Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBan Harus Berwarna Hitam Bukan Tanpa Alasan, Ini Penjelasannya!

    Ban Harus Berwarna Hitam Bukan Tanpa Alasan, Ini Penjelasannya!

    Begini awal mula ban selalu berwarna hitam!

    News.OLX – Ban merupakan bagian atau perangkat utama dari sebuah mobil. Tanpa adanya ban, tentu mobil tidak bisa melaju.

    Namun, selama ini, sering kali kita temukan bahwa ban kendaraan memiliki warna hitam, baik motor, mobil, bus, atau bahkan truk. Penasaran mengapa sebuah ban umumnya diberi warna hitam dan bukan warna lainnya?

    Tentunya hal ini memiliki alasan yang kuat dan tidak sembarangan mengapa ban untuk kendaraan diberi warna hitam. Ban berwarna hitam memiliki alasan-alasan yang cukup penting sehingga membuatnya digunakan untuk seluruh jenis kendaraan.

    Sejarah ban warna hitam

    Pada awalnya, ban terbuat dari kayu yang digunakan pada gerobak atau transportasi yang ditarik dengan hewan seperti kuda. Pada perkembangannya, ban dilapisi pita kulit atau besi yang ditempatkan di atas roda kayu.

    Baca juga: Sejarah Mitsubishi Pajero, Mobil yang Kerap Dicap Arogan

    Hal ini bertujuan melindungi roda gerobak sehingga tidak cepat aus. Namun, ternyata ban jenis tersebut masih tidak mampu meredam goncangan dan licin.

    Pada tahun 1800-an, Charles Macintosh bereksperimen dengan membuat ban dari getah pohon di daerah Amazon untuk membuat karet.

    Tapi, ban dari bahan karet ini tidak bisa tahan lama terhadap cuaca. Charles Goodyear kemudian menemukan karet vulkanisir pada tahun 1839.

    Ia menambahkan belerang yang membuatnya elastis dan cukup kuat untuk digunakan sebagai bantalan ban untuk sepeda. Kemudian tahun 1895, ban mobil karet pertama lahir.

    Baca juga: Simak 4 Cara Mengetahui Bensin Asli atau Oplosan

    Karbon hitam mengubah warna ban di awal abad ke dua puluh. Pembuat ban melakukan eksperimen dengan berbagai teknik untuk membuat produk mereka tampil lebih baik. Salah satu eksperimennya mengarah pada penggunaan jelaga atau karbon dari berbagai proses industri yang dicampur ke dalam campuran karet.

    Dikombinasikan dengan benang katun, karbon hitam yang mengubah karet menjadi hitam membuat ban tahan lebih lama, lebih stabil, dan membuat ban lebih mudah melepaskan panas. Selain itu, karbon hitam membuat ban bisa bertahan hingga 8.000 kilometer.

    warna hitam (2)

    Alasan ban warna hitam

    Ban berwarna hitam berasal dari campuran karbon hitam (black carbon) yang digunakan saat proses pembuatannya. Karbon hitam merupakan sebuah bahan kimia yang berasal dari minyak bumi dan dipadukan dengan zat lainnya sehingga terbentuk tapak dari sebuah ban.

    Baca juga: 5 Cara Cari Pom Bensin Terdekat, Sangat Mudah Lewat HP

    Pencampuran antara karet sebagai bahan dasar dengan karbon hitam membuat ban berubah warna dari putih menjadi warna hitam. Warna ini berasal dari black carbon dan dipilih sebagai warna dari sebuah ban muncul dengan alasan sebagai berikut:

    1. Faktor ketahanan

    Menambahkan karbon hitam untuk pembuatan ban memiliki berbagai manfaat, salah satunya perihal ketahanan. Karbon hitam bisa menambah keawetan dari sebuah ban apabila digunakan untuk kecepatan kendaraan yang tinggi.

    Karbon hitam juga dapat menyalurkan panas dari komponen mobil ketika sudah dipakai untuk berkendara. Tanpa karbon hitam, ban hanya bisa tahan hingga 10.000 kilometer saja, sedangkan dengan campuran karbon hitam bisa mencapai 40.000 kilometer.

    2. Ban terlindungi

    Campuran karbon pada proses pembuatan ban ini juga dikatakan sebagai langkah untuk melindungi ban. Ban yang hanya terbuat dari karet alami memiliki risiko lebih mudah terkelupas.

    3. Faktor kebersihan

    Ban dengan warna hitam juga tidak memiliki risiko besar terhadap kebersihannya dibandingkan dengan warna putih. Ketika dibersihkan tentunya ban warna hitam akan lebih mudah dibandingkan warna putih. Tenaga yang dikeluarkan jelas lebih sedikit.

    Baca juga: Apa Itu Pompa Bensin Mobil dan Bagaimana Cara Merawatnya

    Kualitas dari sebuah ban sangat perlu untuk diperhatikan. Ban warna hitam meskipun cukup tahan, tapi jangan sampai membiarkannya gundul. Kamu juga perlu lebih peka terhadap kondisinya.

    Jika kamu tertarik dengan berbagai informasi mengenai ban, otomotif, atau tips menarik lainnya, kamu bisa mencarinya di OLX.

    Kamu juga bisa mencari mobil atau motor bekas impian di OLX. Yuk kunjungi website OLX atau mengunduh aplikasinya melalui Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait