Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTips Aman Melintasi Jalan Tol Trans Sumatera

    Tips Aman Melintasi Jalan Tol Trans Sumatera

     Lakukan ini jika kamu sedang dalam perjalanan melalui jalan tol trans Sumatera.

    News.OLX – Jalan Tol Trans Sumatera, yang menghubungkan berbagai provinsi seperti Lampung, Palembang, Pekanbaru, Bengkulu, Medan, dan Aceh, sudah bisa dinikmati pengguna kendaraan, meski baru sebagian.

    Wakil Direktur PT Hutama Karya, Aloysius Kiik Ro, mengungkapkan bahwa sejauh ini, dari target pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.775 kilometer, sudah terbangun sejauh 928 kilometer.

    Artinya, dengan jalan tol ratusan kilometer yang telah dibangun, perjalanan yang sebelumnya memakan waktu belasan jam sekarang bisa lebih singkat.

    Namun ada mengemudi di Jalan Tol Trans-Sumatera yang melintasi banyak provinsi membutuhkan kewaspadaan ekstra. Berikut tips aman untuk melintasi jalan tol lintas trans Sumatera.

    1. Waspada cuaca buruk

    Cuaca di setiap ruas tol dapat berubah-ubah karena panjangnya jalan ini, yang melewati berbagai provinsi. Pastikan untuk memantau perkembangan cuaca dan persiapkan kendaraan dan diri dengan baik.

    2. Waspada pengguna jalan lain

    Setiap daerah memiliki karakteristik pengguna jalan yang berbeda. Perhatikan tingkah laku pengemudi lain dan selalu bersikap waspada serta sabar.

    3. Cukupkan waktu istirahat

    Kendaraan yang melintasi jalan tol ini memiliki jarak yang panjang. Pastikan untuk beristirahat secara teratur agar kondisi fisik tetap prima.

    jalan tol trans sumatera (1)

    4. Perhatikan kecepatan

    Pastikan untuk mengatur kecepatan agar terhindar dari kerusakan pada kendaraan dan mengurangi risiko kecelakaan. Selain itu hindari menggunakan jalur paling kanan dengan kecepatan lambat yang dapat mengganggu pengendara lain.

    5. Atur emosi

    Jangan terpancing untuk mengendarai kendaraan terlalu agresif saat melewati jalanan yang menanjak atau menurun.

    6. Persiapkan uang elektronik

    Pastikan kamu memiliki uang elektronik dan bahan bakar yang cukup, karena fasilitas pengisian bahan bakar mungkin masih minim di beberapa daerah.

    7. Jaga jarak aman

    Selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan, terutama saat memasuki jalan bebas hambatan. Ini akan memberi kamu ruang yang cukup untuk menghadapi situasi darurat.

    8. Pakai navigasi

    Pastikan kamu mengetahui jalur yang akan ditempuh. Kamu bisa meminta bantuan navigator atau menggunakan aplikasi navigasi untuk memudahkan perjalanan.

    9. Perhatikan Rambu

    Selalu patuhi rambu lalu lintas dan petunjuk lainnya, seperti rambu petunjuk rest area, SPBU, dan petunjuk lainnya. Jika kamu merasa lelah, segera menuju ke rest area terdekat untuk istirahat.

    Meski jalan tol trans Sumatera bisa mempersingkat waktu perjalanan, tapi perlu diperhatikan, lebih cepat juga pengemudi harus ekstra hati-hati karena risiko kecelakaan semakin besar. Jadi, pastikan untuk selalu waspada, ya.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait