Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tips & Trik5 Cara Menghilangkan Bawah Setrika yang Kotor

    5 Cara Menghilangkan Bawah Setrika yang Kotor

    Cara menghilangkan bagian bawah setrika yang kotor bisa dengan lap basah hingga gosokkan setrika ke daun pisang.

    News.OLX – Seringkali, setrika yang sudah dipakai dalam kurun waktu lama akan kotor di bagian bawahnya. Masalahnya, noda kotor ini tidak jarang juga berpindah ke pakaian yang kamu gosok.

    Kalau kainnya berwarna cerah, tentu ini akan membuat pakaian kamu malah tampak buruk. Untungnya, ini masih bisa kamu atasi dengan cara membersihkan setrika. Agar tidak bingung, kamu bisa ikuti beberapa cara di bawah ini!

    1. Gunakan Lap Basah

    Coba lihat noda yang ada pada bagian bawah gosokan kamu, apakah tebal atau tidak terlalu? Kalau nodanya masih tipis, kamu bisa gunakan lap basah untuk menghilangkannya.

    Cukup kamu lap secara perlahan ke area yang kotor berkali-kali. Pastikan kamu lakukan ini dalam keadaan listrik mati, ya, agar tidak melukai tangan. Bila sudah selesai, keringkan dengan lap bersih.

    2. Gosok Halus Setrika dengan Garam dan Cuka

    Pada beberapa setrika, memang ada yang nodanya cukup tebal dan tidak mempan bila hanya kamu bersihkan dengan lap basah. Nah, untuk kasus-kasus seperti ini, kamu bisa gunakan campuran garam dan cuka.

    Untuk campurannya, kamu bisa takar secukup saja, ya. Cukup pastikan teksturnya seperti pasta atau butiran scrub. Jika sudah, kamu bisa oleskan pada bagian yang berkerak.

    Lalu, gosok secara perlahan pada permukaan bagian bawah gosokan kamu hingga nodanya hilang. Setelah noda hilang, kamu bisa bersihkan residunya hingga bersih.

    setrika (1)

    3. Sikat Halus Setrika dengan Pasta Gigi

    Pasta gigi adalah salah satu bahan yang juga sering digunakan untuk membersihkan kerak karena sifatnya yang meluruhkan kotoran. Nah, ini juga bisa kamu gunakan pada kerak yang menempel di bagian bawah gosokan.

    Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu gunakan pasta dan sikat gigi yang halus. Lalu, oleskan pasta gigi secara merata pada area kerak.

    Setelah itu, dengan sikat gigi yang halus, kamu bisa gosok secara perlahan hingga nodanya hilang. Terakhir, jangan lupa bersihkan sisa-sisanya, ya.

    4. Sikat Halus dengan Soda Kue dan Air

    Selain pasta gigi, kamu juga bisa gunakan soda kue, lho. Ini juga sering orang-orang gunakan untuk membersihkan bagian bawah wajan yang berkerak agar kembali kinclong.

    Karena itu juga, soda kue bisa jadi salah satu metode yang tepat untuk membersihkan gosokan kamu di rumah. Kamu hanya perlu campurkan soda kue dan air hingga membentuk pasta.

    Selanjutnya, oleskan pada bagian bawahnya dan gosok dengan sikat gigi yang halus. Bila sudah bersih, kamu bisa lap dengan handuk basah dan keringkan.

    5. Gosokkan Setrika ke Daun Pisang

    Cara membersihkan setrika yang terakhir adalah dengan menggosokkannya ke daun pisang. Nah, daun pisang sendiri sebetulnya memiliki minyak alami di dalamnya.

    Yang mana, ini dapat sangat membantu kamu untuk mengatasi kerak yang menempel. Kamu cukup panaskan setrikaan dan gosokkan ke daun pisang yang sudah kamu bersihkan.

    Nantinya, kerak-kerak yang menempel ini akan beralih ke daunnya. Kamu bisa lakukan beberapa kali hingga nodanya hilang.

    Selain beberapa metode di atas, ada beberapa cara membersihkan setrika lainnya yang bisa kamu lakukan. Misalnya seperti dengan menggunakan cairan pembersih khusus atau bahan lainnya.

    Nah, jika kamu ingin mencari peralatan rumah tangga lainnya, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait