Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBukannya Mendinginkan, AC Justru Bisa Jadi Penyebab Mobil Overheat

    Bukannya Mendinginkan, AC Justru Bisa Jadi Penyebab Mobil Overheat

    Ternyata overheat juga bisa disebabkan oleh AC, lho!

    News.OLX – Bagi para pemilik mobil, overheat menjadi hal yang menakutkan bagi setiap pengemudi. Namun, ternyata salah satu penyebab umum dari overheat pada mobil ternyata adalah penggunaan AC yang berlebihan.

    Penyebab mobil overheat karena AC

    AC mobil yang berfungsi sebagai penyejuk udara saat dalam perjalanan berkendara, justru bisa menjadi salah satu penyebab utama masalah serius pada mobil. Mengapa demikian?

    1. Mesin kurang cairan dan pelumas

    Salah satu faktor yang berperan terhadap kinerja mesin mobil ialah suhu yang terjaga dengan baik. Dengan kata lain, mesin mobil bekerja dengan efisien dalam suhu yang optimal.

    Saat suhu mesin melebihi batas normal, tentunya risiko overheat meningkat. AC mobil dapat mempengaruhi suhu mesin melalui beberapa mekanisme. Pertama, AC mobil menggunakan kompresor untuk mengkondisikan udara.

    Ketika AC dinyalakan, beban tambahan diberikan mesin untuk menghasilkan daya yang diperlukan oleh kompresor. Itu artinya, mesin perlu bekerja lebih keras dan menghasilkan panas yang lebih banyak juga.

    Apabila kondisi mesin tidak optimal dengan sistem pendinginan yang buruk atau kurangnya cairan pendingin/radiator, beban tambahan dari AC bisa membuat mesin menjadi overheat.

    2. Kerusakan kondensor

    AC mobil mengeluarkan panas dari dalam kabin melalui kondensor yang terletak di depan radiator. Kondensor ini memiliki peran penting dalam membuang panas yang dihasilkan oleh AC.

    Namun, jika kondensor tidak berfungsi dengan baik, karena adanya kotoran atau kebocoran, efisiensi pendinginan keseluruhan akan terpengaruh.

    Radiator sebagai cairan pendingin akan terbebani dengan panas tambahan dari kondensor yang tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, suhu mesin akan meningkat dan risiko overheat akan meningkat pula.

    overheat (2)

    3. Faktor pengemudi

    Saat suhu di dalam mobil sangat tinggi, banyak pengemudi yang cenderung mengandalkan AC dalam tingkat maksimum untuk mencapai pendinginan yang cepat.

    Namun, sayangnya penggunaan AC pada tingkat maksimum dalam waktu yang lama, akan menyebabkan beban panas yang signifikan pada mesin.

    Jika perjalanan panjang menggunakan AC di tingkat maksimum secara terus menerus, risiko overheat mobil menjadi sangat tinggi.

    Itulah beberapa alasan mengapa menggunakan AC mobil secara berlebih dapat menyebabkan masalah serius pada mesin atau menyebabkan overheat.

    Tentunya kamu perlu lebih memperhatikannya dengan merawatnya agar potensi overheat yang dialami mobil kamu semakin kecil. Selain informasi berikut, kamu juga bisa mendapatkan informasi dan tips-tips bermanfaat lainnya seputar otomotif di OLX.

    Kamu juga dapat membeli mobil atau motor impian kamu di OLX Member of Astra sekarang juga. Yuk kunjungi website OLX atau kamu dapat mengunduh aplikasi OLX di Play Store atau di App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait