Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Mudah Pilih Oli Mesin yang Tepat Sesuai Spesifikasi Mobilmu

    Cara Mudah Pilih Oli Mesin yang Tepat Sesuai Spesifikasi Mobilmu

    Jangan asal pilih oli kalau mau mesin mobil awet!

    News.OLX – Oli mesin adalah komponen penting dalam mempertahankan kinerja mesin kendaraan agar tetap berada pada tingkat optimal.

    Namun, karena ada berbagai macam pilihan oli mesin yang tersedia di pasaran, menentukan jenis oli mesin yang sesuai untuk kendaraan kamu bisa menjadi pekerjaan yang membingungkan.

    Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu untuk memilih oli mesin yang tepat:

    Ketahui jenis oli mesin yang kamu butuhkan

    Setiap mobil memiliki kebutuhan pelumasan yang berbeda. Oleh karena itu, langkah awal yang harus kamu ambil adalah mengenali jenis oli mesin yang dibutuhkan oleh kendaraan kamu. Ada beberapa faktor teknis yang perlu diperhatikan, termasuk:

    1. Viskositas

    Viskositas mengacu pada sejauh mana oli mesin dapat mengalir pada suhu kerja. Umumnya, kemasan pada oli mesin mencantumkan angka viskositas, seperti 5W-40, 15W-50, atau 10W-30.

    Angka pertama (contohnya 5W atau 10W) menunjukkan viskositas pada suhu rendah, sementara angka kedua (contohnya 30, 40, atau 50) menunjukkan viskositas pada suhu tinggi.

    Misalnya saja, mobil bermesin bensin di Indonesia yang umumnya menggunakan oli mesin dengan viskositas 10W-40 dan 10W-30.

    2. Sesuaikan dengan rekomendasi pabrikan

    Pabrikan atau produsen mobil biasanya memberikan rekomendasi atau persetujuan terhadap jenis oli tertentu yang cocok dengan mesin kendaraan mereka.

    Persetujuan produsen menunjukkan indikasi bahwa oli mesin  tersebut telah melalui uji coba dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh produsen.

    Memilih oli mesin dengan persetujuan produsen akan memberikan keyakinan bahwa oli tersebut sesuai dengan spesifikasi mesin mobil kamu.

    3. Kualitas harus sesuai standar

    Kualitas pelumasan juga merupakan faktor penting. Pastikan kamu memilih oli mesin yang memenuhi standar kualitas baik.

    Seperti standar ACEA (Association des Constructeurs Européens d’Automobiles) untuk kendaraan bermesin diesel atau API (American Petroleum Institute) untuk kendaraan bermesin bensin.

    Oli mesin berkualitas tinggi akan memberikan perlindungan maksimal pada komponen mesin dan dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

    oli mesin (7)

    Pertimbangkan iklim dan kondisi lingkungan

    Iklim dan kondisi lingkungan memiliki dampak signifikan pada pilihan oli mesin yang sesuai. Misalnya, jika kamu tinggal di wilayah dengan iklim ekstrim.

    Seperti daerah yang sangat panas atau sangat dingin, kamu perlu memilih pelumas dengan tingkat viskositas yang tepat agar mesin kendaraan tetap berkinerja optimal dalam kondisi tersebut. Berikut beberapa contohnya:

    1. Beriklim panas

    Apabila kamu berada di wilayah dengan suhu yang tinggi, disarankan untuk menggunakan oli mesin dengan viskositas rendah pada suhu yang tinggi, seperti 15W-40 atau 10W-40.

    Oli mesin dengan viskositas yang lebih rendah akan memberikan perlindungan yang efektif serta menghindari gesekan berlebihan pada kondisi panas.

    2. Beriklim dingin

    Apabila kamu berada di wilayah dengan suhu yang rendah, pilih oli mesin dengan viskositas rendah pada suhu yang rendah, seperti 0W-20 atau 5W-30.

    Memilih oli mesin dengan viskositas yang rendah saat suhu rendah akan memastikan aliran oli yang optimal serta mencegah kerusakan pada saat mesin dihidupkan dalam kondisi suhu yang rendah.

    Pilih oli yang cocok dengan kebutuhan kendaraan kamu

    Selain mempertimbangkan faktor-faktor sebelumnya, kamu juga perlu memperhatikan kebutuhan khusus kendaraan kamu.

    Contohnya, jika kamu menggunakan mobil sport, mungkin kamu memerlukan jenis oli mesin khusus yang dirancang untuk memberikan perlindungan ekstra dan meningkatkan kinerja mesin.

    Lakukan penggantian oli mesin sesuai jadwal

    Selain dalam pemilihan oli mesin yang sesuai, tak kalah penting adalah menjalani jadwal pergantian oli mesin yang dianjurkan.

    Setiap produsen kendaraan memiliki panduan jadwal penggantian oli mesin yang berbeda. Mengganti oli secara teratur adalah langkah penting dalam menjaga kualitas oli mesin dan kinerja mesin secara keseluruhan.

    Ingatlah juga untuk selalu mengganti filter oli mesin bersamaan dengan penggantian oli mesin, karena filter oli mesin yang sudah kotor dapat berdampak pada kualitas oli mesin yang baru kamu masukkan ke mesin.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait