Jumat, Juni 14, 2024
Lainnya
    Tips & TrikLakukan Hal Ini Jika Arus Listrik Mobil Tidak Stabil

    Lakukan Hal Ini Jika Arus Listrik Mobil Tidak Stabil

    Cek bagian ini kalau arus listrik mobil mulai terganggu.

    News.OLX – Sistem arus listrik mobil perlu diperhatikan, Komponen yang satu ini juga tidak kalah penting, sebab kalau sudah rusak mobil akan sulit dinyalakan.

    Kenyataannya, kelistrikan mobil yang jarang dicek dan dirawat sering menimbulkan sejumlah gangguan, salah satunya sistem arus listrik yang tidak stabil. 

    Hal ini biasanya muncul dengan berbagai tanda-tanda mengganggu fitur penting seperti intensitas cahaya lampu tidak stabil.

    Baca juga: Asuransi Astra Sabet Dua Penghargaan di Ajang PR of The Year 2023

    Apabila mobil sudah mulai menunjukkan tanda-tanda arus listrik mulai tidak stabil, jangan panik.  Penting segera memeriksanya agar mengetahui sumber masalah. Berikut langkah yang perlu dicek jika arus listrik mulai tidak stabil.

    Arus Listrik (1)

    Aki mobil lemah

    Aki yang lemah atau rusak dapat menyebabkan arus listrik yang tidak stabil. Pastikan aki dalam kondisi baik. Periksa tegangan aki dengan multimeter saat mesin mati dan saat mesin menyala untuk memastikan tegangan stabil.

    Umumnya, aki mobil memiliki batas usia pemakaian sekitar dua tahun, tapi kondisi ini tergantung intensitas mobil dan juga tipenya. Jika dirasa aki mobil mulai lemah, segeralah ganti dengan yang baru.

    Penting pula cermati juga bagian klem positif-negatifnya. Bisa jadi posisinya mendadak kendor sehingga memicu kelistrikan mobil menjadi tidak stabil.

    Alternator rusak

    Alternator adalah komponen yang mengisi aki dan memasok listrik ke sistem mobil saat mesin berjalan. Pastikan alternator berfungsi dengan baik. Pemilik mobil dapat memeriksa tegangan keluaran alternator dengan multimeter. Tegangan harus meningkat saat mesin berjalan.

    Baca juga: Filter AC Mobil Harus Rutin Diganti, Ini Waktu Yang Tepat

    Ciri-ciri dari alternator yang sudah rusak bisa dilihat dari lampu indikator aki yang menyala. Lampu yang umumnya terletak pada dashboard mobil menandakan terjadi kerusakan pada dinamo ampere. Jika lampu ini menyala dan tidak ada masalah pada aki, berarti kerusakan terjadi di alternator.

    Ciri-ciri lainnya adalah munculnya bau seperti hangus. Kondisi itu bisa jadi akibat gesekan karena belt yang tidak terpasang dengan baik. Jika kamu mencium bau hangus dari alternator, penting untuk segera bawa mobil ke bengkel terdekat.

    Tanda-tanda lain alternator menandakan sudah rusak jika terdengar bunyi decitan dari ruang mesin. Hal ini menandakan kalau posisi pulley tidak sejajar dan membuat belt alternator jadi melintir.

    Cek kabel penghubung

    Pastikan kabel-kabel aki dan terminalnya bersih, kencang, dan bebas dari korosi. Kabel yang rusak atau korosi dapat mengganggu aliran listrik.

    Baca juga: Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja H2R, Motor Tercepat Di Dunia!

    Cek kembali kabel-kabel yang menghubungkan aki dengan komponen lain. Apabila kondisi kabel dirasa sudah rusak atau usang, pertimbangkan segera ganti dengan yang baru.

    Voltage regulator

    Regulator tegangan adalah bagian dari alternator yang mengatur tegangan keluaran. Jika regulator tegangan rusak, ini dapat menyebabkan masalah dengan tegangan yang tidak stabil. Periksa apakah regulator tegangan berfungsi dengan baik.

    Jika sudah rusak dan tidak segera diperbaiki, risikonya bisa memicu kebakaran karena tidak ada penahan arus listrik yang mengalir.

    Bahkan pada kasus yang lebih serius, perangkat atau aksesoris mobil yang menggunakan listrik bisa mengalami kelebihan arus, meleleh, hingga meledak. Gejala serius ini sebetulnya cukup mudah dikenali, yaitu lampu mobil cepat putus.

    Baca juga: Tips Menjaga Rantai dan Gear Motor Tetap Awet

    Terkait hal itu, suplai arus listrik yang tidak stabil sebaiknya cepat diperbaiki agar tidak merusak komponen mobil yang lain. Cara paling sederhana adalah membenahi komponen yang rusak dan memasang voltage regulator.

    Jika dirasa tidak dapat menemukan penyebab masalah seperti yang disebutkan di atas, disarankan untuk membawa mobil ke bengkel atau mekanik yang berpengalaman dalam perbaikan listrik mobil.

    Para ahli tentunya dapat melakukan diagnosis lebih lanjut dan perbaikan yang diperlukan pada mobil. Jangan sampai arus listrik mobil kamu bermasalah ya, oleh karena itu penting untuk service secara berkala.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA.

    Kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait