Minggu, Juni 16, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTips Agar Evaporator AC Tetap Awet

    Tips Agar Evaporator AC Tetap Awet

    Temukan sejumlah tips perawatan evaporator AC agar selalu dalam kondisi prima dan dingin.

    News.OLX – Sebagai salah satu komponen terpenting untuk sistem pendingin pada mobil ataupun ruangan, maka kamu harus selalu menjaga agar evaporator AC selalu dalam kondisi yang prima.

    Beberapa fungsi dari evaporator AC adalah untuk mengubah cairan menjadi gas, menghilangkan kelembaban, hingga meningkatkan kualitas udara.

    Untuk menjaga agar fungsionalitas komponen ini selalu terjaga, maka beberapa tips perawatan yang harus kamu lakukan adalah:

    1. Rajin Membersihkan Filter

    Guna filter adalah sebagai penyaring kotoran dan debu yang berpotensi menyumbat evaporator. Oleh karena itu, kebersihannya perlu dijaga agar dapat bekerja dengan maksimal.

    Ketika masih bisa dibersihkan, maka kamu cukup rajin memeriksanya dan membersihkannya secara berkala menggunakan pembersih yang lembut. Namun, jika kondisinya sudah tidak layak lagi, segera ganti dengan yang baru, ya.

    2. Rutin Mengecek Keadaan Koneksi dan Pipa

    Kondisi koneksi dan pipa yang tersambung dengan evaporator AC juga harus menjadi perhatianmu. Dengan pengecekan ini, kamu bisa mengambil tindakan sebelum permasalahan berubah lebih serius.

    Beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan ketika mengecek sambungan pipa tersebut adalah:

    • Mengecek ada tidaknya kebocoran pada semua pipa pada sistem AC, agar performa AC tidak terganggu karena kehilangan refrigerant.
    • Memastikan tidak ada keretakan dan kerusakan di pia atau koneksi.
    • Memastikan setiap koneksi sudah kencang agar potensi kebocoran dan gangguan pada refrigerant tidak terjadi.
    • Membersihkan area koneksi dan pipa dari debu maupun kotoran.
    • Rutin mengamati berbagai tanda-tanda kerusakan, seperti korosi, karat, dan hal lainnya.

    3. Menghilangkan Kelembaban dan Bau

    Untuk AC mobil, semuanya pasti telah dilengkapi dengan strip defroster yang berguna untuk menghasilkan panas, supaya kabut dan lembab bisa hilang. 

    Namun, untuk memaksimalkannya, kamu bisa menghilangkan kelembaban dengan mengeringkan evaporator.

    Silakan mengeringkan evaporator AC seusai menggunakan alat pendingin ini dalam jangka waktu lama. Dengan melakukan tips ini, maka bau tidak sedap dan jamur pun bisa berkurang.

    Ketika kelembaban sudah terjaga dan rutin dirawat, maka bukan hanya membuat kinerja evaporator AC lebih baik,  namun menciptakan keadaan yang sehat dan nyaman.

    4.  Mengikuti Buku Panduan Mobil

    Agar tahu langkah yang tepat dalam menjaga evaporator AC ataupun komponen lainnya, pastikan kamu sudah membaca buku panduan mobil. Sebab, pada akhirnya, perawatan pada setiap mobil akan berbeda, tergantung pabrikan dan jenisnya.

    Setelah tahu apa saja tips yang dapat kamu ikuti untuk menjaga evaporator AC, pastikan untuk mampir juga ke laman OLX untuk menemukan penawaran barang dan kendaraan bekas menarik. Unduh aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store sekarang juga!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait