Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    ReviewAC Split VS AC Inverter, Mana yang Lebih Baik?

    AC Split VS AC Inverter, Mana yang Lebih Baik?

    Ini deretan perbedaan paling mencolok antara AC split dan AC inverter.

    News.OLX – Di pasaran AC (Air Conditioner) hadir dalam dua jenis yang berbeda, yaitu AC inverter dan AC split. Ketika mempertimbangkan pembelian AC, seringkali orang hanya memperhatikan merk tanpa menyadari jenis AC tersebut.

    Padahal, pengetahuan mengenai jenis AC dapat menjadi faktor penting dalam memilih, terutama dalam hal konsumsi energi.

    Agar tidak bingung, berikut adalah perbedaan antara AC split dan AC inverter yang perlu diketahui.

    AC split

    Menurut informasi dari Hisense, AC split merupakan jenis AC standar yang tidak mampu mengatasi pancaran panas dalam konsentrasi tinggi dari perangkat teknologi. AC split juga tidak dapat mengatur suhu dan kelembaban dengan presisi tertentu.

    AC inverter

    Sementara itu, AC inverter adalah jenis AC yang menggunakan teknologi yang lebih canggih dibandingkan AC biasa. 

    Teknologi pada AC inverter memiliki cara khusus dalam pengoperasian AC, yaitu dapat mengubah tegangan listrik bolak-balik menjadi tegangan listrik searah. Hal ini dapat menyebabkan konsumsi listrik menjadi lebih irit dalam jangka panjang.

    ac inverter (1)

    Perbedaan antara AC split dan AC inverter

    Mengutip laman Science Time, ada empat karakter perbedaan antara AC split dan AC inverter:

    1. Tingkat kecepatan pendinginan 

    AC inverter memiliki keunggulan dalam kemampuan pendinginan yang lebih cepat dibandingkan AC split. 

    Ini disebabkan oleh kapasitas pendinginan yang lebih besar pada jenis inverter. AC inverter juga mampu mempertahankan suhu dingin secara konstan berkat kompresor yang bekerja terus menerus.

    2. Jenis freon berbeda

    Perbedaan lainnya terletak pada jenis freon yang digunakan. AC inverter umumnya lebih ramah lingkungan karena menggunakan jenis freon R32, yang tidak merusak lapisan ozon bumi.

    3. Konsumsi energi

    AC inverter dianggap lebih hemat daya karena teknologi inverternya membutuhkan lebih sedikit daya dibandingkan AC split. 

    Dari segi konsumsi energi listrik, AC split membutuhkan setidaknya 800 watt, sementara jenis inverter hanya membutuhkan 225 hingga 900 watt. Dengan demikian, potensi konsumsi daya AC inverter dapat lebih hemat selama diatur pada daya paling rendah.

    4. Harga 

    Dari segi harga, AC split umumnya lebih terjangkau daripada AC inverter. Meskipun demikian, perbedaan harga ini sebanding dengan keunggulan dan teknologi yang ditawarkan oleh AC inverter, termasuk aspek keberlanjutan lingkungan.

    Dengan mengetahui perbedaan antara AC split dan AC inverter, calon pembeli dapat membuat keputusan yang lebih cerdas sesuai dengan kebutuhan mereka. 

    Pemilihan jenis AC yang sesuai tidak hanya akan memberikan kenyamanan tetapi juga dapat berdampak positif pada penggunaan energi dan lingkungan.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Kamu juga bisa menemukan berbagai barang bekas seperti mobil atau motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait