Kamis, Juni 13, 2024
Lainnya
    Tips & Trik8 Kiat Mengemudi Ini Bisa Bikin Mobil Irit BBM

    8 Kiat Mengemudi Ini Bisa Bikin Mobil Irit BBM

    Banyak yang belum tahu kalau cara mengemudi bisa membuat mobil irit BBM. Ya, hal ini bisa kamu terapkan jika ingin menekan konsumsi BBM.

    News.OLX – Nggak cuma bikin mobil irit BBM, dengan menerapkan cara berkendara ini, performa mobil juga menjadi lebih prima, menghemat pengeluaran dan mengurangi dampak kerusakan lingkungan. 

    Baca juga: Ketemu Lane Hogger di Jalan Tol, Begini Cara Menghadapinya

    Berikut adalah beberapa tips untuk mengemudi secara efisien agar mobil kamu lebih irit bahan bakar

    1. Pertahankan kecepatan bikin mobil irit BBM

    Cobalah untuk mengemudi dengan kecepatan yang konsisten dan stabil. Sebab, perubahan kecepatan yang berkelanjutan sering dapat mengurangi efisiensi bahan bakar.

    Untuk mendukung hal ini kamu bisa untuk memberikan estimasi dalam berkendara yaitu tidak terburu-buru saat di jalan untuk  menjaga kecepatan agar tetap konstan. Dampak positifnya adalah bisa memberikan rasa aman dan nyaman juga dalam berkendara.

    2. Hindari mempercepat mendadak dan mendekat

    Jika kamu menemui kasus dengan pengemudi lain yang ugal-ugalan, lebih baik kamu menghindari akselerasi mendadak dan pengereman keras. 

    Baca juga: Cat Mobil Matte atau Doff, Bagaimana Cara merawatnya?

    Cobalah untuk merencanakan pergerakan kamu dan memberi cukup ruang dengan kendaraan di depan kamu sehingga kamu dapat mengurangi atau menghindari penggunaan rem.

    3. Gunakan Cruise Control

    Jika mobil dilengkapi dengan cruise control, saran untuk kamu adalah bisa memaksimalkan dan menggunakan fitur ini saat mengemudi di jalan tol atau jalan raya yang datar. Ini dapat membantu menjaga kecepatan yang stabil dan konsisten.

    4. Perhatikan RPM

    Cobalah untuk menjaga RPM (putaran per menit) mesin dalam kisaran yang efisien. Idealnya, kamu bisa mempertahankan RPM pada kisaran 1.500 hingga 2.500 RPM.

    5. Matikan mesin jika mobil berhenti cukup lama

    Jika kamu akan berhenti untuk waktu yang lama, seperti di tempat parkir atau ketika sedang menunggu, sebaiknya matikan mesin mobil kamu. Mesin yang hidup saat berhenti akan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar.

    Mobil irit bbm (2)

    6. Periksa tekanan ban

    Tekanan pada ban sangat mempengaruhi konsumsi BBM. Semakin rendah tekanan ban, semakin besar beban yang diterima mesin dan semakin besar gaya yang dihasilkan mesin untuk menjalankan kendaraan, sehingga membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih besar

    Untuk itu, pastikan tekanan ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan atau teknisi andalan kamu. Selain bikin konsumsi BBM lebih boros, kondisi ini juga membuat berkendara menjadi tidak nyaman.

    7. Hindari membawa beban yang berat

    Kebiasaan yang sering dilakukan pengemudi adalah menyimpan barang-barang berat di mobil. Padahal, hal tersebut akan membuat tekanan pada mobil menjadi tidak seimbang dan mempengaruhi konsumsi BBM.

    Untuk itu, sebaiknya kamu hilangkan barang-barang berat atau peralatan yang tidak perlu dari dalam mobil. Mobil yang lebih berat memerlukan lebih banyak tenaga untuk bergerak.

    8. Gunakan AC dengan bijak

    Jika kamu sering menggunakan AC dengan suhu yang dingin, otomatis mesin akan bekerja lebih keras untuk bisa menyesuaikan suhu yang diinginkan.

    Lebih baik gunakan AC dengan bijak karena itu dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Selain itu, ketika berhenti untuk waktu yang lama, gunakanlah ventilasi alami atau AC dengan pengaturan yang lebih rendah.

    Tidak sulit kan langkah-langkahnya? Jadi, kalau mau konsumsi BBM kamu lebih irit, yuk perbaiki gaya mengemudi kamu!

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga bisa cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait