur Cruise Control dan Speed Limiter. Di balik setir kemudi disematkan panel Multi Information Display (MID) yang didesain dengan konfigurasi digital bergaya racing. Sehingga tampak lebih berkelas dengan sensasi berkendara yang nyaman.

    Tidak lupa kursi mobil sport biasanya menjadi sebuah perhatian. Menggunakan material kulit berkualitas, Toyota Supra memperlihatkan kesan mewah dan nyaman pada bagian kursi.

    Pada bagian entertainment memang tidak banyak disematkan seperti dalam mobil keluarga, seperti layar LCD. Namun pada mobil ini sudah dilengkapi dengan audio stereo.

    Baca juga: Kerennya Toyota GR Supra Terbaru, Harganya 10 Kali Lipat Toyota Avanza

    Eksterior Mobil Toyota Supra

    Eksterior mobil Toyota Supra
    Tampilan luar mobil Toyota Supra

    Sebagai mobil sport, eksterior tentu menjadi salah satu bagian sangat penting. Toyota Supra memiliki 7 pilihan varian warna yang keren seperti  Prominence Red, Lightning Yellow, White Metallic, Silver Metallic, Matte Storm Grey, Ice Grey Metallic, dan Black Metallic.

    Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.380 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.290 mm dengan jarak poros roda (wheelbase) sepanjang 2.470 mm. Desainnya yang aerodinamis begitu melekat pada mobil ikonik satu ini. Lekukan pada Toyota Supra mengusung konsep Condensed Extreme L6 FR Toyota Sport yang menjadikan mobil ini berkesan sangat indah. 

    Mobil berkapasitas dua penumpang dengan dua pintu ini terlihat begitu elegan. Bobot body depan dan belakangan dengan rasio 50:50 membuat mobil ini bisa lebih responsif saat melewati tikungan.

    Pada bagian kaki-kaki mobil menggunakan tipe ban depan dan belakang yang berbeda, yakni 255/35 R19 pada ban depan dan 275/35 R19 pada ban belakang. Tidak disematkan body kit pada mobil sport ini, namun biasanya para pemilik Toyota Supra akan memodifikasi dan menambahkan body kit dari produsen ternama untuk menambah kesan semakin garang atau berbeda dari lainnya.

    Bagi yang mengikuti perkembangan mobil sport satu ini tentu sudah familiar dengan gaya headlamp-nya. Pada bagian lampu depan terlihat menjorok dan menyipit yang membuat penampilannya makin berkesan sporty. Setelah generasi mobil pertama, Toyota Supra memang cukup konsisten dengan gaya headlamp sipitnya yang membuatnya ikonik.

    Baca juga: Harga Rp 2 miliaran, Toyota Supra Siap Goda Orang Kaya Raya Indonesia

    Fitur Mobil Toyota Supra

    Sebuah mobil sport tentu akan menyematkan berbagai fitur keselamatan yang lengkap. Terdapat fitur 3-Points Seat Belt dengan pretensioner dan force limiter untuk menjaga keselamatan setiap penumpang saat berkendara. Pada sisi keselamatan lainnya juga dibekali dengan  fitur Dual SRS Airbags untuk meminimalisir cedera parah akibat kecelakaan.

    Pada saat berkendara, Toyota Supra memiliki fitur keselamatan seperti Vehicle Stability Control (VSC) yang juga tersedia untuk menjaga kendaraan tetap dalam keadaan stabil. Ketika Anda menikung, fitur Differential Lock akan membantu mengunci kedua ban mobil supaya tidak tergelincir atau terjadi slip.

    Bahkan saat mobil berjalan di jalanan lurus, pada kedua ban mobil akan aktif rasio penguncian yang meningkatkan performa traksi lebih optimal dan seimbang.

    Harga Toyota Supra

    Mobil Toyota Supra harganya cukup tinggi dibandingkan mobil lainnya. Harga Toyota Supra terbaru rata-rata bisa didapatkan dengan harga Rp1,9 miliar hingga Rp2 miliar. Ini menjadikannya salah satu sedan termahal Toyota di Indonesia.

    Apabila berniat untuk mencari Toyota Supra bekas, maka Anda harus lebih sabar. Perbanyak pencarian di situs jual beli online, para kolektor mobil atau car enthusiast.

    Berapa harga bekas Toyota Supra? Harga bekas Toyota Supra yang paling murah adalah Rp179.000.000, sedangkan yang paling mahal senilai Rp1.625.000.000.

    Jangan lupa siapkan pula dana yang cukup besar untuk melakukan perbaikan yang mungkin dibutuhkan pada mobil tersebut. Karena kebanyakan mobil bekas ini kondisinya sudah dimodifikasi.

    #PilihYangPasti, tentunya mobil ini pun bisa didapatkan melalui OLX Autos. Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait