Beat keluaran terbaru diklaim irit bensin berdasarkan tes PT AHM, dengan capaian seimpresif ini.
OLX News – Beat adalah salah satu skutik jagoan PT Astra Honda Motor (AHM). Motor ini berhasil mencuri perhatian masyarakat Indonesia selama bertahun-tahun. Sejak debut di tahun 2008, Beat terus mengalami penyegaran. Dan puncaknya terjadi pada Beat keluaran terbaru yang tetap memikat hati konsumen.
Salah satu alasan yang membuat skuter ini tak lekang oleh waktu yaitu efisiensi BBM-nya yang terbilang fantastis. Faktanya, Honda selalu menyatakan kalau Beat keluaran terbaru sangat irit bensin. Fitur inilah yang ikut menyumbang kesuksesan besar skutik tersebut di tanah air.
Menurut Honda, efisiensi BBM Beat adalah yang terbaik di kelasnya. Namun klaim ini justru memancing pertanyaan penting: seberapa iritkah sebenarnya si Beat ini?
Yuk, cek datanya berikut ini supaya tahu seberapa unggul Beat keluaran terbaru dari segi konsumsi BBM dibanding model terdahulu dan kompetitornnya.
Tes Konsumsi BBM Beat Keluaran Terbaru
Ternyata, lewat uji lab PT AHM dengan metode ECE R40, konsumsi BBM Beat terbukti irit. Sekadar informasi, uji ECE R40 dibuat oleh UNECE sebagai kerangka kerja standar dalam mengukur performa kendaraan di kondisi tertentu.
Jadi, pemakaian BBM Beat keluaran terbaru berkisar antara 58,5 dan 63 km per liter. Artinya, jika tangki bensin penuh, skuter ini dapat menempuh jarak hingga 254,52 km dalam sekali pengisian.
Angka ini sejatinya merupakan kemajuan pesat dibandingkan Beat generasi pertama (alias “Beat karbu”) yang per liternya hanya untuk 45 km perjalanan.
Hal ini menunjukkan peningkatan hebat hingga 30% untuk efisiensi BBM. Begitulah terobosan Honda untuk menyempurnakan teknologi Beat selama bertahun-tahun.
Inilah Alasan Motor Beat Irit BBM
Kontributor penting dalam penghematan BBM motor Beat yaitu mesin baru yang lebih ringkas. Faktanya, mesin Beat keluaran terbaru kini lebih ringan sekitar 10% daripada generasi sebelumnya, dan secara dramatis mendongkrak efisiensi skutik ini.
Selain itu, dimensi mesin pun dimodifikasi menjadi 47 x 63,1 mm agar lebih optimal. Rasio kompresi saat ini juga meningkat dari 9,5:1 ke 10:1.
Penerapan v-belt model W-Cog pada Beat juga turut mendorong efisiensi bahan bakar. Diakui oleh PT AHM, desain v-belt yang sedemikian rupa ini mengurangi gesekan dan noise. Sehingga kinerja CVT terasa lebih mulus dan ringan sewaktu menghantarkan tenaga ke roda belakang.
Terakhir, bobot motor tidak kalah vital juga sebagai penentu konsumsi BBM yang ekonomis. Dan rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) dari Beat keluaran terbaru punya peran sentral dalam hal ini.
Beda dari model sebelumnya yang masih memanfaatkan rangka besi, rangka baru ini terbuat dari baja tempa. Hasilnya, bobot total motor ini berkurang 3 kg.
Uniknya, reduksi bobot ini bukan sekadar menghemat bensin. Namun, karena motor hanya butuh sedikit tenaga untuk bergerak, maka jadi lebih gesit dan mudah dikendalikan pula.
Di samping itu, desain rangka yang lebih ringan memperbesar kapasitas tangki bensin dan bagasi Beat. Dengan begitu, pengendara bisa menyimpan lebih banyak barang sekaligus memperpanjang jarak tempuh tanpa mengorbankan performa.
Jadi, jelas sudah kalau Beat keluaran terbaru irit BBM karena upgrade masif di dua departemen, yakni mesin dan sasis. Alhasil, motor matic ini cocok buat konsumen yang tidak ingin merogoh kocek dalam-dalam untuk biaya operasional.
Yuk, cek koleksi unit bekas motor Beat di OLX! Temukan Beat dari berbagai generasi yang bisa kamu pinang dengan harga bersahabat. Mau transaksi aman dan anti ribet? Download aplikasi OLX sekarang juga di Play Store atau App Store ya!