Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Merawat Body Motor Berwarna Doff

    Cara Merawat Body Motor Berwarna Doff

    Cat doff memiliki kelebihan lebih tahan gores dan lebih mudah dibersihkan.

    News.OLX – Warna doff atau matte pada body motor memberikan sentuhan elegan dan eksklusif yang berbeda dari jenis cat standar atau metalik. Jenis cat  ini juga memberikan kelebihan kepada body motor seperti tahan gores dan lebih mudah dibersihkan.

    Di balik banyak kelebihannya, perlu diperhatikan bahwa karakter cat doff ini memerlukan perhatian khusus agar tetap terjaga dan tidak mudah pudar.

    Berikut adalah beberapa cara dan kiat efektif untuk merawat sepeda motor dengan warna doff agar tetap awet dan memukau.

    1. Hindari paparan sinar matahari langsung

    Sebisa mungkin hindari menyimpan atau memarkirkan sepeda motor berwarna doff di bawah sinar matahari langsung. 

    Paparan sinar matahari dapat menyebabkan warna doff menjadi pudar dan bahkan menimbulkan jamur. Pilih tempat penyimpanan yang teduh untuk menghindari kerusakan tersebut.

    2. Gunakan sabun pH netral

    Saat mencuci body motor, hindari penggunaan sabun yang mengandung deterjen seperti cairan cuci piring yang bersifat asam. Sabun ini dapat membuat cat doff lebih cepat memudar. 

    Pilih sabun dengan pH netral, seperti sampo khusus kendaraan, untuk menjaga keindahan warna doff pada body motor.

    body motor (1)

    3. Pilih bahan pembersih yang tepat

    Gunakan kain microfiber dan spons yang lembut saat mencuci motor. Hindari bahan yang kasar, karena dapat meninggalkan goresan pada bodi motor. Sebaiknya, pilih produk pembersih yang dirancang khusus untuk body motor cat doff.

    4. Hindari penggunaan cairan pemoles berbahan minyak

    Saat melakukan pemolesan, hindari penggunaan cairan pemoles dengan bahan dasar minyak, karena dapat membuat body motor cat doff menjadi mengilap. Gunakan cairan pemoles dengan bahan dasar air untuk menjaga keaslian warna doff pada body motor.

    5. Perhatikan noda atau bercak

    Jika terdapat noda atau bercak, segera bersihkan dengan waterspot remover. Semprotkan cairan ini dan lap secara perlahan hingga noda hilang tanpa merusak permukaan cat doff.

    6. Perawatan untuk baret halus

    Untuk baret halus, pemolesan dapat menjadi solusi. Pastikan menggunakan cairan pemoles dengan bahan dasar air agar tidak mengubah tampilan cat doff menjadi mengilap.

    Dengan menjalankan langkah-langkah perawatan ini, kamu dapat memastikan body motor berwarna doff tetap terjaga keindahannya dan memiliki usia pemakaian yang lebih panjang.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait