Hanya di Mobil Bekas
Jual

Jual Beli Mobil Bekas di Tanjung Priok

37.773 iklan masuk Tanjung Priok

Tipe Tampilan

Ingin Mendapatkan Mobil Bekas Tanjung Priok Berkualitas? Ini yang Harus Dicek

Tanjung Priok terkenal sebagai kawasan pelabuhan besar sejak dulu. Wilayah ini sekarang telah mengalami pembangunan pesat seperti wilayah lainnya di Jakarta. Infrastruktur di sini pun terbilang lengkap. Agar bepergian semakin mudah & nyaman, pertimbangkan membeli mobil bekas Tanjung Priok.

Cara Mengenali Mobil Bekas Banjir

Banyak alasan mengapa orang menjual mobil. Misalnya, ingin membeli tipe terbaru, butuh uang dalam jumlah besar atau mendadak, atau karena mobilnya bermasalah. Karena Tanjung Priok adalah daerah langganan banjir, Anda perlu berhati-hati sebelum membeli mobil bekas. Kendaraan bekas terendam banjir biasanya memiliki masalah pada mesin, sistem kelistrikan, atau bagian bodi karena pernah terkena air.

Nah, setelah mendapatkan kendaraan impian dari tempat jual mobil bekas di Tanjung Priok, kenali tanda-tanda berikut untuk mengetahui apakah mobil itu bekas banjir atau tidak.

1. Bagian Dalam Berbau Apek

Perhatikan bagian dalamnya, jika tercium bau tidak sedap atau apek, kemungkinan unit tersebut pernah terendam dan ada bagian yang belum benar-benar kering. Ada juga orang jual mobil Tanjung Priok mengakalinya dengan parfum atau pewangi mobil, tetapi hasilnya baunya terlalu mencolok hidung & tidak enak. 

2. Endapan Lumpur, Kotoran, atau Air 

Sisa-sisa lumpur & kotoran tidak seluruhnya dapat dibersihkan setelah terendam banjir. Oleh sebab itu, periksa dengan teliti pada sudut hingga sela-sela bagian dalam, seperti sudut panel pintu, sela-sela rel jok, & lubang kisi-kisi AC.

Selain lumpur, kendaraan bekas banjir juga biasanya masih memiliki sisa air di dalamnya. Lihat kaca lampu depan & belakang. Jika terdapat uap air seperti embun sedangkan kaca tidak pecah atau retak, kemungkinan pernah terendam air hingga ke bagian tersebut.

3. Terdapat Karat

Banjir seringkali menyisakan karat pada bagian body, kolong, pedal, hingga bawah jok. Karat juga dapat menyerang baut serta bumper pada rem tangan. Cek bagian tersebut dengan lebih teliti apabila Anda mencurigai mobil bekas murah Tanjung Priok tersebut pernah terkena banjir.

4. Kerusakan Mesin

Selain kondisi bodi mengalami kerusakan dan sisa-sisa kotoran, mesin juga turut terdampak oleh air banjir. Periksa oli mesin, jika warnanya cokelat atau putih keruh seperti susu, artinya mesin kendaraan tersebut pernah kemasukan air. Cek juga apakah suara mesin terdengar kasar juga keras dibandingkan suara mesin normal pada umumnya. 

5. Kerusakan Peralatan Elektronik

Peralatan & fitur yang menggunakan listrik akan rusak jika terkena air, begitu juga pada mobil. Pastikan perangkat elektronik seperti audio, lampu, wiper, serta AC bekerja normal ketika Anda memeriksanya. Selain itu, lampu indikator EPS (Electric Power Steering) pada dashboard harus dalam keadaan tidak menyala. Jangan lupa, coba hidupkan mobil dan jalankan. Mobil dijual Tanjung Priok yang pernah terendam banjir, biasanya sulit dihidupkan, sehingga perlu waspada.

Rekomendasi Mobil Bekas Tanjung Priok

Tanjung Priok merupakan daerah rendah yang beberapa bagiannya menjadi langganan banjir. Oleh sebab itu, Anda memerlukan kendaraan paling tepat untuk daerah rawan banjir yaitu SUV atau Sport Utility Vehicle. Jenis SUV ini memiliki kaki-kaki kuat, bodi gagah,  serta ground clearance tinggi.

Kategori paling dicari dari SUV adalah full-size SUV. Full-size SUV mempunyai ukuran bodi, silinder, dan torsi lebih besar daripada SUV biasa. Model full-size SUV paling popruler antara lain Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Nissan X-Trail, hingga Chevrolet Trailblazer.

Bodi mobil gagah dan tinggi menjamin keamanan dikendarai ketika musim hujan karena mampu menembus genangan air cukup tinggi. Meski demikian, jika air sudah setinggi kap mesin sebaiknya tidak memaksakan menerjang banjir. Di samping itu, kapasitasnya juga cukup untuk memuat hingga 7 orang, sehingga cocok untuk mobilitas keluarga di musim hujan.

Untuk menghindari pengalaman tidak menyenangkan dan kerugian karena membeli mobil bekas di daerah banjir, sebaiknya Anda mengecek dengan cermat. Jika kurang memahami bagian mesin, Anda dapat menggunakan layanan inspeksi dari marketplace jual beli mobil bekas Tanjung Priok OLX yang terpercaya.

Lihat lainnya