Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    InformasiPengendara Wajib Paham, Ini Arti Rambu Segitiga

    Pengendara Wajib Paham, Ini Arti Rambu Segitiga

    Rambu segitiga bukan cuma sekedar hiasan di jalan!

    News.OLX – Rambu segitiga terbalik berwarna merah barangkali sering kamu temukan ketika mengendarai kendaraan di jalan raya. Rambu-rambu tersebut bukan hanya sekadar hiasan jalan, melainkan instruksi yang harus kamu patuhi untuk menjaga keselamatan dan kelancaran lalu lintas.

    Rambu-rambu ini memiliki berbagai bentuk, seperti bulat, segi enam, tanda panah, atau yang paling umum, segitiga. Warna dasarnya biasanya putih, tetapi ada juga yang berwarna kuning.

    Lantas, apa arti dari rambu-rambu yang sering dijumpai di persimpangan jalan tersebut? Untuk mengetahuinya, yuk, ikuti artikel ini hingga tuntas.

    Arti rambu segitiga terbalik merah dengan dasar putih

    Rambu segitiga dengan tampilan geometrisnya yang khas, yakni berwarna merah dengan dasar putih, termasuk dalam kategori rambu larangan.

    Fungsi utama rambu ini adalah memberikan peringatan kepada seluruh pengendara, baik itu mobil maupun sepeda motor, untuk menghentikan perjalanan mereka jika melihat adanya lalu lintas yang padat dari arah yang berlawanan.

    Rambu ini telah diatur dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada Pasal 113 dijelaskan bahwa di persimpangan sebidang yang tidak diatur oleh lampu lalu lintas, pengemudi wajib memberikan prioritas kepada kendaraan lain jika.

    Salah satunya adalah memberikan prioritas kepada kendaraan dari jalan utama jika kamu datang dari cabang persimpangan yang lebih kecil atau dari pekarangan yang berbatasan dengan jalan.

    Ini bukan hanya aturan yang harus diikuti, tetapi juga sebuah tindakan bijak yang dapat mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas yang merugikan semua orang.

    Ketika kita semua patuh pada rambu segitiga, kita secara kolektif menciptakan aliran lalu lintas yang lebih aman dan lebih lancar. Hal ini tidak hanya menguntungkan kita sebagai pengendara, tetapi juga seluruh masyarakat yang harus berbagi jalan.

    rambu segitiga (1)

    5 macam rambu lalu lintas yang perlu diketahui

    Di Indonesia sendiri, setidaknya ada 5 macam rambu lalu lintas. Hal ini perlu kamu pahami, terkhusus jika kamu merupakan pengendara mobil ataupun motor. Berikut penjelasannya.

    1. Rambu larangan

    Rambu larangan adalah rambu yang memberikan instruksi untuk tidak melakukan suatu tindakan tertentu. Contohnya, rambu segitiga menandakan larangan berhenti.

    Tetapi ada banyak rambu lain yang juga termasuk dalam kategori ini, seperti larangan masuk bagi kendaraan tertentu, larangan parkir, dan larangan berbelok ke arah tertentu.

    Warna dasar rambu larangan biasanya merah dan putih, dengan berbagai bentuk seperti segitiga, lingkaran, atau segi delapan.

    2. Rambu perintah

    Rambu perintah memiliki bentuk lingkaran dengan warna dasar biru dan lambangnya digambarkan dalam warna putih.

    Rambu ini memberikan perintah yang harus diikuti oleh pengguna jalan, seperti perintah untuk berbelok ke arah tertentu, menunjukkan jalur mana yang boleh dilewati, atau mengatur kecepatan minimum atau maksimum yang diperbolehkan.

    3. Rambu peringatan

    Rambu peringatan berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pengguna jalan tentang situasi yang berbahaya di jalan. Rambu ini memiliki warna dasar kuning dengan lambang yang berwarna hitam di tengahnya.

    Contoh peringatan yang disampaikan oleh rambu ini meliputi tikungan tajam, tikungan ganda, tanjakan, atau turunan yang perlu diwaspadai.

    Rambu peringatan juga sering ditemukan di dekat sekolah, memberi tahu pengendara untuk lebih berhati-hati karena adanya anak-anak yang melintas di jalan.

    4. Rambu petunjuk

    Rambu petunjuk memberikan informasi tentang lokasi atau arah tertentu. Mereka bisa berisi lambang seperti lambang rumah sakit, restoran, atau indikasi arah menuju lokasi tertentu.

    Rambu petunjuk juga dapat berisi teks yang menunjukkan nama lokasi atau jalan yang akan dilewati.

    5. Rambu papan tambahan

    Jenis rambu terakhir adalah rambu papan tambahan. Ini adalah rambu yang memberikan informasi tambahan, seperti jadwal buka tutup jalan, ketentuan jalan ganjil-genap, atau penjelasan tentang jenis bahaya di area tertentu.

    Rambu papan tambahan membantu pengendara untuk mengerti kondisi jalan yang sedang mereka lalui dengan lebih baik.

    Itu adalah penjelasan mengenai rambu segitiga terbalik dan lainnya. Memahami dan mengikuti rambu lalu lintas adalah langkah penting untuk menjaga lalu lintas yang aman dan teratur.

    Jadi, saat kamu berada di jalan raya dan melihat rambu segitiga terbalik, ingatlah untuk memberi prioritas kepada lalu lintas yang berhak, dan kita akan menjaga jalan raya tetap aman untuk semua pengguna.

    Dapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait