Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikHarga Spion Mobil Bekas, Mulai Dari Rp 500 Ribuan

    Harga Spion Mobil Bekas, Mulai Dari Rp 500 Ribuan

    Harga spion mobil orisinil terbilang cukup mahal. Sebab itu, dalam beberapa kasus, marak terjadi pencurian spion mobil yang terjadi di pedesaan hingga perkotaan.

    News.OLX – Spion mobil, meskipun sering dianggap sepele oleh banyak pemilik mobil, adalah salah satu bagian yang memiliki peran penting dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara. 

    Kemampuan melihat situasi di sekitar kendaraan dengan jelas adalah salah satu faktor kunci dalam menjaga keselamatan berkendara. 

    Oleh karena itu, menjaga kondisi spion mobil kamu agar tidak dicuri serta merawatnya adalah langkah penting agar kamu merasa aman dan nyaman dalam berkendara. Lantas, bagaimana cara merawatnya? 

    Pentingnya spion mobil

    Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang harga spion mobil bekas, mari kita pahami mengapa spion mobil begitu penting. Spion mobil adalah salah satu alat yang membantu pengemudi melihat apa yang terjadi di belakang dan di sekitar mobil. 

    Baca juga: Seberapa Penting Manfaat Kaca Spion Digital Berkamera pada Mobil

    Komponen ini memungkinkan kamu untuk melakukan manuver dengan aman. Misalnya seperti berganti jalur atau parkir, tanpa harus mengandalkan hanya pada cermin belakang.

    Selain itu, spion mobil juga membantu mengurangi potensi bahaya saat berkendara. Spion dapat membantu kamu melihat kendaraan lain di sekitarnya, terutama saat melakukan manuver seperti berganti jalur atau berbelok. 

    Dengan kata lain, spion mobil adalah alat penting yang membantu menjaga keselamatan kamu, penumpang, dan pengguna jalan lainnya.

    Masalah umum pada spion mobil

    Spion mobil, seperti komponen lainnya, dapat mengalami berbagai masalah. Ini bisa termasuk kerusakan akibat kecelakaan, kondisi yang memburuk karena kurangnya perawatan, atau bahkan kerusakan karena tindakan pencurian. 

    Baca juga: 5 Merek Spion Tengah Berteknologi Tinggi Penunjang Keselamatan Berkendara

    Namun, tidak perlu khawatir jika kamu menghadapi masalah dengan spion mobil kamu, karena ada berbagai solusi yang tersedia. Salah satu solusi yang populer adalah mengganti spion mobil yang rusak dengan yang baru atau bekas. 

    Penggantian dengan spion baru mungkin menjadi pilihan yang mahal, terutama jika kamu memilih spion orisinil dari pabrik. Namun, ada alternatif yang lebih terjangkau, yaitu dengan menggunakan spion mobil bekas.

    Mengganti spion mobil dengan spion bekas

    Mengganti spion mobil dengan yang bekas adalah pilihan yang banyak dipilih oleh pemilik mobil yang ingin menghemat biaya perbaikan. Selain lebih terjangkau, spion bekas juga bisa memiliki kualitas yang baik, terutama jika kamu bisa menemukan spion bekas yang masih dalam kondisi bagus.

    Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Spion Mobil Juga Wajib Dirawat!

    Di pasar Asem Reges, Jakarta Barat, terdapat toko Jaya Motor yang merupakan tempat yang tepat untuk mencari spion bekas. Di lantai 2 pasar Asem Reges No. 45, kamu dapat menemukan beragam kaca spion untuk kendaraan kamu. 

    Toko ini menjual berbagai jenis spion, termasuk spion orisinil bekas khusus untuk mobil Jepang. Harga spion mobil bekas ini bervariasi, mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 500.000, tergantung pada merek dan jenisnya.

    Selain itu, toko Jaya Motor juga menyediakan jasa servis kaca spion. Harga perbaikan tergantung pada tingkat kerusakan, dengan kisaran harga mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 450.000. 

    “Servis spion Jepang atau Eropa memiliki perbedaan harga. Kami menyesuaikan biaya perbaikan berdasarkan seberapa parah kerusakan spion,” ungkap Cecep Sunandar, pemilik toko Jaya Motor.

    Baca juga: Begini Ciri-Ciri Fan Belt Mobil yang Akan Putus, Segera Ganti!

    Jadi, jika kamu berada di Jakarta Barat dan membutuhkan solusi terjangkau untuk mengganti atau memperbaiki spion mobil kamu, toko Jaya Motor di pasar Asem Reges adalah tempat yang patut kamu kunjungi.

    Spion bekas di Fatmawati, Jakarta Selatan

    Selain pasar Asem Reges di Jakarta Barat, kamu juga dapat mengunjungi toko seperti Acep Motor di pusat onderdil ITC Duta Mas Fatmawati, Jakarta Selatan. 

    Di sini kamu dapat menemukan berbagai tokok yang menawarkan berbagai jenis spion mobil bekas dengan harga yang bersaing. 

    Acep Motor berlokasi di lantai 2, No.42, salah satunya. Toko ini menyediakan beragam jenis kaca spion untuk konsumen. Menurut Sandi, salah satu pegawainya, kaca spion yang dijual memiliki beragam pilihan, termasuk yang orisinil maupun merek aftermarket. 

    Baca juga: Ciri-Ciri CVT Motor Matic Bermasalah dan Perlu Diservis

    “Semua spion bekas yang kita jual banyak yang orisinil dan kondisinya masih bagus. Karena jika kita beli dalam keadaan rusak, maka sebelum dijual lagi ke konsumen diservis dulu,” kata Sandi, mengutip Kompas.com.

    Namun, mayoritas spion yang mereka tawarkan adalah bekas dan masih dalam kondisi bagus. Sandi menjelaskan bahwa semua spion bekas yang dijual biasanya orisinil dan telah diperbaiki sebelum dijual kepada konsumen. 

    Dirinya mengatakan hal ini saat ditemui oleh KompasOtomotif di tokonya pada Senin, 16 November 2015. Sandi juga menjelaskan bahwa kaca spion terbagi menjadi dua kategori, yaitu untuk mobil merek Jepang dan Eropa. 

    Harga spion orisinil bekas untuk mobil Jepang berkisar mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 400.000, sementara spion untuk mobil Eropa dijual dengan harga mulai dari Rp 1,5 juta.

    Baca juga: Jangan Pakai Tool Kit Mobil Bekas Kalau Kondisinya Sudah Begini!

    “Kalau kondisi bekas, buat mobil Jepang dibanderol dari Rp 300 ribu sampai 400 ratusan. Kalau (mobil) Eropa dari Rp 1,5 juta,” terang dia.

    harga spion mobil (1)

    Pentingnya merawat spion mobil

    Setelah kamu mengganti spion mobil kamu, penting untuk merawatnya dengan baik agar tetap berfungsi dengan optimal. Berikut beberapa tips cara merawat spion mobil kamu.

    1. Segera bersihkan saat terkena hujan

    Musim hujan dapat menyebabkan kerusakan pada spion mobil kamu. Air hujan bisa meninggalkan karat pada motor gerak spion, membuatnya sulit digerakkan dan diatur sesuai kebutuhan. 

    Baca juga: Modif Mobil Biasa Menjadi Mobil Balap, Emang Bisa?

    Selain itu, air hujan juga bisa meninggalkan bercak air pada kaca spion saat mengering. Jika dibiarkan begitu saja, bercak ini sulit untuk dibersihkan dan bisa mengganggu pandangan kamu saat berkendara.

    Solusinya adalah membersihkan spion segera setelah kamu berkendara dalam hujan. Kamu dapat menggunakan kanebo atau kain dengan daya serap tinggi untuk mengelapnya hingga kering. 

    Jika spion terkena cipratan lumpur, bersihkan dengan air dan sabun dengan hati-hati. Pastikan kamu membersihkannya hingga benar-benar bersih.

    2. Jangan biarkan spion berjamur

    Jamur juga bisa tumbuh pada spion mobil kamu, terutama jika kamu lupa membersihkannya setelah hujan atau jika mobil kamu terparkir di bawah sinar matahari langsung. 

    Sinar matahari bisa membuat kotoran menempel lebih kuat pada spion, dan jika tidak segera dibersihkan, kotoran ini bisa berubah menjadi jamur.

    Baca juga: Jangan Asal Parkir, Ketahui Aturan dan Sanksinya

    Untuk membersihkan jamur pada spion, gunakan cairan khusus pembersih kaca yang tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia. Hal ini agar terhindar dari kerusakan lapisan kaca akibat bahan kimia yang berlebihan.

    3. Lipat spion saat mobil terparkir

    Salah satu cara untuk mencegah kerusakan pada spion mobil adalah dengan melipatnya saat mobil terparkir. Hal ini bisa membantu mengurangi risiko benturan atau kerusakan akibat tangan jahil atau faktor-faktor lainnya.

    4. Rutin menggerakkan spion

    Jika mobil kamu sering terparkir di garasi dan jarang digunakan, pastikan untuk rutin menggerak-gerakkan spion agar gerakan buka-tutupnya tetap fleksibel. 

    Memarkirkan mobil terlalu lama bisa membuat spion mudah disinggahi oleh kotoran yang bisa mengganggu gerakan buka-tutupnya.

    5. Beri cairan pelumas silikon

    Untuk menjaga spion tetap fleksibel, kamu bisa mengoleskannya dengan grease atau pelumas silikon secara berkala. Ini akan membantu menjaga kinerja spion agar tetap lancar.

    Baca juga: Catat, Rem Tangan Saat Mobil Berhenti di Jalan Miring Tak Jaminan Aman

    Merawat spion mobil bukanlah hal yang sulit, namun sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara. 

    Selain itu, dengan merawat spion dengan baik, kamu juga bisa memperpanjang umur pakainya, sehingga kamu tidak perlu menggantinya terlalu sering. 

    Dengan langkah-langkah perawatan yang tepat, kamu dapat menjaga kualitas spion mobil kamu dalam kondisi baik dan siap digunakan setiap saat. 

    Jadi, jangan abaikan perawatan spion mobil kamu, karena keselamatan kamu saat berkendara sangat bergantung pada kondisi spion yang baik.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait