Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & Trik7 Tips Bersihkan Microwave di Dapur

    7 Tips Bersihkan Microwave di Dapur

    Noda dan bau hilang, begini 7 tips bersihkan microwave mudah dengan bahan-bahan dapur.

    News.OLX Microwave menjadi salah satu peralatan elektronik dapur yang wajib seseorang miliki di rumah. Kemampuannya memanaskan makanan dengan cepat dan praktis menjadikannya favorit banyak orang. Namun, oven yang sering digunakan tak luput dari kotoran dan bau.

    Buat kamu yang mengalami masalah serupa, jangan khawatir! Artikel ini akan membagikan 7 tips jitu untuk membersihkan microwave di dapur.

    1. Cara Membersihkan Microwave di Rumah Secara Sederhana dengan Sabun Cuci Piring

    Langkah pertama dan paling penting adalah selalu mencabut colokan listrik microwave sebelum membersihkannya. Hal ini untuk menghindari risiko tersengat listrik. Kemudian, siapkan peralatan untuk membersihkan, seperti kain microfiber, air, spons, dan sabun.

    Bersihkan bagian dalam dan luar pintu oven dengan kain microfiber yang lembab. Bagian noda membandel bisa menggunakan spons. Gosokkan spons hingga noda memudar hingga menghilang.

    Kamu juga bisa tambahkan sabun cuci piring sedikit agar lebih mudah menghilangkan kotoran. Hindari penggunaan deterjen keras atau pembersih abrasif karena dapat merusak permukaan.

    Perhatikan sela-sela karet pintu yang mungkin menyimpan kotoran dan sisa makanan. Di sisi lain, lepas piring putar dan bersihkan secara menyeluruh.

    2. Bersihkan Kotoran dengan Larutan Cuka

    Bersumber dari National Science Foundation, kandungan 5% asam asetat dalam cuka memiliki tingkat efektivitas cukup baik dalam memecah struktur kotoran, minyak, lapisan tipis, juga noda dalam permukaan. Namun, perlu juga kamu perhatikan bahwa zat asam berlebihan bisa merusak permukaan.

    Jika kamu ingin menggunakannya untuk membersihkan oven, lakukan langkah berikut.

    • Isi mangkok khusus yang memiliki ketahanan terhadap panas dengan air dan cuka. Aduk hingga keduanya tercampur rata.
    • Letakkan mangkok di dalam oven kemudian hidupkan selama 1-2 menit hingga mendidih.
    • Setelah mati, biarkan mangkok tetap di dalam agar uapnya menyebar.
    • Terakhir bersihkan bagian dalam kemudian ke luar.

    Fakta menarik lain, cuka bisa melawan aroma tak sedap. Jadi, cuka bisa menetralisir bau dari microwave.

    lemon

    3. Bersihkan Menggunakan Air Lemon

    Selain itu, air lemon juga bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan noda bagian dalam juga pewangi alami yang akan menghilangkan bau microwave dan menggantinya dengan bau segar.

    Caranya tak jauh berbeda dengan poin kedua. Kamu bisa siapkan mangkok khusus berisi air dan perasan lemon. Setelahnya, panaskan hingga mendidih di microwave dan diamkan hingga uap menyebar.

    Begitu sudah mendingin, mulai cabut kabel dan bersihkan bagian dalam hingga luar.

    4. Hilangkan Bau Tak Sedap dengan Baking Soda

    Baking soda juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan aroma tak enak. Di sini, kamu membutuhkan 2 sendok makan baking soda dan 1 gelas air hangat. Larutkan baking soda dalam air kemudian panaskan hingga mendidih.

    Setelahnya diamkan hingga mendingin, keluarkan, dan mulai bersihkan dari dalam ke luar.

    5. Bersihkan Pintu dengan Pembersih Jendela

    Ya, kamu juga bisa memanfaatkan cairan pembersih jendela bebas amonia untuk membersihkan permukaan pintu microwave. Untuk itu, kamu membutuhkan spons atau kain microfiber untuk mengaplikasikannya.

    6. Manfaatkan Spons untuk Membersihkan Microwave Tanpa Repot Menggosok Permukaan

    Zeynep Mehmetoglu, membeberkan rahasianya dalam membersihkan oven hanya dengan spons. Menurut pakar pembersih di layanan Maid Bright, Washington DC ini, kamu bisa membersihkan oven dengan spons lembab yang sudah diberi setetes sabun cuci piring.

    Setelahnya semprot bagian dalam oven dengan perbandingan campuran air sedikit dan minyak esensial (paling bagus lemon atau jeruk) sebanyak 5 tetes. Kemudian, panaskan spons selama 2-3 menit dan diamkan hingga mendingin sebelum kamu gunakan untuk menyeka permukaan oven.

    7. Bersihkan dengan Cairan Khusus

    Saat ini, sudah tersedia cairan khusus untuk membersihkan oven. Kamu bisa mencari produknya melalui e-commerce. Pengaplikasiannya mudah. Ada yang perlu dicampur dengan air atau disemprot kemudian dilap.

    Seluruh produk pembersihan microwave di atas bisa kamu dapatkan di OLX. Download aplikasi OLX sekarang melalui Google Play Store atau App Store untuk akses lebih mudah dan praktis.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait