Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriToyota Fortuner SRZ, Satu-satunya SUV Ladder-Frame Bermesin Bensin

    Toyota Fortuner SRZ, Satu-satunya SUV Ladder-Frame Bermesin Bensin

    Sedang cari mobil keluarga mewah yang tangguh dan tidak berbau asap dari mesin diesel? Jatuhkan pilihan pada satu-satunya SUV ladder frame bertenaga bensin saat ini, yaitu Toyota Fortuner SRZ. Sejak awal kemunculan Fortuner, Toyota konsisten menawarkan dua pilihan jenis mesin. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pasar.

    Tidak ada yang lebih baik dari kedua jenis mesin antara diesel dan bensin. Masing-masing memiliki spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan sendiri. Tinggal pilih mana yang lebih sesuai dengan preferensi Anda. Sebagai gambaran, berikut ulasan mengenai Toyota Fortuner SRZ dengan mesin bensin.

    Spesifikasi Toyota Fortuner SRZ

    Mesin Toyota Fortuner SRZ
    Mesin Toyota Fortuner SRZ (olxautos.co.id)

    Kapasitas mesin Toyota Fortuner SRZ lebih besar dibandingkan dengan versi Dieselnya. Berbahan bakar bensin, mobil ini memiliki tenaga yang tangguh. Kubikasi mesinnya hingga 2.694 CC (2.700 CC), 4-silinder segaris, DOHC, lengkap dengan Dual VVT-i-2TR FE. 

    Karakter bensin 2TR FE tentu sangat berbeda dengan Diesel 2GD-FTV yang biasa digunakan Fortuner. Dengan jantung pacu tersebut, tenaga maksimum yang dikeluarkan mesin mencapai 161 dk pada 3.400 rpm dan torsi maksimum 242,2 Nm pada 4.000 rpm. Daya ini semakin canggih lagi kala dikawinkan dengan transmisi otomatis yang memiliki 6 tingkat percepatan.

    Torsi yang besar, membuat laju lebih ringan, seolah-olah mobil tidak ada beban. Jantung mekanis bensinnya, juga membuat suara mobil jauh lebih halus dan berimbas pada keheningan kabin yang sangat baik. Getaran dan bau asap kendaraan yang terasa juga amat minim. Mekanisme mesin jadi lebih sederhana, sehingga biaya perawatannya juga lebih sedikit pada pemakaian jangka panjang.

    Baca juga: Toyota Fortuner GR Sport Hadir Lebih Garang, Intip Spesifikasi dan Harganya

    Interior Toyota Fortuner SRZ

    Interior Toyota Fortuner SRZ
    Interior Toyota Fortuner SRZ (olxautos.co.id)

    Masuk ke bagian interior, kesan mewah langsung terasa Fortuner SRZ. Bagian door trim dan dashboard sudah disematkan lapisan soft touch. Panel instrumen kombinasi digital dan analog juga terlihat melengkapi bagian dashboard. Bukan hanya itu, pengemudi semakin dimanjakan dengan kemampuan setirnya yang bisa diatur tilt maupun teleskopik. Pada setir, terdapat pula pengaturan audio, MID, cruise control, serta paddle shift sebagai pelengkap transmisi manual.

    Toyota Fortuner SRZ memiliki konfigurasi jok 7-penumpang. Seluruh jok dilengkapi dengan seat belt yang berada pada 3-titik. Khusus pada jok baris kedua ditambahkan armrest yang juga berfungsi sebagai cup holder

    Selebihnya, interior Fortuner SRZ ini sudah dilengkapi dengan handgrip model retract, sun visor yang dilengkapi kaca dan lampu, spion auto dimming, speaker tweeter, jok berbahan kulit, monitor atau media hiburan pada plafon, headrest di 3-titik jok baris kedua, double blower di tiap baris, hingga penutup pintu bagasi dengan tombol. Bagian interior Fortuner SRZ memang tidak perlu diragukan lagi kenyamanannya.

    Eksterior Toyota Fortuner SRZ

    Untuk urusan eksterior, Fortuner memang jagonya punya tampilan mewah dan gagah. Lampu-lampunya sudah dibuat LED, termasuk juga lampu proyektor utama, lampu kabut, sein, hingga DRL (Daytime Running Light). Di bagian depan disematkan pula pemanis pada bodinya berupa underguard berwarna silver.

    Pada bagian roda-roda mobil, ban yang digunakan adalah ban 265/60 dengan ring 18. Ban ini juga membuat tampilan luar Fortuner SRZ terasa begitu maskulin. Bagian eksterior Toyota Fortuner SRZ ini juga disertai wiper belakang, defogger, spion dengan LED, spoiler dengan HMSL, antena shark fin, serta sensor parkir belakang.

    Baca juga: Fortuner TRD Sportivo, Kasta Tertinggi Mobil SUV Toyota Paling Laris

    Fitur Toyota Fortuner SRZ

    Fitur-fitur modern Toyota Fortuner SRZ
    Fitur-fitur modern Toyota Fortuner SRZ (olxautos.co.id)

    Dari segi kenyamanannya, Toyota Fortuner SRZ memiliki beberapa fitur yang nyaris menyerupai kembarannya, Fortuner VRZ. Kemiripannya bisa dirasakan mulai dari bagian luar, yaitu lampu utamanya yang berteknologi Bi-Beam LED. Lampu utama ini memiliki fungsi auto levelling dan “follow me home”.

    Pindah ke bagian kabin, kenyamanan terasa dengan diterapkannya fitur Smart Key dan tombol Start/Stop Engine. Sehingga, pengemudi tidak lagi memerlukan kunci untuk menyalakan mobil. Setir dilengkapi dengan pengaturan tilt-telescopic yang modern dan dipenuhi dengan tombol pengaturan audio, juga koneksi Bluetooth. Kinerja transmisinya juga sudah dilengkapi dengan paddle shift yang timbul di balik kemudi dan cruise control yang membuat penggunanya semakin nyaman berkendara. 

    Head unit-nya yang sudah layar sentuh juga dilengkapi dengan fitur pengecekan saldo e-money. Sehingga, tidak perlu takut kehabisan saldo lagi di tengah jalan melalui tol. Di layarnya, terdapat pengaturan AC digital dan tombol mode berkendara yang terdapat di konsol tengah, bisa diubah pada mode Eco atau Power.

    Untuk fitur keselamatan, Toyota Fortuner SRZ memang tergolong standar. Terdapat 3 airbag dilengkapi dengan airbag tambahan di bagian lutut pengemudi. Mobil ini juga sudah dilengkapi fitur ABS dan EBD. Tersedia juga VSC (Vehicle Stability Control), A-TRC (Auto Traction Control), BA (Brake Assist), HSA (Hill Assist Assist), dan EBS (Emergency Brake Signal). Cukup baik, namun kurang untuk ukuran mobil seharga baru Rp 500 jutaan.

    Baca juga: Harga Toyota Fortuner Bekas Mulai Rp 120 Jutaan

    Harga Baru dan Bekas Toyota Fortuner SRZ

    Dari penjelasan mengenai spesifikasi, eksterior dan interior, hingga fitur-fitur yang dimiliki Fortuner SRZ, kira-kira berapa ya harga baru dan bekasnya? Rupanya, harga baru Toyota Fortuner SRZ mencapai Rp 570 jutaan. Harga baru Fortuner tipe mesin bensin ini memang dipatok lebih mahal dibandingkan dengan versi dieselnya.

    Sementara itu, harga bekas Toyota fortuner SRZ dibanderol mulai dari Rp 300 jutaan sampai Rp 400 jutaan. Perbedaan harga disesuaikan dengan tahun keluaran dan performa mesin. Namun, memang secara harga masih cukup tinggi, sehingga kurang cocok jika Anda mencari SUV di bawah Rp 300 jutaan.

    Toyota Fortuner SRZ ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang ingin membeli SUV dengan mesin halus dan minim getaran. Mobil ini juga sangat ideal untuk Anda yang kurang suka dengan mobil berbau solar atau asap dari mesin Diesel. Tentu saja, tidak cocok bagi Anda yang mencari mobil irit BBM. Mengingat, tenggakan BBM pada mobil ini memang lebih banyak.

    Cari mobil bekas dengan harga masuk akal dan aman digunakan di jalan? Tentu harus fokus pada kualitasnya. Oleh karena itu, #PilihYangPasti untung dan berkualitas hanya di OLX Autos. Anda bisa memilih ribuan unit mobil bekas berkualitas terbaik yang sudah melalui proses inspeksi tim ahli. Dijamin, mobil bekas di sini aman dan nyaman untuk dikendarai bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait