Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    Informasi5 Hal Ini Bikin Shockbreaker Motor Mudah Rusak

    5 Hal Ini Bikin Shockbreaker Motor Mudah Rusak

    Shockbreaker yang rusak bisa membuat motor jadi tidak stabil, lho. Lihat apa saja penyebab rusaknya di sini!

    News.OLX – Ketika shockbreaker motor sudah rusak, ini akan membuat kamu menjadi tidak nyaman saat berkendara. Hal ini lantaran keseimbangan motor sudah berkurang, sehingga sudah tidak stabil lagi.

    Oleh karena itu, kamu harus hindari beberapa penyebab shockbreaker motor rusak. Agar lebih jelas, kamu bisa simak rangkuman di bawah ini!

    1. Beban Motor yang Berlebihan

    Fungsi shockbreaker pada motor yang paling utama adalah untuk menjaga keseimbangan atau kestabilan kendaraan kamu. Supaya saat melewati jalan yang tidak rata, motor masih bisa menahan beban kamu dengan stabil.

    Namun, fungsi ini jelas bisa menurun kalau beban motor kamu terlalu berlebihan. Bagian dari suspensi ini akan bekerja lebih keras untuk menahan guncangan sambil menahan beban penumpang atau barang di atasnya.

    Bila ini terjadi terus-menerus, bukan tidak mungkin bagian ini akan cepat rusak akibat kinerjanya yang terlalu berat.

    shockbreaker 1

    2. Kebocoran Oli Shockbreaker

    Ketika motor kamu melewati jalanan yang berlubang atau polisi tidur, bagian suspensi yang satu ini akan mengalami gesekan. Karena itu, harus ada oli yang melapisi supaya gesekannya tidak terlalu parah dan membuatnya lebih cepat aus.

    Namun, bila terjadi kebocoran oli akibat adanya keretakan di bagian tersebut, gesekan yang terjadi tentu akan lebih parah. 

    Sehingga, ini akan membuatnya lebih cepat rusak. Karena itu, kamu harus memastikan tidak ada oli yang bocor dari bagian suspensi ini supaya motor tetap stabil di jalanan.

    3. Jarang Mengganti Oli

    Selain kebocoran, jarang mengganti oli juga bisa jadi salah satu penyebab shockbreaker motor rusak. Seperti pada poin sebelumnya, peranan oli pada suspensi motor kamu itu sangat penting.

    Tanpa adanya oli, gesekan yang terjadi akan sangat keras dan membuat motor jadi tidak empuk lagi. Bila kamu jarang menggantinya atau bahkan tidak pernah, ini tidak akan cukup untuk melumasi bagian suspensi.

    Selain itu, kotorannya juga bisa merusak bagian suspensi yang satu ini. Sehingga, motor pun jadi tidak nyaman untuk kamu kendarai, terutama saat melewati jalanan yang buruk.

    4. Komponen Internal Mengalami Kerusakan

    Agar motor tetap stabil dan empuk ketika melewati berbagai jenis jalanan, shockbreaker membutuhkan klep serta per. Namun, kedua komponen ini bisa saja rusak karena beban motor yang berlebih maupun akibat benturan.

    Bila kedua komponen internal ini rusak, sudah pasti bagian suspensi yang satu ini tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Alhasil, motor tidak terasa empuk lagi saat melewati jalanan yang berlubang atau polisi tidur.

    5. Cara Berkendara yang Buruk

    Penyebab shockbreaker motor rusak yang terakhir adalah cara berkendara kamu yang sangat buruk. Banyak orang seringkali tidak peduli dengan lubang atau polisi tidur yang ada di depan mereka.

    Banyak yang langsung menghantam lubang dan polisi tidur tanpa menurunkan kecepatan motor lebih dulu. Alhasil, ini membuat beberapa komponen di dalam cepat rusak, termasuk bagian suspensi ini.

    Shockbreaker adalah salah satu bagian penting dari motor kamu. Karena dengan adanya komponen ini, motor bisa tetap stabil meskipun melewati jalanan yang tidak mulus.

    Oleh sebab itu, komponen ini harus kamu rawat dengan baik agar motor tetap terasa nyaman meski umurnya sudah menua.

    Nah, bila kamu ingin mencari sparepart untuk mengganti komponennya yang rusak, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait