Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTips Mengendarai Motor Kopling yang Aman untuk Pemula

    Tips Mengendarai Motor Kopling yang Aman untuk Pemula

    JAKARTA – Mengendarai motor kopling memang cukup berbeda dengan motor lainnya seperti motor bebek maupun matik. Pasalnya dalam motor kopling Anda perlu menekan tuas kopling dan memindahkan gigi transmisi menggunakan tuas yang berada di dekat kaki kiri saat kendaraan berhenti maupun saat sudah berjalan.

    Dalam mengendarai motor ini tentu harus memperhatikan kondisi keseimbangan saat memindahkan gigi. Karena yang sering terjadi pada pemula adalah belum bisa lancar dalam memindahkan gigi dan melepas tuas kopling dengan benar.

    Maka yang akan terjadi adalah mesin motor tiba-tiba mati atau malah akan melesat karena kondisi tuas kopling yang dilepas secara tiba-tiba dengan posisi tuas gas yang masih ditarik. Dalam keadaan kaget dan panik, tidak jarang para pemula yang baru belajar mengendarai motor kopling akan jatuh.

    Ada baiknya Anda memperhatikan beberapa penjelasan di bawah ini agar tidak terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan saat pertama kali mengendarai motor kopling baru Anda. Hanya butuh waktu singkat untuk memahaminya, apalagi langsung dipraktikkan, tentu akan lebih cepat memahaminya.

    Persiapan Sebelum Mengendarai Motor Kopling

    Dalam mengendarai motor, tentu harus memperhatikan keselamatan dalam berkendara. Meski mengendarainya di jalanan yang sepi, menggunakan motor dengan memperhatikan keselamatan adalah untuk kebaikan diri sendiri dan pengguna jalan yang lain. 

    Maka dari itu sebelum mengendarai motor selalu memastikan beberapa faktor keselamatan seperti mengenakan helm dan sarung tangan. Apalagi saat mengendarai motor dalam jarak jauh.

    Baca juga: 4 Tips Aman Naik Sepeda Motor Kopling Saat Melewati Tanjakan dan Turunan

    Tidak kalah penting, ialah selalu fokus dalam berkendara. Karena dalam mengendarai motor harus selalu menjaga keseimbangan dan memperhatikan keadaan jalan yang dilalui. Apalagi saat mengendarai motor kopling karena harus menekan tuas kopling saat terjadi perpindahan gigi transmisi.

    Sebelum mengendarai motor kopling, Anda sebelumnya harus memahami cara kerjanya. Yaitu dengan menekan tuas kopling saat menaikan atau menurunkan gigi transmisi. Jangan sampai lupa saat berkendara dalam memindahkan gigi namun tidak menekan tuas kopling. Meski dalam beberapa kasus gigi transmisi tetap bisa berpindah, namun dalam keadaan seperti ini malah bisa menyebabkan motor mudah rusak.

    Cara Mengendarai Motor Kopling dengan Benar

    Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengendarai motor kopling adalah cara memindahkan gigi, melepas kopling hingga mengembalikan keadaan gigi transmisi dalam keadaan netral. Beberapa hal tersebut adalah bagian penting dalam mengendarai motor kopling dengan benar. 

    Baca juga: 6 Alasan Motor Kopling Manual Masih Banyak Peminat

    Cara Menurunkan Gigi Motor Kopling

    Melakukan perpindahan gigi transmisi pada motor kopling sangatlah mudah untuk dipahami. Berbeda dengan motor bebek maupun matik yang lebih mudah dalam dalam mengoperasikannya. Apalagi saat menggunakan motor matik Anda hanya perlu menarik tuas gas.

    Nah, untuk motor kopling ini penggunaannya hampir sama seperti motor bebek, namun Anda perlu menekan tuas kopling sebelum melakukan perpindahan gigi.

    Dalam prakteknya, saat menghidupkan motor pastikan dalam keadaan netral. Saat akan digunakan untuk berjalan, tarik tuas kopling lalu gunakan kaki kiri Anda untuk menekan tuas perseneling agar gigi berpindah.

    Lalu saat gigi transmisi sudah masuk, tuas kopling dan tuas gas bisa dilepas dan ditarik secara bersamaan dengan pelan-pelan untuk pertama kali. Namun ketika Anda sudah mahir, melakukan perpindahan gigi seperti ini pasti sudah diluar kepala.

    Namun sebelumnya Anda juga perlu mengetahui posisi gigi dalam motor kopling. Biasanya posisi untuk gigi satu adalah dengan menekan tuas perseneling depan. Lalu untuk penambahannya adalah dengan menekan tuas persneling belakang pada bagian kaki kiri.

    Baca juga: Belajar Naik Motor Kopling? Ini Tips Dasar Biar Mahir!

    Cara Melepas Kopling Motor Agar Mesin Tidak Mati

    Melepas kopling motor bagi seorang pemula, terkadang menjadi butuh waktu untuk adaptasi. Karena dalam beberapa kasus, setelan kopling pada setiap motor tentu berbeda. Apalagi untuk motor bekas, ada kalanya yang cukup panjang, namun ada pula yang pendek.

    Untuk melepas kopling motor dalam putaran mesin rendah agar motor tidak mati adalah dengan cara melepasnya secara pelan-pelan dibarengi dengan menarik tuas gas. Jangan dilepas secara tiba-tiba tanpa menarik tuas gas, karena nantinya motor seperti akan meloncat. 

    Saat memahami motor kopling yang baru akan digunakan adalah dengan beradaptasi dengan setelan koplingnya. Saat dilepas rasakan tarikan mesin yang masih terasa tersebut dan secara perlahan melepas sambil menarik tuas gas dan nantinya akan berjalan lalu lepasnya seluruhkan tuas kopling tersebut.

    Cara Menetralkan Gigi Motor kopling

    Mengembalikan posisi gigi transmisi ke netral tidaklah sulit. Keadaan seperti ini biasanya terjadi saat Anda berada dalam kondisi lampu merah. Biasanya dalam kondisi lampu merah, para pengendara motor kopling akan memposisikan kendaraannya dalam gigi transmisi netral. Sehingga tidak perlu menarik tuas kopling selama menunggu lampu hijau.

    Dalam keadaan berhenti, tarik tuas kopling sepenuhnya dan tinggal diinjak pada bagian perseneling menuju posisi gigi netral. 

    Baca juga: 7 Ciri Kampas Kopling Motor Habis yang Wajib Kamu Tahu

    Cara Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan

    Mengendarai motor kopling di tanjakan adalah dengan memposisikan gigi transmisi satu ataupun dua. Karena dalam kondisi jalan yang menanjak dibutuhkan gigi transmisi kecil agar kuat untuk sampai ke atas. 

    Dalam memindahkannya pun tidak bisa asal-asalan saat hendak menanjak. Seperti halnya menggunakan motor matik maupun bebek. Saat melintasi jalanan menanjak dibutuhkan sebuah ancang-ancang agar tenaga mesin tidak habis secara tiba-tiba di tengah tanjakan. 

    Cara Mengendarai Motor Kopling di Turunan

    Hampir sama seperti saat melintasi jalanan menanjak, saat melintas di jalanan menurun tetap gunakan gigi transmisi rendah agar kendaraan Anda tidak meluncur dengan cepat. Selain menarik tuas rem, saat melalui jalan menurun, Anda perlu menarik tuas kopling untuk memindahkan gigi transmisi ke angka rendah. 

    Dari gigi transmisi rendah ini nantinya akan mengaktifkan fitur engine brake yang membuat kendaraan melaju lebih lambat. Saat sudah melewati turunan, tuas gas tinggal ditarik tanpa memindahkan gigi kembali.

    Jangan lupa bila Anda memiliki mobil yang akan dijual, pastikan untuk memilih mitra terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik dan pembayaran instan.

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait