Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikAir Radiator Mobil Sering Tekor, Mungkin Ini Masalahnya!

    Air Radiator Mobil Sering Tekor, Mungkin Ini Masalahnya!

    Air radiator adalah cairan yang digunakan dalam sistem pendinginan mesin kendaraan, terutama pada kendaraan bermotor seperti mobil.

    News.OLX – Adapun fungsi air radiator adalah untuk menyerap panas yang dihasilkan oleh mesin yang bekerja dengan suhu tinggi, mencegah mesin dari overheat, dan menjaga suhu mesin agar tetap dalam kisaran optimal kerja.

    Air radiator pada mobil juga bisa berkurang. Yang artinya akan memberikan risiko dan dampak negatif terhadap kesehatan mesin dan performa kendaraan.

    Maka dari itu kondisi air radiator harus selalu terpantau. Lantas, kira-kira, apa penyebab air radiator pada mobil berkurang?

    1. Karet tutup radiator termakan usia

    Melemahnya tekanan pada tutup air radiator, sering jadi penyebab utama air radiator berkurang.

    Kerusakan karet tutup radiator ini memungkinkan air mengalir menuju tabung air cadangan bahkan sebelum pressure valve terbuka. Solusinya adalah lekas ganti tutup air radiator dengan yang baru.

    2. Kebocoran water pump 

    Water pump bocor dapat menyebabkan penurunan volume air radiator yang signifikan. Keadaan ini, jika tidak segera ditangani, dapat mengakibatkan overheating mesin yang serius.

    Biasanya, kerusakan pada water pump terjadi karena usia pemakaiannya yang terlalu tua atau dampak korosi akibat rendaman air.

    Perawatan yang tepat, seperti menguras air radiator secara berkala dan penggunaan air berkualitas, dapat membantu mencegah masalah ini.

    3. Sirip radiator bocor

    Bocornya sirip radiator mungkin tidak selalu terlihat dengan mudah karena beberapa faktor, termasuk penguapan sebelum air menetes. Meskipun demikian, ini bisa menjadi penyebab air radiator cepat berkurang.

    Untuk mencegah masalah ini, lakukan pemeriksaan rutin pada sirip radiator dan segera perbaiki kebocoran jika ditemukan.

    4. Selang radiator rusak 

    Jika selang radiator rusak atau bocor, cairan pendingin akan keluar dari sistem dan menyebabkan mesin overheating.

    Ini akan mengganggu kinerja mesin dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan serius jika tidak diperbaiki. Perawatan rutin dan perhatian pada kondisi selang radiator sangat penting untuk mencegah masalah ini.

    air radiator (5)

    5. Tutup radiator tidak rapat 

    Menutup radiator dengan tidak rapat bisa menyebabkan penurunan level air radiator.  Sebaiknya, periksa tutup radiator kamu secara rutin untuk memastikan keadaannya baik dan kencang.

    Nah, jika air radiator pada mobil kamu berkurang, coba lakukan pengecekan pada bagian-bagian tersebut, ya.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait