Hanya di Mobil Bekas
Jual

Jual Beli Mobil Bekas di Ngampilan

5.640 iklan masuk Ngampilan

Tipe Tampilan

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum dan Sesudah Beli Mobil Bekas Ngampilan

Ketika membeli sebuah mobil bekas, selain harga, pemilihan tempat transaksi juga perlu diperhatikan untuk alasan keamanan. Bagi calon pembeli yang tinggal di daerah Yogyakarta, Anda bisa belanja oto seken dari bursa jual beli mobil bekas Ngampilan lewat OLX. Selain prosesnya praktis, penawaran unit mulai dari harga, tipe, dan merek terbilang beragam. 

Guna memastikan mobil bekas Ngampilan incaran punya kondisi prima, maka pembeli harus memerhatikan 3 hal berikut ini:

1. Usahakan Mobil Incaran Bukan Bekas Kecelakaan

Coba tanyakan kepada pemilik apakah mobil dijual Ngampilan pilihan pernah mengalami kecelakaan? Alasannya karena oto bekas tabrakan berpotensi memengaruhi performa mesin bahkan membuat berkendara jadi kurang nyaman serta berbahaya saat dikemudikan. 

Kalau tak yakin, Anda bisa memerhatikan ciri berikut ini. Pertama, perhatikan area eksterior. Kondisi bodi mobil bekas tabrakan biasanya tak sesuai pada bagian lekukan. Cara lainnya adalah periksa sealer pada daun pintu. Jika tidak orisinal, maka kondisi ini bisa menjadi indikasi kalau kendaraan pernah mengalami kecelakaan. 

Bukan hanya bagian eksterior, benturan hebat ketika tabrakan juga bisa merusak rangka. Cek area kolong, ruang mesin, serta bagasi guna memastikan tidak ada bekas las atau ketokan.

2. Jajal Performa Mobil

Hindari menyetujui transaksi jual beli mobil bekas Ngampilan, bila belum tahu bagaimana performanya. Oleh sebab itu, kabari pemilik kalau Anda akan melakukan test drive. 

Saat test drive berlangsung, pastikan tak ada suara berisik dari audio. Selain itu, buka lebar-lebar jendela mobil supaya terdengar bagaimana deru mesinnya. Mesin sehat umumnya tidak menimbulkan suara kasar ketika dikemudikan atau di-starter

Sebagai salah satu alat keamanan berkendara, mengecek fungsi pedal rem merupakan agenda wajib. Coba injak pedal rem untuk melihat apakah terasa keras. Jika iya, itu berarti ada kerusakan pada booster rem. Bagaimana bila rem terasa masuk ke dalam saat ditekan? Hal tersebut menandakan bahwa bagian master mengalami kerusakan serta perlu diganti agar dapat berfungsi normal. 

Satu lagi komponen yang harus dicek adalah transmisi. Bila Anda merasakan hentakan saat memindahkan gigi, maka ini adalah indikasi transmisi bermasalah. Ciri lain dari transmisi rusak adalah muncul dengung saat berkendara, kendaraan bergetar, gagal melakukan oper gigi walau tuas sudah dipindah, serta tidak kuat melaju melintasi jalanan menanjak.

3. Pastikan Bukan Mobil Bodong

Tak kalah penting dari memeriksa kualitas mesin, keberadaan dokumen resmi seperti STNK serta BPKB juga perlu dicek. Jika keduanya tak ada, maka bisa dipastikan bahwa oto tersebut merupakan mobil bodong. Kalau sudah begini, langkah paling benar adalah membatalkan transaksi jual mobil bekas di Ngampilan daripada harus menjadi buronan polisi. 

Begitu menerima surat-surat kendaraan, langkah selanjutnya yaitu mengecek keasliannya dengan membawa dokumen tersebut ke kantor SAMSAT terdekat. Lewat cara ini, pembeli juga bisa tahu apakah pajak kendaraan mati atau tidak. 

Setelah menjalankan prosedur seleksi, begitu transaksi jual mobil Ngampilan selesai dilakukan, sebagai pemilik baru Anda masih punya pekerjaan lainnya seperti:

  • Urus Balik Nama

Bila mobil bekas murah Ngampilan sudah di tangan, maka jangan menunda urusan balik nama supaya proses pembayaran pajak jadi lebih mudah. Selain itu, apabila urusan balik nama memakan waktu lebih lama hingga melebih tempo pembayaran pajak, maka pemilik baru harus rela merogoh kocek guna membayar denda. 

Oleh karena itu, yuk, segera selesaikan urusan ini. Apalagi persyaratannya tidak begitu sulit. Pemilik hanya perlu mendatangi SAMSAT terdekat lengkap dengan dokumen pendukung seperti KTP, STNK, BPKB, dan kuitansi pembelian. Pastikan dokumen tadi telah digandakan sebanyak dua rangkap. 

Begitu tiba di SAMSAT, Anda akan diarahkan melakukan cek fisik kendaraan. Setelah itu proses dilanjutkan ke pendaftaran balik nama STNK juga BPKB. 

  • Lakukan Servis Lengkap

Biar kondisi mobil kesayangan makin prima, selesai balik nama sebaiknya lakukan servis lengkap seperti mengganti oli dan filternya, busi, karet wiper, filter udara hingga melakukan tuneup. Minta mekanik memeriksa kondisi ban apakah butuh diganti juga. 

Demikian hal-hal yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah transaksi jual mobil Ngampilan. Jangan sampai melewatkan kelima tips di atas, ya. Selamat berbelanja!

Lihat lainnya