Maxi Yamaha Day 2024 yang digelar di tiga kota besar, termasuk Bandung dan Medan yang berlokasi di dataran tinggi, menjadi ajang pembuktian ketangguhan Yamaha NMAX Turbo dalam menaklukkan jalur tanjakan dan turunan.
Teknologi YECVT yang disematkan pada motor ini, khususnya fitur “Turbo” Y-Shift dan “Turbo” Riding Mode, menjadi kunci utama dalam memberikan performa optimal di medan menantang. Dan jujur saja, penyematan teknologi turbo di NMAX ini bikin tenaga ‘buasnya’ memang nyata, bukan sekadar gimmick.
OLX News menjadi bagian dari rombongan Journalist Max Community (JMC) yang melakukan touring Jakarta – Bandung – Jakarta untuk menghadiri di Maxi Yamaha Day 2024 Bandung. Kebetulan kami jadi salah satu media yang mendapatkan jatah pinjaman unit Yamaha NMAX Turbo.
Sepanjang perjalanan, kami benar-benar menikmati sensasi tenaga turbo yang hadir setiap dibutuhkan. Baik saat berakselerasi untuk melewati kendaraan lain hingga saat melahap setiap tanjakan. Tarikannya terasa begitu enteng dan bertenaga, menghadirkan rasa percaya diri yang luar biasa bagi siapa pun yang menungganginya.
NMAX Turbo ini benar-benar menghadapi ujian sesungguhnya saat puluhan rombongan JMC yang mengandalkan Google Map, diarahkan keluar dari jalur jalan utama masuk ke area kebun teh dengan kondisi jalan didominasi tanjakan-tanjakan ekstrim dengan kontur berbatu.
Harus diakui bahwa saat itu rombongan nyasar, berharap bisa mempersingkat waktu untuk sampai ke venue lebih cepat, namun dengan kondisi jalur itu justru menghambat perjalanan hingga 2 jam. Tapi justru ini yang menjadikan perjalanan touring bersama NMAX Turbo ini jadi lebih menarik.
Tak ada tanjakan yang susah untuk ditaklukkan bersama NMAX Turbo, bahkan dengan kontur jalan berbatu yang kami lewati sejauh kurang lebih 10 km, membawa kami pada kesimpulan bahwa kaki-kaki NMAX keluaran terbaru ini juga jauh lebih nyaman. Gak terlalu keras tapi juga gak keempukan yang biasanya bikin kami mengayun.
Setelah menempuh perjalanan di luar nalar itu, kami bersama rombongan JMC pun akhirnya tiba di Natural Hill, Lembang, Bandung, yang menjadi pusat acara Maxi Yamaha Day 2024 Bandung. Dengan penuh kebanggaan, kami juga disambut langsung oleh Takaaki Hirama, Deputy Director dan Rifki Maulana, Manager Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM).
Keunggulan Yamaha NMAX Turbo
Yamaha NMAX Turbo diluncurkan dengan berbagai ubahan yang menjadikannya sangat menarik dari sisi tampilan. Namun yang paling menarik untuk dibahas adalah teknologi YECVT yang disematkan ke NMAX.
Teknologi YECVT ini memiliki dua fitur utama, yakni “Turbo” Y-Shift dan “Turbo” Riding Mode yang membantu pengendara mendapatkan akselerasi ataupun deselerasi secara cepat.
“Turbo” Y-Shift: Akselerasi dan Deselerasi Instan
Fitur “Turbo” Y-Shift memungkinkan pengendara melakukan perpindahan gigi secara cepat, baik untuk akselerasi maupun deselerasi. Saat menanjak, kami bisa mendapatkan akselerasi instan dengan menekan tombol Shift beberapa kali, bahkan hingga tiga kali untuk performa maksimal. Fitur ini juga sangat berguna saat ingin mendahului kendaraan atau keluar dari tikungan.
Sedangkan saat menghadapi turunan curam, Y-Shift membantu deselerasi dengan efektif. Tinggal tekan tombol Shift beberapa kali untuk mendapatkan pengereman mesin yang lebih kuat, sehingga motor tetap stabil dan terkendali.
“Turbo” Riding Mode: Tinggal Pilih Gaya Berkendara Irit atau Power Besar
NMAX Turbo menawarkan dua mode berkendara. Pertama adalah T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring). Perbedaan antara kedua riding mode ini sangat jelas.
T-Mode memberikan karakter berkendara yang lebih halus dan hemat bahan bakar, cocok untuk penggunaan sehari-hari di perkotaan. Sedangkan S-Mode memberikan akselerasi lebih agresif, ideal untuk menaklukkan tanjakan atau saat ingin merasakan sensasi berkendara yang lebih sporty.
Sudah pasti kedua pilihan ini memiliki konsekuensinya masing-masing. Utamanya dalam urusan konsumsi bahan bakar. Saat perjalanan dari Jakarta menuju Bandung, kami banyak mengeksplore fitur S-Mode. Selain karena kebutuhan untuk menaklukkan kondisi jalan menanjak dan berbatu, kami juga ingin merasakan sendiri bagaimana performa turbo di NMAX yang bisa kami bilang gak sekadar gimmick.
Di akhir perjalanan, kami coba untuk mengecek rata-rata konsumsi BBM, yang pada catatan MID tertera 32 kpl. Keberangkatan dari tikum di Jakarta, tangki bensin NMAX Turbo kami isi full dengan BBM Pertamina jenis Pertamax. Dengan catatan itu, alhasil indikator bensin saat sampai di Bandung sisa dua bar.
Saat perjalanan pulang, kami lebih banyak menggunakan mode berkendara T-Mode dengan karakter yang lebih halus. Meski sesekali kami switch ke mode S-Mode untuk mendapatkan tenaga lebih ketika ingin menyalip kendaraan lain di depan.
Sebelumnya juga kami terlebih dulu mengisi tangki NMAX Turbo hingga full untuk kembali ke Jakarta. Hasilnya cukup lumayan, tiba di Jakarta catatan konsumsi BBM NMAX Turbo adalah 36 kpl dengan 4 bar bensin tersisa.
Walaupun catatan tersebut bukan yang paling irit, karena beberapa rekan media lain di JMC ada yang mencatatkan konsumsi rata-rata BBM di atas 40 kpl.
Tips dan Trik Menggunakan Fitur YECVT
- Akselerasi saat Start (0 km/jam): Buka gas secara cepat untuk auto shift ke gigi 1, lalu lanjutkan dengan menekan tombol Shift 2-3 kali secara cepat. Hindari jeda terlalu lama agar akselerasi instan tetap terasa.
- Akselerasi saat Berkendara (Passing): Tutup gas, tekan tombol Shift 1-3 kali sesuai kebutuhan, buka gas sedikit, lalu buka gas secara cepat untuk merasakan dorongan instan.
- Deselerasi: Tutup gas dan tekan tombol Shift 1-3 kali. Untuk deselerasi maksimal, gunakan Shift 3.
- Melepaskan Y-Shift: Buka gas secara cepat, tekan tombol Mode sekali, atau tutup gas secara konstan.
Kesimpulan
Yamaha NMAX “Turbo” dengan teknologi YECVT terbukti sangat nyaman untuk diajak touring jarak jauh atau pun untuk mobilitas sehari-hari di perkotaan. Fitur “Turbo” Y-Shift dan “Turbo” Riding Mode sangat mumpuni bagi pengendara NMAX Turbo dalam mendapatkan kontrol penuh. Fitur ini juga sekaligus menawarkan pengalaman berkendara jadi lebih menyenangkan dan aman, bahkan di kondisi jalan ekstrim sekalipun, bukan masalah.
Meski harus kami akui, dari sisi banderolnya memang lumayan jauh selisihnya dari varian NMAX biasa, tapi menurut kami sangat worth-it. Intinya coba dulu motor ini, setelah itu baru putuskan beli atau tidak.