Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    LainnyaMengenal Istilah Sunmori, Manfaat dan Tips Aman Melakukannya

    Mengenal Istilah Sunmori, Manfaat dan Tips Aman Melakukannya

    Hari-hari ini mungkin sudah tidak asing lagi istilah sunmori (read: sanmori), baik di kehidupan nyata maupun social media. Istilah sunmori biasa digunakan para pecinta otomotif guna menyebut aktivitas rutin yang biasa mereka lakukan. Biasanya kegiatan ini dilakukan club motor sebagai ajang kumpul-kumpul rutin dengan sesama anggota.

    Tidak cukup banyak yang tahu, istilah yang digunakan para anggota komunitas pemotor, termasuk istilah sunmori ini. Tentu ini cukup membuat sebagian orang penasaran. Apalagi, saat ini sunmori tengah menjadi salah satu kegiatan favorit para pecinta otomotif di berbagai wilayah. Yuk, simak penjelasan mengenai istilah sunmori berikut ini.

    Apa Itu Sunmori?

    Istilah Sunmori sebenarnya berasal dari singkatan “Sunday Morning Ride”. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, maksudnya adalah berkendara di hari minggu pagi. Jadi bisa dikatakan, Sunmori adalah kegiatan berkendara yang dilakukan para komunitas pengendara di hari minggu pagi.

    Baca juga: 5 Alasan Kenapa Perlu Gabung Dengan Club atau Komunitas Otomotif

    Tidak ada yang benar-benar tahu asal muasal istilah ini pertama kali diciptakan. Namun, istilah sunmori baru populer digunakan sejak lima tahun terakhir ini dari para pecinta otomotif di media sosial, seperti Youtube dan Instagram.

    Banyak yang beranggapan, bahwa aktivitas sunmori ini hanya merujuk pada anggota komunitas motor saja. Padahal, sesungguhnya seluruh kegiatan berkendara yang dijalankan pada minggu pagi dapat juga dikategorikan sebagai sunmori, baik itu menggunakan sepeda, motor, maupun mobil. Sebab, memang sunmori lebih lekat digunakan para anggota club motor.

    Kegiatan sunmori tidak dibatasi oleh jumlah pengikut atau pesertanya. Sehingga, banyak atau sedikit orang yang berpartisipasi, kegiatan sunmori tetap bisa dilakukan di hari itu. Durasi, jarak, maupun tujuan perjalanannya tidak dibatasi, namun biasanya sudah ditentukan sebelumnya oleh para anggotanya sesuai keinginan bersama.

    Selain jalan-jalan dengan tujuan tertentu, dalam kegiatan sunmori para anggota motor biasanya melakukan aktivitas kegemaran lainnya. Aktivitas itu seputar rolling thunder atau touring dan tak jarang berkendara yang memicu adrenalin, seperti cornering yang tidak bisa dilakukan di hari biasa.

    Baca juga: Kenalan Dengan Penjelajah Motor dari Bandung yang Doyan Keliling Dunia

    Manfaat Sunmori

    Kepopuleran sunmori kian merambah ke banyak kalangan. Bukan sekadar ajang kumpul-kumpul, rupanya sunmori juga memiliki berbagai manfaat lho. Apa saja manfaat sunmori? Berikut di antaranya:

    Menghilangkan stress

    Melakukan sunmori tentu bisa menghilangkan stress setelah menjalani aktivitas selama berhari-hari dalam seminggu. Selain karena dilakukan pada hari minggu pagi, aktivitas sunmori yang biasanya outdoor juga membuat penat hilang seketika. Apalagi, ada waktu untuk bertemu teman-teman yang satu passion.

    Kegiatan positif

    Jika komunitas motor sebelumnya seringkali dipandang sebelah mata, seperti kegiatan balap liar, begal, dan kumpul tidak bertujuan, sunmori menjadi solusi yang positif. Dengan kegiatan sunmori yang dilakukan secara rutin, aktivitas pecinta motor lebih terarah ke hal yang positif.

    Membakar kalori

    Sunmori yang dilakukan para komunitas motor rupanya sangat mungkin membakar 200 – 300 kalori per jam. Jumlah ini setara dengan olahraga di tempat gym selama 1 jam penuh. Jumlah kalori yang terbakar tentu bisa semakin tinggi, jika medan yang dilalui cukup ekstrem.

    Tempat bersosialisasi dan berjejaring

    Melalui kegiatan ini, Anda akan berkumpul dan berinteraksi dengan banyak orang. Hal ini tentu akan memenuhi kebutuhan sosialisasi Anda secara rutin. Apalagi, terkadang sunmori diadakan untuk menghimpun suatu donasi atau kegiatan bakti sosial lainnya. Tentu hal ini sangat baik untuk dijalankan.

    Meningkatkan adrenalin

    Bagi Anda yang senang dengan kegiatan yang memicu adrenalin, sunmori bisa menjadi solusinya. Khususnya, jika kegiatan sunmori diisi dengan touring ke luar kota dan melewati medan yang beragam. Sensasinya sungguh menyenangkan. Paduan ragam perasaan, sudah pasti menjadi sensasi sendiri bagi para anggota komunitas motor.

    Melatih fungsi kognitif otak

    Seiring bertambahnya usia, fungsi kognitif otak perlu rutin dilatih. Fungsi kognitif adalah kemampuan berbicara, daya ingat, kemampuan memahami informasi, mengolah emosi, hingga memahami ruang gerak. Koordinasi antara fokus, pacuan adrenalin, perasaan senang, dan lain sebagainya, menjadikan fungsi kognitif terlatih.

    Merangsang sensorik

    Bukan hanya fungsi kognitif yang perlu dilatih, tetapi juga sensorik. Saat bermotor, sudah pasti Anda merasakan tekstur jalan, segarnya angin, rasa pegal, dan sebagainya. Tugas ini dijalankan oleh sensory pada otak. Kegiatan motoran ini bisa membuat Anda “kontak langsung” dengan sekitar. Sehingga, sunmori dapat merangsang fungsi sensory Anda.

    Baca juga: Sinergi Positif Pengguna dan Produsen di Jambore Suzuki Club

    Tips Sunmori

    Sunmori tidak dilakukan sembarangan, melainkan memiliki tata cara yang perlu diperhatikan. Tujuannya, agar tidak mengganggu pengendara lainnya dan tetap tertib dalam berkendara. Berikut beberapa tips sunmori:

    Gunakan helm berlogo SNI

    Dalam berkendara, tentu keselamatan menjadi yang paling utama. Gunakanlah helm bergolo SNI (Standar Nasional Indonesia) agar keamanan dan kenyamanan berkendara terjamin. Penggunaan helm berlogo SNI sudah teruji, sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, resiko cedera pada bagian kepala lebih rendah.

    Perhatikan kelengkapan berkendara

    Bukan hanya helm, kelengkapan berkendara lainnya juga perlu diperhatikan saat melakukan sunmori. Penggunaan jaket, celana panjang, sarung tangan, sepatu, masker, hingga decker menjadi penting. Apalagi, jika sunmori diisi dengan kegaitaan touring atau cornering. Dengan menggunakan kelengkapan berkendara, Anda bisa menjaga diri sendiri dan mengingatkan pengendara lain untuk tetap berkendara dengan aman.

    Patuhi rambu lalu lintas

    Bukan hanya memperhatikan kelengkapan, penting juga untuk selalu mematuhi dan memperhatikan rambu lalu lintas

    Sepakati rute bersama

    Pilih rute yang telah disepakati bersama dan diketahui oleh seluruh anggota kelompok. Hal ini dapat mempermudah masing-masing anggota agar tidak mudah terpisah dalam rombongan. Meski saling terpisah karena kecepatan yang berbeda, anggota lain menjadi tahu harus menyusul melalui rute mana. Selain itu, para bikers jadi tidak saling menunggu jika terjebak lampu merah atau macet.

    Parkir di lokasi yang tepat

    Seringkali pengguna jalan terganggu oleh beberapa komunitas yang sembarangan parkir. Sebaiknya, hal ini dihindari karena akan mengganggu kenyamanan banyak orang. Lebih bijak jika tentukan titik kumpul yang memang merupakan lahan parkir, sehingga komunitas motor dan pengguna jalan lain sama-sama merasa aman dan nyaman.

    Atur jumlah anggota yang ikut

    Agar tidak terlalu menimbulkan kerumunan, sebaiknya aturlah jumlah anggota yang ikut dalam kegiatan sunmori. Sebab, jika terlalu ramai, pengguna jalan lain bisa saja merasa terganggu atau terlalu menimbulkan kemacetan. 

    Dengan melakukan tips di atas saat melakukan kegiatan sunmori, tentu akan memberikan kenyamanan bagi Anda sendiri dan pengguna jalan lainnya. Sehingga, konflik atau bahaya bisa diminimalisasi. 

    Pilih mobil bekas yang jelas berkualitas terbaik dengan harga paling reasonable hanya di OLX Autos. Ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih sudah dijamin berkondisi prima dan bergaransi karena sudah melalui inspeksi detail dari tim yang berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait