Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    ReviewJenis-jenis Freon AC Mobil, Kenali Jangan Salah Isi

    Jenis-jenis Freon AC Mobil, Kenali Jangan Salah Isi

    Freon AC Mobil menghasilkan hembusan udara dingin di kendaraan. Apa saja jenisnya?

    News.OLX – Freon AC mobil menjadi salah satu komponen penting dalam unit roda empat. Komponen inilah yang menjadikan pendingin kendaraan mampu bekerja efektif dalam menurunkan temperatur. 

    Tanpa komponen ini, kamu tentu tidak akan merasa nyaman mengemudi karena terpapar udara dengan temperatur tinggi. Lalu, apa saja jenisnya? Mari ketahui masing-masing agar kamu tidak salah menggunakannya.

    1. R-12

    Freon AC Mobil ini sudah ada sejak tahun 1980an. Jenis ini memiliki sifat yang tidak mengandung racun, kemudian stabil pada temperatur yang tinggi atau rendah. Maka, banyak produsen unit roda empat yang menyempatkan jenis ini.

    Hanya saja, pada awal era 2000an, jenis ini tidak lagi banyak digunakan karena menjadi pemicu penipisan lapisan pada ozon. 

    2. R-22

    Yang satu ini punya kemampuan menyerap air yang cukup baik. Kemudian, tidak korosif terhadap objek logam. Meski lebih aman terhadap kerusakan ekosistem, namun kini tidak lagi menjadi rekomendasi. Alasannya pun sama, karena kandungannya masih memberikan gangguan terhadap lapisan udara.

    Freon AC Mobil (1) (1)

    3. R-134a

    Jenis Freon AC Mobil ini masih bisa kamu temui hingga saat ini. Unsur yang terkandung di dalamnya tergolong cukup aman, dan tidak merusak ozon. Kemudian, kelebihan lainnya adalah memiliki struktur kimia stabil. Termasuk tidak memicu adanya korosi.

    Namun demikian, kamu tidak bisa mencampur jenis ini dengan yang lainnya. Karena unsur penyusun masing-masing jenis umumnya pun berbeda. Sehingga, justru tidak akan efektif.

    4. R1234YF

    Demi memberikan keamanan terhadap lingkungan, maka muncul jenis  Freon AC Mobil ini atau dikenal dengan hydrocarbon. Jenis ini terbuat dari unsur natural seperti karbon dan hidrogen. Kemudian, memiliki dampak terhadap peningkatan suhu secara global yang lebih minim daripada jenis lainnya. 

    Hanya saja, meski lebih ramah terhadap lingkungan, jenis ini masih sulit kamu temui di Tanah Air. Mengapa begitu? Karena jenis ini memiliki senyawa yang cenderung mudah tersulut api. Sehingga kamu butuh alat khusus jika memang ingin menggunakannya. 

    Nah, sekarang kamu sudah mengerti apa saja jenis Freon AC Mobil ini. Intinya, masing-masing jenis tidak bisa kamu campur begitu saja karena memiliki kandungan berbeda. Jika kamu paksakan, hanya akan merusak sistem pendingin unit roda empat kamu. 

    Jangan sampai kamu salah mengisi karena akan merusak komponen yang ada pada kendaraan kamu. Kamu bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan mengunjungi situs OLX. Download aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store dapatkan produk untuk pendingin kendaraan kamu sekarang juga.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait