Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & Trik4 Langkah Mudah Merawat Cat Doff di Kendaraan

    4 Langkah Mudah Merawat Cat Doff di Kendaraan

    Karakter cat doff beda dengan cat glossy atau mengkilap, jangan sampai salah dalam merawat cat doff, bisa-bisa cat doff berubah jadi glossy loh!

    News.OLX – Belakangan tren cat di kendaraan sedikit bergeser dari yang jenis glossy menjadi matte atau lebih dikenal dengan warna doff.

    Jadi jangn heran kalau kini banyak pabrikan motor yang menawarkan warna doff di produk keluaran terbarunya.

    Yang perlu kita ketahui secara bersama adalah, karakter cat doff berbeda dengan yang cat glossy atau mengkilap, jadi jangan sampai melakukan kesalahan dalam perawatannya.

    Contohnya pada motor warna jenis doff dipoles layaknya cat glossy yang mengakibatkan dari doff menjadi glossy.

    Merawat body motor berwarna doff memang perlu dilakukan dengan hati-hati dan perlu perhatian lebih.

    Diantaranya jangan sering terpapar sinar matahari, akibatnya nanti warna akan bisa memudar.

    Nah! Bagaimana merawat kendaraan yang punya warna doff, berikut adalah 4 langkah mudah merawat cat doff:

    1. Mencuci secara teratur

    Dengan mencuci sepeda motor secara teratur bisa mempertahankan warna cat bodi tetap terlihat bersih dan menghilangkan noda debu hingga aspal jalanan. Gunakanlah sabun khusus untuk mencuci sepeda motor.

    Jangan gunakan sabun yang mengandung deterjen karena bisa membuat cat motor cepat terlihat kusam. Selain itu untuk selalu pastikan menggunakan sabun dengan PH yang netral.

    2. Penggunaan kain pembersih yang tepat

    Setiap bagian motor yang dicuci alangkah baiknya menggunakan kain lap yang berbeda. Misalnya kain pencuci untuk bagian bagian roda dan mesin, bedakan  dengan bagian bodi motor.

    Hal ini bertujuannya agar kotoran yang sudah menempel di lap karena membersihkan roda, tidak merusak lapisan cat bodi sepeda motor.

    Kotoran halus yang tetap menempel pada lap akan menimbulkan baret dan garis-garis halus pada cat motor.

    Permukaan cat doff lebih kasar dari cat metalik atau glossy sehingga dibutuhkan kain halus dan lembut agar tak membuat cat tergores atau baret. Ingat, lap bodi motor saat basah.

    3. Parkir di tempat yang teduh, terhindar dari matahari

    Menjadi salah satu yang tidak kalah penting, usahakan mencari lokasi parkir di tempat yang tidak langsung terpapar sinar matahari.

    Sering terpapar sinar matahari secara langsung akan membuat warna cat doff pada bodi sepeda motor akan lebih cepat kusam.

    Bila perlu gunakan cover atau sarung motor untuk melindungi cat body motor dari sorotan sinar matahari.

    Jika harus parkir di bawah pohon, waspadai kemungkinan terkena getah, kejatuhan ranting atau buah serta kotoran hewan yang dapat menyebabkan kerusakan warna pada cat.

    4. Menggunakan Cairan Khusus Pembersih

    Merawat Cat Doff

     

    Cairan poles waterbase lebih aman bagi cat berwarna doff dan tidak menimbulkan efek glossy. Karena itu, carilah cairan atau treatment khusus untuk motor warna doff. Karena cairan khusus warna doff biasanya membuat permukaan doff semakin tebal sehingga tekstur doffnya jadi semakin terlihat.

    Cara membedakannya obat poles berbahan dasar air dan minyak cukup mudah, rasakan perbedaannya dengan jari atau telapak tangan. Jika tangan terasa licin bisa dipastikan obat poles itu menggunakan bahan dasar minyak. Tapi jika tidak terasa licin dan cepat menguap, itu artinya obat poles tersebut menggunakan bahan dasar air.

    Salah satu produk yang direkomendasikan untuk merawat cat doff di kendaraan adalah Purewax Waterless Wash, yang merupakan semprotan hidrofobik pembersih all in one, pembersihan tanpa air yang dapat membuat kilau dan aman untuk semua lapisan cat.

    Itulah 4 langkah mudah merawat cat doff di kendaraan kesayangan kalian. Jadi jangan sampai tidak dilakukan.

    Menemukan pilihan motor bekas dengan cat doff bisa kalian lakukan dengan mengakses OLX. Download aplikasinya di Google Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait