Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    LainnyaLokasi Jalan dengan Lampu Merah Terlama di Indonesia, Ada yang Sampai 12...

    Lokasi Jalan dengan Lampu Merah Terlama di Indonesia, Ada yang Sampai 12 Menit

    Lampu merah atau lampu lalu lintas adalah salah satu elemen penting dalam mengatur lalu lintas di jalan raya, memastikan keamanan dan kelancaran pergerakan kendaraan.

    News.OLXNamun, di Indonesia, ada beberapa lokasi dengan lampu merah yang memiliki durasi yang luar biasa panjang, bahkan mencapai 12 menit.

    Ini jelas merupakan tantangan tersendiri bagi pengendara, yang harus menunggu lebih lama daripada durasi umumnya yang sekitar 100 detik. Berikut adalah beberapa kota di Indonesia yang terkenal dengan lampu merah terlama:

    1. Bangjo Pingit, Yogyakarta

    Kota pelajar yang terkenal dengan pesona alam dan kearifan budayanya, Yogyakarta, juga memiliki ciri khas lalu lintas yang unik. Simpang Bangjo Pingit adalah salah satu lokasi di mana pengendara seringkali harus bersabar di bawah cahaya merah lalu lintas.

    Baca juga: Lampu Kabin Harus Mati Saat Berkendara di Malam Hari, Ini Alasannya

    Durasi lampu merah di sini adalah 2 menit 56 detik, yang mungkin terasa cukup lama, terutama jika lampu hijau hanya menyala selama 50 detik.

    Simpang ini berlokasi di sisi barat Tugu Yogyakarta dan memainkan peran penting dalam mengatur arus lalu lintas dari Jalan Magelang dan Jalan Godean.

    lampu merah (1)

    2. Simpang Kalibanteng, Semarang

    Kota Semarang, Jawa Tengah, juga memiliki lampu merah yang dikenal memiliki durasi cukup panjang, yakni sekitar 5 menit atau 300 detik. Kondisi ini disebabkan oleh kompleksitas lalu lintas di wilayah ini yang melibatkan enam simpang.

    Sistem pengaturan lampu merah di sini bekerja secara real-time, menyesuaikan durasinya dengan volume kendaraan yang melintas. Sehingga pengendara harus bersiap menghadapi perubahan waktu tunggu yang tak terduga.

    3. Margorejo, Surabaya

    Surabaya, sebagai salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia, memiliki lalu lintas yang padat. Di Margorejo, durasi lampu merah mencapai sekitar 5 menit atau 300 detik.

    Terdapat alasan mengapa durasi lampu merah di sini sangat panjang. Tujuannya tak lain tak bukan adalah untuk mengurangi kemacetan di wilayah ini dan meminimalisasi risiko kecelakaan lalu lintas.

    Baca juga: Mana yang Lebih Terang, Lampu LED atau Halogen?

    Karena durasi lampu hijau yang singkat dan lampu merah yang panjang, simpang ini bahkan mendapatkan julukan “perenggut masa muda.” Menarik ya, ingin mencoba?

    4. Kiaracondong-Soekarno Hatta, Bandung

    Bandung, yang terkenal dengan udara pegunungannya yang sejuk, memiliki salah satu lampu merah terlama di simpang Kiaracondong-Soekarno Hatta. Durasinya mencapai 720 detik atau setara dengan 12 menit!

    Lampu hijau hanya menyala selama 97 detik, atau sekitar satu setengah menit. Hal ini disebabkan oleh tingginya volume kendaraan yang melintas di kawasan ini. Semakin banyak kendaraan, semakin lama pula durasi lampu merahnya.

    Baca juga: Lampu Motor Tiba-tiba Redup, Apa Penyebabnya?

    Itu adalah empat kota di Indonesia yang memiliki lampu merah terlama di Tanah Air. Meskipun unik, namun mungkin bagi sebagian orang menunggu lama di bawah cahaya merah lalu lintas bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan.

    Bagi pengendara yang ingin menghindari waktu menunggu yang panjang di lampu merah, mencari jalur alternatif atau memutar jalan bisa menjadi solusi yang bijak. Dengan begitu, mereka bisa menghindari yang namanya “buang-buang waktu” di jalan karena harus menunggu lama. 

    Informasinya menarik bukan? Dapatkan informasi menarik lainnya di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait