Senin, Juli 22, 2024
Lainnya
    InformasiYuk Intip 6 Jenis dan Harga Bus Pariwisata di Indonesia

    Yuk Intip 6 Jenis dan Harga Bus Pariwisata di Indonesia

    Yuk intip jenis-jenis beserta harga bus pariwisata di Indonesia. Ideal untuk yang tertarik bisnis transportasi atau sekadar penasaran.

    OLX News – Berapa sih harga satu unit bus pariwisata yang sering digunakan oleh Perusahaan Otobus (PO) di Indonesia? Pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak kita, terutama bagi mereka yang ingin terjun ke bisnis transportasi atau sekadar penasaran dengan harga kendaraan besar ini.

    Bisnis sewa bus atau transportasi bus memang tengah marak dan menjanjikan. Di Indonesia, harga satu unit bus pariwisata bisa sangat bervariasi tergantung pada jenis, merek, dan fasilitas yang ditawarkan.

    Untuk lebih jelasnya, yuk kita intip 6 jenis bus pariwisata yang ada di Indonesia beserta daftar harganya!

    Jenis-Jenis dan Daftar Harga Bus Pariwisata di Indonesia

    1. Normal Deck

    Bus jenis Normal Deck adalah bus dengan dek atau lantai yang tidak terlalu tinggi. Desain bus ini memungkinkan kursi sopir sejajar dengan penumpang, sehingga memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan lapang. Biasanya, bus Normal Deck digunakan untuk mengangkut penumpang kelas ekonomi atau menengah ke bawah, karena harga tiketnya yang relatif lebih murah.

    Fasilitas

    • Air Conditioner (AC)
    • Pemutar musik
    • Fasilitas tambahan opsional: Wi-Fi, TV, dan toilet (tergantung operator)

    Harga

    Harga bus Normal Deck berkisar sekitar Rp1 miliar. Harga ini dapat bervariasi tergantung pada spesifikasi dan fasilitas tambahan yang dipilih.

    2. High Decker

    Bus High Decker adalah varian bus dengan dek yang lebih tinggi dibandingkan Normal Deck, yakni sekitar 3,4—3,5 meter. Dengan dek yang lebih tinggi, ruang bagasi bus ini menjadi lebih luas, sehingga memungkinkan untuk mengangkut barang bawaan lebih banyak, bahkan bisa menampung sepeda motor.

    Fasilitas

    • AC
    • Wi-Fi dan TV (tergantung operator)
    • Kaca depan tunggal berukuran besar untuk pemandangan lebih jelas
    • Posisi kursi sopir lebih rendah dibandingkan kursi penumpang

    Harga

    Harga bus High Decker mulai sekitar Rp1,3 miliar. Harga tersebut biasanya belum termasuk fasilitas tambahan seperti kursi, AC, toilet, dan ruang merokok.

    3. Super High Decker

    Super High Decker merupakan jenis bus modern dengan tinggi sekitar 3,8—3,9 meter. Bus ini memiliki bagasi yang sangat luas, bahkan cukup untuk memuat sepeda motor. Desainnya yang tinggi memungkinkan penumpang melihat pemandangan luar dengan lebih leluasa, karena kabin penumpangnya yang berada di posisi tinggi.

    Fasilitas

    • AC
    • TV
    • Wi-Fi
    • Interior mewah dengan fasilitas lengkap untuk kenyamanan penumpang

    Harga

    Harga bus Super High Decker bisa mencapai Rp2 miliar. Harga ini mencerminkan kualitas dan kenyamanan yang ditawarkan oleh bus jenis ini.

    4. High Decker Double Glass

    High Decker Double Glass memiliki bodi panjang dan gagah dengan tinggi sekitar 3,7 meter. Bus ini merupakan pengembangan dari Super High Decker dengan kaca depan ganda yang memberikan tampilan lebih modern dan kekinian. Kaca depan ganda ini tidak hanya menambah estetika, tetapi juga memberikan pandangan yang lebih baik bagi penumpang.

    Fasilitas

    • AC
    • Konfigurasi kursi 2-2 atau 2-3
    • Desain interior modern dengan fasilitas lengkap

    Harga

    Harga bus High Decker Double Glass berkisar antara Rp2—3 miliar. Harga ini tergantung pada spesifikasi dan fitur tambahan yang diinginkan.

    5. Double Decker

    bus pariwisata

    Bus Double Decker, atau dikenal juga sebagai bus tingkat, memiliki dua dek yang terhubung dengan tangga. Tingginya sekitar 4,15 meter dan bus ini cocok digunakan sebagai bus wisata maupun bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Bus ini menawarkan kapasitas penumpang yang lebih besar dengan dua lantai yang terpisah.

    Fasilitas

    • AC
    • Kursi rebahan (di dek bawah)
    • Interior kelas premium dengan berbagai fasilitas modern

    Harga

    Harga bus Double Decker mencapai sekitar Rp3,5 miliar. Harga ini mencerminkan kenyamanan dan kapasitas yang ditawarkan oleh bus tingkat ini.

    6. Ultra High Decker

    Ultra High Decker menggabungkan fungsi bus Super High Decker dan Double Decker dengan tinggi sekitar 4 meter. Bus ini memiliki kabin khusus untuk sopir dan kru di bagian bawah, serta kabin penumpang di bagian atas. Ruang bagasi yang luas berada di kabin bawah, sehingga mampu mengangkut barang dalam jumlah besar.

    Fasilitas

    • AC
    • Ruang bagasi yang sangat luas
    • Interior mewah dengan berbagai fasilitas kenyamanan

    Harga

    Harga bus Ultra High Decker mulai dari Rp2,5 miliar. Harga ini bisa lebih tinggi tergantung pada fitur dan spesifikasi yang diinginkan.

    Memilih bus pariwisata di Indonesia sangat bergantung pada kebutuhan dan anggaran. Dari Normal Deck yang ekonomis hingga Double Decker yang mewah, setiap jenis bus menawarkan pengalaman perjalanan yang berbeda. Dengan harga yang bervariasi dari Rp1 miliar hingga Rp3,5 miliar, ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis atau wisata. 

    Memahami jenis dan harga bus ini dapat membantu kamu dalam membuat keputusan yang tepat untuk investasi atau sekadar menikmati perjalanan dengan kenyamanan maksimal. Selamat memilih bus pariwisata yang sesuai dan nikmati perjalananmu dengan nyaman!

    Dapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Download aplikasinya di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait