Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    InformasiJangan Sampai Salah! Kenali Jenis-Jenis dan Arti dari Rambu Lalu Lintas

    Jangan Sampai Salah! Kenali Jenis-Jenis dan Arti dari Rambu Lalu Lintas

    Rambu lalu lintas pasti seringkali ditemukan di pinggir jalan dan berfungsi menjadi tanda peringatan dalam berkendara yang harus ditaati. Namun, tidak semua masyarakat paham mengenai arti gambar rambu lalu lintas tersebut.

    News.OLX Palang rambu lalu lintas tidak hanya sebagai tanda saja, namun berfungsi sebagai navigasi atau instruksi kepada para pengguna jalan, agar tetap aman dan terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

    Tahukah kamu jika rambu lalu lintas ternyata memiliki banyak jenis? Faktanya ada 6 jenis pada rambu lalu lintas yaitu rambu peringatan, rambu larangan, rambu perintah, rambu petunjuk, rambu papan tambahan dan rambu nomor rute.

    Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai berbagai jenis-jenis rambu lalu lintas beserta artinya: 

    Rambu perintah

    Rambu ini memiliki papan yang berwarna biru bulat dan pada bagian lambangnya biasanya berwarna putih. 

    Rambu perintah menjadi salah satu jenis rambu yang wajib dipatuhi para pengguna karena dikhususkan untuk memberikan arah jalan dan menjelaskan daerah khusus untuk membedakan masing-masing fungsi jalan yang benar bagi pengguna jalan.

    Rambu larangan

    Rambu larangan dibuat dengan warna merah yang dikombinasikan hitam dan latarnya menggunakan warna putih. Rambu ini memberikan tanda peringatan dan larangan yang tidak boleh dilakukan oleh pengguna jalan.

    rambu lalu lintas (1)

    Rambu peringatan

    Untuk rambu peringatan identik dengan tanda berwarna kuning dengan lambang yang berwarna hitam. Kebanyakan rambu peringatan memiliki bentuk menyerupai belah ketupat. 

    Informasi yang diberikan dalam rambu peringatan berfungsi sebagai memberikan kewaspadaan kepada pengguna jalan dengan tantangan jalan yang ada di depan. 

    Rambu Petunjuk

    Rambu petunjuk biasanya berbentuk persegi panjang dengan latar belakang berwarna biru atau putih dan memiliki gambar yang variatif yang berfungsi memberikan tanda dari tempat atau arah jalan. 

    Rambu petunjuk merupakan jenis rambu yang menandakan petunjuk arah menuju daerah atau fasilitas umum, sehingga pengguna jalan tidak tersesat. (Sumber : Grid kids)

    Rambu papan tambahan

    Bentuk dari rambu papan tambahan ini berbentuk persegi panjang dengan warna dasar putih yang dipadukan tulisan hitam. Papan rambu ini dibuat tidak melebihi rambu utama.

    Rambu papan tambahan adalah bagian dari rambu lalu lintas yang ditambah tepat di bawah rambu utama. Penggunaan tanda ini berguna untuk memuat keterangan tambahan baik itu menjelaskan jarak, waktu, arah jalan atau jenis kendaraan tertentu. (Sumber : Diskominfo Purbalingga)

    Rambu nomor rute 

    Jenis rambu ini memiliki bentuk hexagonal dengan latar belakang warna putih dan tulisan berwarna hitam. Rambu nomor rute adalah pembubuhan kode angka yang difungsikan untuk identitas ruas jalan. 

    Rambu ini biasa menjadi identitas yang menunjukkan panjang rute jalan dan menjelaskan kawasannya. Rambu nomor rute jalan terbagi atas nasional, tol, dan provinsi. Nomor rute jalan nasional hanya dipakai di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali.

    Untuk jawa penomoran rute dari 1 hingga 38, Sumatera dari 1 hingga 55 dan Bali dari 1 hingga 6. Untuk nomor rute jalan tol, nomor 1 rute di Pulau Bali, nomor 11 di Jawa, dan nomor 5 rute jalan di Sumatera.

    Rambu nomor rute jalan nasional berisi paduan tulisan nasional dan warna dasar merah, diikuti kode wilayah provinsi dan bagian bawahnya berisi nomor rute. 

    Untuk rambu nomor rute jalan tol berisi tulisan tol dengan warna dasar merah, diikuti kode area provinsi dan bagian bawah dituliskan nomor rute

    Lalu rambu nomor rute jalan raya provinsi berisi tulisan provinsi dengan warna dasar biru dan diikuti simbol atau kode jalan kabupaten/kota. Bagian bawahnya adalah nomor rute jalan.

    Setelah mengenal jenis-jenis rambu lalu lintas beserta artinya, kamu jadi lebih paham kan betapa pentingnya penanda ini di jalan raya. Sebagai masyarakat yang pintar, wajib untuk kamu sebagai pengguna jalan untuk selalu patuh terhadap aturan di rambu lalu lintas.

    Mematuhi rambu lalu lintas tidak hanya sebagai aturan yang harus ditaati, namun juga memberikan rasa aman saat kamu berkendara, serta menghindari kamu dari hal-hal buruk yang bisa terjadi di jalan raya.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait