Sepanjang tahun 2024, Suzuki Indonesia mencatatkan prestasi gemilang dalam melayani perawatan kendaraan, dimana lebih dari 1 juta unit mobil, 200 ribu unit sepeda motor, dan 5.000 unit mesin tempel kapal berhasil ditangani dengan baik.
JAKARTA – Kualitas layanan purna jual menjadi salah satu kunci penting kepercayaan konsumen terhadap sebuah merek, tak terkecuali di industri otomotif, khususnya Suzuki Indonesia.
Keberhasilan Suzuki Indonesia selama tahun lalu memang tidak lepas dari upaya mereka dalam memperluas jaringan layanan dan memastikan ketersediaan suku cadang asli yang mumpuni.
Di tahun 2024 lalu, Suzuki benar-benar jadi jagoan dalam urusan layanan purna jual dengan berhasil melayani servis jutaan pemilik kendaraan merek Suzuki.
Perluas Jaringan Layanan, Pelanggan Suzuki Makin Dekat
Sebagai bentuk komitmen untuk selalu dekat dengan pelanggan, Suzuki terus memperluas jaringan layanan purna jualnya. Di tahun 2024, Suzuki membuka 3 titik layanan baru untuk mobil di berbagai wilayah Indonesia. Alhasil, hingga akhir tahun 2024, Suzuki memiliki total 173 bengkel resmi 3S, 18 bengkel resmi 2S, dan 52 Service Point.
“Penambahan layanan ini bukan hanya angka di atas kertas, tetapi wujud nyata komitmen kami untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan di setiap sudut Indonesia,” ujar Hariadi, Asst. to Aftersales Department Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melalui keterangan tertulis, Jum’at lalu (24/1/2025) lalu.
Tak hanya untuk mobil, layanan purna jual Suzuki untuk sepeda motor juga terus berkembang. Suzuki menambah 2 bengkel baru untuk sepeda motor, sehingga totalnya menjadi 77 bengkel resmi 3S dan 57 bengkel resmi 2S.
Untuk urusan mesin tempel kapal, Suzuki Marine juga menambah 1 bengkel baru, sehingga totalnya menjadi 14 bengkel resmi dan didukung oleh 62 bengkel mitra.
Dengan jaringan yang luas ini, pelanggan di seluruh pelosok Indonesia, bahkan di daerah terpencil sekalipun, bisa menikmati layanan berkualitas dengan mudah dan cepat.
SDM Berkualitas, Berikan Layanan Kelas Wahid

Tak hanya fokus pada perluasan jaringan, Suzuki juga sangat memperhatikan kualitas sumber daya manusia (SDM). Hal ini diwujudkan melalui ajang National Victorious Contest 2024.
Kompetisi bergengsi ini menjadi wadah bagi para teknisi terbaik Suzuki untuk mengasah kemampuan mereka. Para peserta yang terlibat dalam kontes ini sebelumnya harus memenuhi standar SSQS (Suzuki Standard Qualification System) yang selalu diperbarui setiap tahunnya.
Dengan begitu, kualitas layanan kelas wahid di setiap bengkel resmi Suzuki selalu terjaga dengan baik.
Pengguna Aplikasi MySuzuki Terus Bertambah, Suku Cadang Asli Semakin Mudah Didapat

Suzuki juga menekankan pentingnya penggunaan suku cadang asli. Dengan menggunakan suku cadang asli, pelanggan dijamin mendapatkan kualitas, daya tahan, dan kinerja komponen kendaraan yang sesuai standar.
Mendapatkan suku cadang asli Suzuki pun semakin mudah, bisa melalui bengkel resmi maupun aplikasi mobile MySuzuki.
“Pelanggan kami lebih percaya menggunakan spare part asli. Mereka sudah terinformasikan dengan baik bahwa harga suku cadang Suzuki itu kompetitif dengan kualitas sesuai standar. Pada era digital seperti saat ini pun pelanggan kami tidak sungkan untuk melakukan pembelian melalui MySuzuki,” tambah Sugiyarto, Head of Domestic Spareparts Sales PT SIS.
Melalui aplikasi MySuzuki, pelanggan dapat memesan suku cadang asli kapan pun dan di mana saja. Kemudahan ini terbukti sangat diminati, terbukti dengan lonjakan transaksi suku cadang melalui MySuzuki hingga 150,02% pada tahun 2024. Angka ini menunjukkan kepercayaan pelanggan yang semakin kuat terhadap layanan Suzuki.
Suzuki Terus Berinovasi dan Memberikan yang Terbaik
Melalui berbagai inisiatif ini, Suzuki tidak hanya berusaha memenuhi harapan pelanggan, tetapi juga menetapkan standar baru dalam industri otomotif Indonesia. Suzuki terus memperkuat posisinya sebagai penyedia layanan purna jual yang andal, dengan fokus utama pada kualitas, keselamatan, dan kenyamanan pelanggan.
“Kami percaya bahwa layanan after-sales yang berkualitas adalah dasar dari hubungan jangka panjang yang kami bangun dengan pelanggan kami. Suzuki akan terus berinovasi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi setiap pelanggan kami,” tegas Hariadi.
Dengan komitmen yang kuat, jaringan layanan yang luas, SDM berkualitas, dan kemudahan akses suku cadang asli, Suzuki pantas dijuluki sebagai jagonya layanan purna jual dan menjadi pilihan utama bagi para pemilik kendaraan di Indonesia. (Z)